Penyakit apa saja yang bisa menyerang alat reproduksi pria?
Elshinta
Rabu, 18 Maret 2020 - 23:15 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Penyakit apa saja yang bisa menyerang alat reproduksi pria?
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/390B2bp

Elshinta.com - Penyakit reproduksi pria merupakan suatu kondisi ketika pria mengalami gangguan kesehatan atau penyakit tertentu yang memengaruhi kemampuan organ reproduksinya. 

Hal ini bisa diakibatkan oleh kelainan bawaan, infeksi, cedera, atau bahkan tumor. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyakit yang paling sering menyerang alat reproduksi pria:

Impotensi
Disfungsi ereksi memiliki beberapa bentuk, seperti tidak bisa ereksi, kesulitan mempertahankan ereksi, hingga bisa ereksi tapi penis kurang keras. Kondisi ini bisa terjadi seiring bertambahnya usia pria. Akan tetapi, seorang pria juga bisa mengalami impotensi karena mengalami kondisi psikologis dan riwayat medis tertentu, gangguan hormon, kerusakan saraf di penis, hingga kelebihan berat badan.

Anorgasmia
Dalam beberapa kasus, pria mungkin tidak bisa mencapai orgasme. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari masalah hormonal atau penyakit saraf di sekitar alat reproduksi pria. Selain itu, riwayat penyakit seperti diabetes juga bisa membuat kondisi ini lebih mungkin terjadi.

Infeksi menular seksual
Penyakit menular seksual ini termasuk kutil kelamin, klamidia, gonore, sifilis, dan herpes genital. Buang air kecil yang menyakitkan, keluarnya cairan yang tidak biasa dari penis, hingga penis terasa nyeri terus-terus merupakan berbagai gejala khas dari infeksi menular seksual yang perlu diwaspadai.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2IVMR86

Gairah seksual rendah
Meski bisa terjadi seiring bertambahnya usia, gairah seksual rendah juga bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti gaya hidup tidak sehat, riwayat penyakit tertentu, atau pengaruh hormon.

Infeksi jamur
Jika tidak menjaga kebersihan organ intim ini dengan baik dan benar, maka lebih rentan terkena berbagai infeksi. Salah satunya infeksi jamur. Infeksi jamur dapat menyebabkan ruam kemerahan dan bercak putih pada penis.

Balanitis
Balanitis dapat menyebabkan rasa sakit dan keluarnya kotoran dari penis yang berbau busuk. Kondisi ini cenderung lebih sering terjadi pada pria yang tidak disunat.

Peyronie
Atau disebut juga penis bengkok adalah masalah pada penis yang disebabkan oleh jaringan parut, atau disebut plak, yang terbentuk di dalam penis. Penyakit ini dapat membuat penis bengkok ke atas atau ke samping. 

Hipospadia
Hipospadia terjadi ketika uretra atau saluran tempat keluarnya urine berada di posisi tidak normal, yaitu bukan di ujung penis melainkan pada bagian bawahnya. 

Kriptorkismus
Kriptorkismus adalah kondisi ketika salah satu atau kedua testis tidak terlihat akibat tidak terjadi penurunan testis ke tempat seharusnya. Kriptorkismus merupakan kelainan bawaan sejak lahir yang umumnya banyak dialami pada bayi yang lahir secara prematur. 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2IXPaaS

Varikokel
Varikokel adalah penyakit yang ditandai dengan adanya pembengkakan pada pembuluh darah vena dalam kantong zakar (skrotum). Selain dapat memperkecil testis, penyakit reproduksi pria ini juga dapat menyebabkan infertilitas akibat berkurangnya produksi dan kualitas sperma. 

Hiperplasia prostat jinak
Benign prostatic hyperplasia (BPH) adalah pembesaran kelenjar prostat yang dapat menekan uretra. Kondisi yang bisa jadi merupakan bagian alami dari proses penuaan yang umumnya disebabkan adanya perubahan pada sel pertumbuhan dan keseimbangan hormon. BPH biasanya ditandai dengan gejala seperti aliran urine lemah, aliran urine yang bercabang, sering ingin buang air kecil, kencing tidak lampias, dan kesulitan buang air kecil.

Hidrokel
Adalah salah satu penyakit reproduksi pria yang ditandai adanya penumpukan cairan di sekitar testis, sehingga menyebabkan pembengkakan pada area skrotum. Meski umum terjadi pada bayi baru lahir dan biasanya tidak berbahaya, tapi kondisi ini bisa terasa tidak nyaman.

Kanker prostat
Umumnya terjadi pada pria di atas 40 tahun, terutama pada mereka yang memiliki keluarga dengan riwayat gangguan kesehatan serupa. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri saat buang air kecil dan saat ejakulasi, rasa sakit di punggung bawah, dan terdapat darah dalam urine. 

Epididimitis
Penyakit ini terjadi akibat adanya peradangan pada epididimis, yakni saluran di dalam skrotum yang menempel pada testis. Saluran ini berperan untuk mengangkut serta menyimpan sperma yang diproduksi oleh testis.

Orchitis
Adalah peradangan pada testis, yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, bisa menyerang salah satu testis maupun keduanya sekaligus.

Hipogonadisme
Terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan hormon testosteron yang cukup. Pada pria dewasa, kondisi ini dapat menyebabkan penurunan libido, gangguan produksi sperma dan fungsi organ-organ reproduksi, serta infertilitas.

Uretritis
Adalah peradangan pada uretra dengan gejala rasa gatal dibagian penis dan seringnya buang air kecil. Organisme yang banyak menyebabkan uretritis ialah Ureplasma urealyticum (virus herpes) dan Chlamydia trachomatis.

Infertilitas (kemandulan)
Infertilitas bisa disebabkan oleh gangguan spermatogenesis, yakni misalnya karena testis terkena sebuah sinar radio aktif, lalu terkena racun, infeksi, ataupun gangguan hormone, tersumbatnya saluran sperma serta jumlah sperma yang disalurkan ini terlalu sedikit.

Hidrokel
Penyakit ini berawal dengan tanda penumpukan cairan di area sekitar testis. Hal ini terkadang dilaporkan terjadi oleh pria yang berusia sekitar 40 an lebih. Penyebabnya karena cidera fisik secara langsung di bagian testis ataupun bisa menjadi gangguan internal dan bila tidak segera diobati bisa mengakibatkan tumor testis.

Torsi testis
Dalam skrotum, testis terlindungi oleh struktur yang dikenal sebagai korda sistematika. Dalam kasus ini korda ini akan berputar dan menghentikan suplai bagian darah menuju ke buah zakar. Gangguan ini yang paling sering terjadi pada usia 12-18 tahun akibat dari cedera pada buah zakar ataupun aktivitas yang berat, akan tetapi hal ini biasanya juga dapat terjadi dengan tanpa alasan yang jelas.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kopi dapat turunkan risiko penyakit batu empedu, bisakah?
Sabtu, 30 Mei 2020 - 12:25 WIB
Sebuah studi terbaru melaporkan bahwa kopi memiliki potensi untuk melindungi Anda dari penyakit batu...
Apakah pria juga bisa menopause? Apa penyebabnya?
Jumat, 29 Mei 2020 - 23:15 WIB
Menopause pada pria juga tidak serta merta menyebabkan disfungsi organ seksual sepenuhnya. Namun bai...
BIN salurkan ribuan alat kesehatan membuat Risma menangis
Jumat, 29 Mei 2020 - 20:36 WIB
Badan Intelijen Negara (BIN) menyalurkan ribuan alat kesehatan untuk membantu Pemerintah Kota Suraba...
 Apa penyebab disfungsi ereksi pada usia muda?
Kamis, 28 Mei 2020 - 23:15 WIB
Biasanya impotensi selama ini identik dengan penyakit usia tua. Namun jumlah pria berusia di bawah ...
Wagub Sumbar apresiasi kerja tim laboratorium periksa sampel swap
Kamis, 28 Mei 2020 - 19:26 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit mengapresiasi tim laboratorium yang bertu...
Hadapi COVID-19, terapkan 4 Sehat 5 Sempurna kekinian
Kamis, 28 Mei 2020 - 07:37 WIB
Masih ingat dengan slogan 4 Sehat 5 Sempurna? Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 atau ...
Fakta tentang pria dan seks
Rabu, 27 Mei 2020 - 23:15 WIB
Seks menjadi penting, dan bahkan dipercaya dapat mengurai kusutnya hubungan yang terjadi dalam rumah...
BIN bantu RSUP Persahabatan peralatan medis penanganan COVID-19
Rabu, 27 Mei 2020 - 20:38 WIB
Badan Intelijen Negara (BIN) menyerahkan bantuan peralatan medis penanganan COVID-19 ke Rumah Sakit ...
TNI disiagakan untuk penegakan disiplin kesehatan di Garut 
Rabu, 27 Mei 2020 - 19:37 WIB
Sejumlah personel TNI Angkatan Darat bersama petugas dari instansi lainnya akan disiagakan untuk pen...
Jubir  Presiden: Dua keuntungan dengan penerapan disiplin sosial protokol kesehatan
Rabu, 27 Mei 2020 - 19:26 WIB
Presiden Joko Widodo memutuskan peningkatan disiplin sosial protokol kesehatan di masa pandemi Covid...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV