Buruan cek tagihan listrik secara online, lebih mudah dan efektif!
Elshinta
Kamis, 12 Maret 2020 - 13:06 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Buruan cek tagihan listrik secara online, lebih mudah dan efektif!
Sumber Foto: Ilustrasi/elshinta.com.

Elshinta.com - Sejak pertama kali ditemukan hingga saat ini, listrik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Pasalnya, sebagian besar aktivitas yang dilakukan oleh manusia menggunakan listrik sebagai sumber utamanya. Tanpa adanya listrik, manusia juga tidak dapat memakai beragam teknologi canggih sekalipun, karena kebanyakan teknologi modern saat ini membutuhkan listrik untuk bisa digunakan. Oleh karena itu, tidak heran jika aliran listrik yang tiba-tiba rusak atau mengalami gangguan dapat menghambat pekerjaan yang sedang dilakukan.

Sumber foto: Piqsels.com

Gangguan yang terkadang terjadi pada aliran listrik, biasanya disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena tagihan listrik yang membludak dan belum dibayar. Oleh sebab itu, agar hal berikut tidak terjadi pada aliran listrik Anda, cek tagihan listrik dengan rutin. Untuk melakukan pengecekan pada tagihan listrik, ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yakni secara offline dan online. Dibandingkan dengan pengecekan tagihan secara offline, yang mana harus datang ke kantor PLN secara langsung, pengecekan tagihan secara online dinilai lebih efektif, karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Berikut adalah beberapa hal yang berkaitan dengan pengecekan tagihan listrik online:

Langkah-langkah Cek Tagihan Listrik Secara Online

Sebelum melakukan pengecekan pada tagihan listrik dengan cara online, terlebih dahulu Anda harus mengetahui cara apa sajakah yang bisa dipakai untuk melakukan pengecekan. Beberapa diantaranya adalah layanan PLN Mobile, Website, dan aplikasi penyedia jasa pengecekan serta pembayaran tagihan. Berikut langkah-langkah mudah untuk mengecek tagihan pada listrik memakai beberapa layanan yang telah disebutkan tadi:

Melalui PLN Mobile

Selain dipakai untuk mengecek tagihan listrik, aplikasi resmi dari PLN tersebut juga bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi token listrik, riwayat penggunaan Kwh listrik, informasi lokasi pembayaran lewat banking, informasi status listrik, hingga sarana pengaduan keluhan dari pelanggan. Berikut caranya:

  • Unduh dan install aplikasi PLN Mobile melalui Google Playstore atau AppStore.
  • Pilihlah menu informasi yang tersedia pada tab menu.
  • Jika sudah, selanjutnya Anda bisa memilih menu informasi tagihan dan token listrik.
  • Berikutnya, masukkan nomor meteran atau ID pelanggan Anda dan klik cari.
  • Tunggu beberapa saat, dan aplikasi akan menampilkan status tagihan beserta besaran nominalnya.

Melalui Website

Untuk melakukan pengecekan melalui website, Anda bisa mengakses beberapa website resmi yang direkomendasikan oleh PLN. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah navigasi cek tagihan listrik PLN.
  • Kemudian masukkan ID pelanggan Anda pada kolom yang tersedia.
  • Berikutnya, masukkanlah kode captcha untuk melakukan verifikasi.
  • Terakhir klik pada menu cek tagihan dan tunggu sampai pemberitahuan muncul.

Melalui Aplikasi Penyedia Jasa Tagihan Listrik

Selain aplikasi dan juga website resmi dari PLN, Anda juga bisa memakai beberapa aplikasi penyedia jasa tagihan listrik yang dapat Anda akses lewat desktop atau smartphone, caranya:

  • Pertama, siapkan ID pelanggan atau nomor meter milik Anda.
  • Bukalah aplikasi yang Anda pilih dan unduh sebelumnya.
  • Pilihlah opsi tagihan listrik yang tersedia pada menu.
  • Masukkan ID pelanggan dan klik bayar/beli.
  • Kemudian secara otomatis akan tertera nominal tagihan listrik yang harus Anda bayar.

Via E-mail PLN

Untuk memperoleh e-mail dari e-billing yang berisi tagihan listrik, terlebih dahulu Anda harus terdaftar pada e-billing PLN. Caranya dengan daftar secara langsung pada website resmi PLN. Atau bisa langsung menanyakannya melalui pln123@pln.co.id

Kelebihan Bayar Tagihan Listrik Secara Online

Tentu bukan tanpa alasan kenapa sebagian besar masyarakat memilih untuk melakukan pengecekan serta pembayaran tagihan listrik dengan cara online. Sebab cara ini memberikan banyak kelebihan serta manfaat untuk pengguna. Diantaranya adalah:

Lebih Efisien

Selain lebih mudah dan praktis, pengecekan tagihan listrik online tersebut juga jauh lebih efisien. Sebab, Anda tidak perlu lagi mengirim pesan atau menelepon ke mitra pembayaran listrik untuk sekadar mengecek biaya tagihan.

Data Tagihan Listrik Langsung Diterima

Jika melakukan pengecekan tagihan lewat mitra pembayaran listrik memakan waktu yang cukup lama, maka berbeda jika melakukan pengecekan online. Pasalnya, Anda bisa menerima data tagihan listrik lebih cepat. Sehingga, Anda pun dapat segera melunasi tagihan sesuai data yang ada.

Tidak Ribet

Sebab, Anda dapat melakukan pengecekan dan melunasi tagihan kapan pun dan di mana pun Anda berada, bahkan ketika Anda sedang liburan sekalipun. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan dikenakan denda.

Tips Agar Tagihan Listrik Tidak Membengkak

Seringkali kebanyakan orang tidak sadar jika tagihan listriknya membengkak, sebab terlalu asyik memanfaatkan aliran listrik untuk mendukung aktivitas. Dengan begitu, ada banyak biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk membayar tagihan listrik. Meskipun begitu, Anda tidak perlu merasa khawatir, karena ada banyak tips yang bisa dicoba agar biaya tagihan listrik tidak membengkak. Antara lain:

  • Memasak Nasi di Rice Cooker dengan Air Hangat

Tips ini nyatanya terbukti cukup efektif untuk menghemat pemakaian listrik. Sebab, dengan menggunakan air hangat, proses memasak nasi juga menjadi lebih cepat sehingga hanya memerlukan sedikit aliran listrik. Berbeda halnya jika menggunakan air dingin, di mana proses pemanasan air tersebut membutuhkan waktu yang lama dan banyak aliran listrik.

  • Memakai Setrika Dengan Pengatur Panas Otomatis

Seperti yang diketahui, jika pemakaian setrika tanpa alat pengatur panas otomatis membuat listrik terus mengalir selama proses menyetrika. Sehingga, pemakaian setrika yang dilengkapi dengan pengatur panas otomatis dianggap lebih efektif.

  • Hindari Menyimpan Makanan Panas di Kulkas

Bagi beberapa orang, menyimpan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas akan membuat makanan dan minuman tersebut cepat dingin. Namun nyatanya, secara tidak sadar perilaku tersebut bisa membuat tagihan listrik menjadi bengkak. Sebab, kulkas membutuhkan daya listrik untuk mendinginkan minuman dan makanan panas tersebut.

  • Pakailah Mesin Cuci Sesuai Kapasitasnya

Tidak hanya membuat pakaian yang dicuci kurang bersih, mencuci pakaian pada mesin cuci yang tidak sesuai kapasitas ternyata juga mampu membengkakkan tagihan listrik. Karena mesin cuci memerlukan lebih banyak daya listrik guna mencuci pakaian.

  • Gunakan Peralatan Elektronik Seperlunya

Tidak jarang orang yang melakukan kebasaan menyalakan televisi sambil menyalakan kipas angin atau AC, padahal sedang berada di ruangan lainnya tanpa menyadari jika kebiasaan tersebut boros listrik. Agar tagihan listrik Anda selalu normal, maka hindarilah kebisaan buruk berikut.

Ketentuan Mengenai Keterlambatan Membayar Listrik dan Solusinya

Sibuk dengan berbagai aktivitas di luar rumah, tidak jarang membuat Anda terkadang lupa untuk mengecek serta membayar beberapa tagihan, seperti tagihan listrik salah satunya. Apabila hal tersebut terjadi, tentu ada beberapa konsekuensi yang harus Anda terima. Berikut ketentuan yang diberlakukan PLN jika terlambat membayar tagihan listrik setiap bulannya:

  • Pelanggan listrik pascabayar yang membayar biaya tagihan listrik lewat batas akhir waktu pembayaran yang sudah ditentukan, akan dikenakan biaya keterlambatan oleh PLN (BK).
  • Batas akhir waktu pembayaran tagihan listrik yang ditetapkan oleh PLN adalah tanggal 20 setiap bulannya.
  • Pelanggan yang terlambat untuk membayar tagihan listrik tidak hanya dikenakan BK, namun juga dikenakan sanksi berupa pemutusan aliran listrik.
  • Untuk pengenaan tarif BK, setiap lembar dibatasi maksimal 3 kali tarif BK biasa.

Sedangkan daftar untuk denda yang diberlakukan serta besaran nominal denda bagi pelanggan yang terlambat membayar tagihan listrik adalah sebagai berikut:

  • Batas daya 450 Volt Ampere (VA) adalah Rp 3.000/bulan
  • Batas daya 900 VA adalah Rp 3.000/bulan
  • Batas daya 1300 VA adalah Rp 5.000/bulan
  • Batas daya 2200 VA  adalah Rp 10.000/bulan
  • Batas daya 3500-5500 VA adalah Rp 50.000/bulan
  • Batas daya 6600-14000 VA adalah 3% dari tagihan rekening listrik yang diberlakukan (minimal Rp 75.000) setiap bulan
  • Batas daya di atas 14000 VA adalah 3% dari tagihan rekening listrik yang berlaku (minimal 100.000) setiap bulan
  • Apabila tagihan listrik tidak dilunasi dalam waktu 30 hari, maka aliran listrik diputus
  • Jika dalam waktu 60 hari belum dilunasi, maka akan diberlakukan tindakan bongkar rampung atas semua instalasi oleh PLN.

Tindakan yang harus Anda ambil jika mengalami pemutusan sementara arus listrik adalah membayar tagihan listrik tersebut segera. Namun, jika sampai instalasi listrik dicabut oleh PLN, solusinya adalah dengan mendaftar kembali ke kantor layanan PLN seperti halnya pendaftaran pertama.

Cara Sederhana Mengetahui Nomor Token Listrik yang Hilang

Ketika Anda tidak sengaja menghilangkan atau menghapus nomor token listrik setelah transaksi, Anda bisa menggunakan beberapa solusi sederhana berikut ini untuk mengetahuinya kembali, yaitu:

Segera Hubungi Call Center PLN

Langkah-langkah untuk memperoleh kembali nomor token listrik yang hilang lewat call center:

  • Catat terlebih dahulu nomor meter sebagai informasi bagi petugas PLN.
  • Cari tahu kode area Anda, contohnya 011-123
  • Beri tahu masalah Anda pada petugas dan sebutkan nomor meter.
  • Selanjutnya petugas akan memberikan informasi tentang waktu pembelian dan nomor token yang hilang.

Mengakses Aplikasi PLN Mobile

  • Buka aplikasi PLN Mobile dan pilih menu informasi dari 4 pilihan menu yang tersedia.
  • Selanjutnya, Anda akan menemukan informasi tagihan dan token listrik.
  • Apabila Pop-up ‘Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meter Anda’ sudah muncul, maka segera isi dengan IDPEL yang terdapat pada meteran Anda.
  • Tunggu informasi yang Anda perlukan hingga muncul pop-up mengenai pembelian token listrik terakhir dan juga 20 digit nomor di bawahnya, yang merupakan nomor token listrik Anda yang hilang sebelumnya.

Mengakses Website Resmi PLN

  • Bukalah website resmi PLN
  • Pada opsi identitas pelanggan, pilihlah opsi IDPEL atau nomor meter.
  • Berikutnya, masukkan nomor meter atau IDPEL Anda dan klik cari.
  • Tunggu beberapa saat kemudian sampai informasi lengkap beserta token listrik Anda yang hilang muncul.
  • Mengirim E-mail ke PLN

Jika Anda telah mencoba beberapa cara yang telah disebutkan sebelumnya namun belum berhasil, maka Anda bisa menghubungi PLN secara langsung melalui alamat e-mail: pln123@pln.co.id. Ketika mengirim e-mail, isi subjek dengan “Cek History Pembelian Token” dan ketik surat tentang masalah yang Anda alami. Kemudian tunggu hingga petugas PLN mengirimkan balasan. Nah, itulah sekilas penjelasan tentang cara mengecek tagihan dengan mudah dan cepat. Dengan banyaknya pilihan pembayaran di atas Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ketua HIPMI: Penghapusan monopoli proyek buka peluang bagi UMKM
Senin, 25 Mei 2020 - 12:39 WIB
Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H Maming menga...
Pandemi, petani harus terus diberikan semangat produksi pangan
Minggu, 24 Mei 2020 - 20:58 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron menginginkan petani di berbagai daerah dapat diberikan seman...
Satgas temukan pinjaman online ilegal berkedok koperasi simpan pinjam
Jumat, 22 Mei 2020 - 21:45 WIB
Satgas Waspada Investasi menemukan 50 aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang melakukan penawaran...
Jelang Idul Fitri, warga Rancaputat, Majalengka terima bantuan 
Jumat, 22 Mei 2020 - 20:35 WIB
Masyarakat muslim Rancaputat, Sumber Jaya, Majalengka, Jawa Barat, fokus menatap Hari Raya Idul Fitr...
 Kuartal I, trafik Pelindo1 tumbuh di tengah pandemi Covid-19
Jumat, 22 Mei 2020 - 20:12 WIB
Selama Kuartal 1, PT Pelindo 1 mencatat arus kunjungan kapal sebanyak 17.613 call, naik 14,88 persen...
 Sidak, Wamendes tegaskan kasus BLT Dana Desa bisa jadi masalah hukum
Jumat, 22 Mei 2020 - 18:37 WIB
Inspeksi mendadak (sidak) Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi A...
Program ruralisasi diusulkan untuk pulihkan ekonomi pascapandemi
Jumat, 22 Mei 2020 - 18:28 WIB
Program ruralisasi diusulkan sebagai salah satu upaya untuk memulihkan perekonomian dengan menyinerg...
Pengamat: Harga minyak kembali meningkat, harga BBM jangan ikut naik
Jumat, 22 Mei 2020 - 17:26 WIB
Pengamat migas Kurtubi mengingatkan agar harga BBM di dalam negeri tidak ikut naik mengimbangi penin...
Sarwono: Pandemi Covid momen ideal kembangkan bisnis sosial
Jumat, 22 Mei 2020 - 16:58 WIB
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan periode 1999 sampai dengan 2001 Sarwono Kusumaatmadja menilai ...
Bulog Bojonegoro siapkan 28.000 ton beras jelang Lebaran
Jumat, 22 Mei 2020 - 15:47 WIB
Bulog Sub Divre Bojonegoro menyiapkan 28.000 ton beras untuk mencukupi kebutuhan beras warga di Bojo...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV