Pemerintah fasilitasi kepulangan 24 WNI dari Polandia
Elshinta
Kamis, 26 Maret 2020 - 14:54 WIB |
Pemerintah fasilitasi kepulangan 24 WNI dari Polandia
Sebanyak 24 WNI kembali ke tanah air menggunakan penerbangan khusus pesawat LOT Polish Airlines pada, Rabu (25/3) dan diperkirakan mendarat di Denpasar Bali pada tanggal 26 Maret, sekitar pukul 12.40 WITA. Foto Antara

Elshinta.com - Sebanyak 24 WNI kembali ke Tanah Air menggunakan penerbangan khusus pesawat LOT Polish Airlines pada, Rabu (25/3) dan diperkirakan mendarat di Denpasar Bali pada Kamis, 26 Maret, sekitar pukul 12.40 WITA.

Counsellor KBRI Warsawa, Taufiq Lamsuhur di London, Kamis (26/3) mengatakan penerbangan ini sifatnya khusus karena hanya akan digunakan mengangkut warga negara Polandia dari Denpasar, karena adanya pembatasan penerbangan internasional yang menyebabkan mereka tidak bisa kembali ke Polandia, seperti dikutip Antara.

Dikatakannya warga Polandia ke Indonesia sebagai pelancong, program kepemudaaan, kunjungan bisnis atau kunjungan sosial budaya lainnya.

Berkat pendekatan dari Perwakilan RI di Warsawa, Polandia, perusahaan BUMN penerbangan Polandia tersebut bersedia membantu pemulangam para WNI.

Kepala Perwakilan RI untuk Polandia, Duta Besar Siti N.. Mauludiah mengatakan bahwa kerja sama adalah bentuk konkret kedekatan kedua negara untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh kedua pihak.

Wabah virus corona atau COVID-19 telah menjadi masalah bersama, yang menimbulkan sebagian warga negara kedua negara terombang-ambing bahkan juga terpaksa berhenti bekerja karena perusahaan mereka mulai mengurangi pegawai dan jam kerja.

"Beberapa mahasiswa Indonesia di Polandia juga memilih untuk pulang ke Indonesia karena ingin berkumpul kembali dengam keluarga dan manfaatkan mekanisme kuliah dan ujian daring", ujar Siti N. Mauludiah.

Kepala Fungsi Protokol dan Konsuler pada KBRI Warsawa, George Lakehena, turut melepas kepulangan para WNI, menyampaikan bahwa meskipun para WNI tetap harus membeli tiket namun mekanisme yang disepakati dengan LOT adalah reservasi awal tetap dengan KBRI.

Hal ini dilakukan karena memang penerbangan yang dilakukan bersifat khusus dan tidak komersial. Kepulangan para WNI ini telah dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait di Indonesia, antara lain Kememlu, Imigrasi, Kementerian Perhubungan, BNP2MI, Otoritas Bandara dan perusahaan agen tenaga kerja.

Penerbangan LOT Polish Airlines ke Bali ini adalah bagian dari sekitar 40 penerbangan khusus yang dilakukan perusahaan plat merah Polandia ini dalam program LOTDODOMU, program pemerintah untuk memfasilitasi kepulangan para pelancong Polandia yang terlantar di beberapa negara akibat terbatasnya penerbangan internasional sebagai konsekuensi pendemi virus corona.

Bekerja sama dengan kedubes Polandia di berapa negara, melalui program ini diatur penerbangan khusus mulai dari London, New York, Marakesh, Bangkok, Denpasar, Malaga dan kota-kota wisata lainnya yang menjadi tujuan pelancong Polandia.

Para pelancong tetap diharuskan membelikan tiket pesawat namum harga tiket tersebut mendapat subsidi dari Pemerintah Polandia. Untuk penerbangan jarak dekat dari negara-negara Eropa dan sekitarnya harga tiket berkisar USD 200-400, sementara untuk jarak jauh berkisar antara 600-800 dolar AS.

Berdasarkan data kekonsuleran KBRI Warsawa, hingga Februari 2020, jumlah WNI di Polandia tercatat 748 orang, yang didminasi oleh para pekerja migran Indonesia dan mahasiswa/pelajar.

Hingga 25 Maret jumlah korban terinfeksi positif di Polandia sebanyak 957 orang dan 13 diantara meninggal dunia. Saat ini belum ada WNI yang terpapar virus corona di Polandia. Sejak 13 Maret, Pemerintah telah menerapkan aturan social distancing dan kebijakan lainnya untuk menghindari wabah yang makin meluas. (Anj/Sik)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Demonstran antirasisme di Inggris bentrok dengan polisi berkuda
Minggu, 07 Juni 2020 - 15:50 WIB
Para pengunjuk rasa antirasisme di Inggris bentrok dengan polisi yang berpatroli dengan menunggang k...
Ribuan warga Israel menentang rencana pencaplokan Netanyahu
Minggu, 07 Juni 2020 - 15:38 WIB
Ribuan warga Israel pada Sabtu (6/6) melakukan unjuk rasa menentang rencana Perdana Menteri Benjamin...
Tiongkok laporkan enam kasus baru COVID-19, lima kasus OTG
Minggu, 07 Juni 2020 - 12:52 WIB
Tiongkok pada Minggu (7/6) kembali melaporkan enam kasus baru COVID-19 dan lima kasus orang tanpa ge...
Mulai masa normal baru, UAE buka penerbangan transit
Minggu, 07 Juni 2020 - 11:27 WIB
Uni Emirat Arab (UAE) akan kembali mengizinkan penerbangan internasional transit di beberapa bandara...
Jerman akan wajibkan SPBU sediakan pengisi daya listrik
Minggu, 07 Juni 2020 - 10:11 WIB
Jerman akan mewajibkan semua stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) menyediakan pengisian daya un...
Rakyat Afghanistan kecam polisi Iran bakar mobil isi pengungsi
Sabtu, 06 Juni 2020 - 19:25 WIB
Rakyat Afghanistan mengutuk polisi Iran yang diduga membakar sebuah mobil berisi para pengungsi asal...
Ribuan warga Australia tolak larangan protes `Black Lives Matter`
Sabtu, 06 Juni 2020 - 15:39 WIB
Ribuan warga Australia berkumpul dalam unjuk rasa pada Sabtu (6/6) mendukung perkara pemrotes Amerik...
Bolsonaro ancam hengkang dari WHO
Sabtu, 06 Juni 2020 - 10:37 WIB
Presiden Jair Bolsonaro mengancam pada Jumat (5/6) untuk menarik keluar Brazil dari keanggotaan Orga...
Bentley tawarkan opsi pensiun dini sebelum PHK 1.000 karyawan
Jumat, 05 Juni 2020 - 19:56 WIB
Pembuat mobil mewah Bentley akan memangkas sekitar 1.000 tenaga kerja di Inggris sebagai imbas COVID...
WHO sebut dua warga terinfeksi wabah Ebola baru di Kongo
Kamis, 04 Juni 2020 - 11:15 WIB
Virus Ebola menjangkiti dua warga di Provinsi Equateur, Republik Demokratik Kongo, kata Organisasi K...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV