Ada beragam jenis KPR, manakah yang paling bagus?
Elshinta
Jumat, 13 Maret 2020 - 12:27 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Ada beragam jenis KPR, manakah yang paling bagus?
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/3aRMUh2

Elshinta.com - KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau untuk kebutuhan konsumtif lainnya dengan jaminan atau agunan berupa rumah. KPR menjadi salah satu pilihan bagi yang hendak membeli rumah namun tidak memiliki uang tunai yang cukup. 

KPR yang ditawarkan oleh bank memiliki berbagai jenis dan memiliki prinsip yang berbeda-beda. Jika ingin mengajukan KPR, harus mengetahui dulu jenis yang ada sehingga dapat memilih mana yang cocok. Dihimpun dari berbagai sumber,berikut ini jenis-jenis KPR yang tersedia di Indonesia:

KPR bersubsidi
KPR bersubsidi merupakan fasilitas dari pemerintah yang disalurkan melalui bank-bank. Keunggulannya adalah uang muka dan bunga yang lebih rendah dibanding KPR konvensional. KPR bersubsidi ini hanya untuk masyarakat dengan penghasilan rendah dan belum memiliki rumah, serta tipe rumah yang dapat dibiayai maksimal tipe 36. Kekurangan dari KPR bersubsidi adalah lokasi rumah yang sangat terpencil dan akses yang cukup sulit. 

KPR konvensional atau non-subsidi
KPR konvensional disediakan oleh hampir seluruh bank dengan persyaratan dan bunga yang berbeda-beda. Suku bunga yang ditetapkan biasanya mengikuti BI Rate. Karena ini bukan KPR dari pemerintah, pihak bank akan mengenakan denda yang cukup besar apabila masyarakat terlambat atau menunggak cicilan. Masa pinjaman KPR konvensional berkisar lima hingga 25 tahun.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/33fFqCb

KPR syariah
KPR jenis ini tidak jauh berbeda dengan KPR non subsidi, tapi cara transaksinya menggunakan prinsip akad murabahah (jual-beli) atau musyarakah mutanaqishah (kerjasama sewa). Maksudnya adalah KPR syariah akan membayarkan lunas rumah yang diinginkan, dan calon pemilik tinggal mencicil kepada bank dengan masa cicilan hingga 15 tahun. Cicilan yang dibayarkan jumlahnya tetap karena KPR syariah tidak mengenal adanya bunga, tetapi harga rumah sudah ditambahkan dengan keuntungan yang akan diambil bank. Ini merupakan jenis KPR yang cocok bagi yang takut akan pergerakan bunga naik-turun.

Inhouse KPR
Istilah ini dipergunakan oleh sebagian orang untuk membedakan antara KPR produk lembaga keuangan dan KPR internal yang disediakan pengembang. Jenis KPR ini sebetulnya adalah nama lain dari pembelian properti dengan cicilan bertahap sebagai fasilitas yang disediakan oleh pengembang.

KPR pembelian
KPR pembelian adalah jenis pembiayaan rumah dengan memberikan pinjaman uang untuk membeli rumah, dan rumah yang akan dibeli tersebut dijadikan jaminannya. Tak hanya rumah yang dapat dijadikan agunannya, tapi juga berbagai properti lain, seperti apartemen, ruko, dan rukan.

KPR refinancing
Sebenarnya KPR refinancing bukanlah sebuah jenis pembiayaan untuk membeli rumah, melainkan termasuk dalam jenis pinjaman pribadi. KPR refinancing adalah fasilitas peminjaman uang yang menggunakan rumah yang sudah dimiliki sebagai jaminannya. Tak hanya bangunan rumah yang dapat dijadikan jaminan, tapi surat tanah juga dapat dijadikan jaminannya.

KPR take over
Tak banyak bank yang memberikan fasilitas KPR take over. KPR ini adalah fasilitas untuk memindahkan KPR yang telah berjalan ke bank lain dengan keuntungan berupa tambahan limit pinjaman. KPR jenis ini lebih ke arah persaingan antar-bank untuk mendapatkan konsumen baru.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/38QAJj3

KPR angsuran berjenjang
KPR angsuran berjenjang yakni fasilitas pinjaman yang diberikan untuk pembelian rumah tinggal dengan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ketiga masa pinjaman.

KPR duo
Ini merupakan jenis KPR lain yang juga sangat jarang ditawarkan. KPR ini berupa fasilitas pinjaman yang diberikan untuk pembelian rumah tinggal, apartemen, ruko, atau rukan sekaligus pembelian mobil, motor, atau furnitur.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Bagaimana mendekorasi rumah bergaya minimalis?
Kamis, 28 Mei 2020 - 10:12 WIB
Rumah adalah tempat berlindung, rumah memberikan perlindungan, kenyamanan, dan juga keamanan.  Huni...
Apa saja bagian rumah yang harus dipersiapkan untuk menyambut Lebaran?
Jumat, 22 Mei 2020 - 09:54 WIB
Lebaran tahun ini berbeda. Meski tidak ada tamu yang datang, tidak ada salahnya tetap perlu membersi...
 Bagaimana membersihkan rumah bekas yang akan dijual?
Kamis, 14 Mei 2020 - 10:10 WIB
Menjual rumah bukan merupakan hal yang mudah karena perlu menyiapkan beberapa hal agar nantinya calo...
 Bagaimana menata rumah sederhana agar terlihat elegan?
Jumat, 01 Mei 2020 - 11:10 WIB
Menata interior rumah sederhana tapi elegan memang bukan hal yang mudah. Sebab jika salah dalam mena...
 Apa saja yang harus diperhatikan saat over kredit pembelian rumah?
Kamis, 23 April 2020 - 11:49 WIB
Pembelian rumah dengan sistem over kredit dapat dilakukan dengan cara memindahkan sejumlah pinjaman ...
Apa manfaat dari asuransi properti?
Rabu, 15 April 2020 - 15:05 WIB
Banyak yang menganggap asuransi ini tak terlalu penting untuk dimiliki. Mereka masih mendahulukan as...
Hal yang harus diketahui tentang asuransi properti
Rabu, 15 April 2020 - 13:39 WIB
Tak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada rumah, toko, maupun aset properti yang dimi...
Bagaimana membuat rumah agar nyaman dihuni?
Kamis, 26 Maret 2020 - 11:09 WIB
Salah satu faktor yang membuat produktivitas semakin meningkat adalah karena kualitas hidup terpelih...
Ada beragam jenis KPR, manakah yang paling bagus?
Jumat, 13 Maret 2020 - 12:27 WIB
KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau untuk kebutuhan k...
Rumah bau tak sedap usai banjir? Coba cara ini
Selasa, 03 Maret 2020 - 10:26 WIB
Mengembalikan rumah ke kondisi aslinya setelah banjir tidaklah mudah. Masalah lain pada rumah setela...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV