Rumah bau tak sedap usai banjir? Coba cara ini
Elshinta
Selasa, 03 Maret 2020 - 10:26 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Rumah bau tak sedap usai banjir? Coba cara ini
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/3cpe6p9

Elshinta.com - Mengembalikan rumah ke kondisi aslinya setelah banjir tidaklah mudah. Masalah lain pada rumah setelah diterjang banjir adalah bau menyengat yang sulit hilang. Penyebab utama bau ini diantaranya pembuangan kotoran, bakteri dan jamur yang cepat tumbuh. 

Penyebab eksternal dari bau muncul akibat air banjir yang mengalir bebas yang dikenal sebagai blackwater yang biasanya diisi dengan bakteri berbahaya. Setiap air banjir yang bersentuhan dengan furnitur berpori, seperti karpet atau kasur bisa menimbulkan risiko pada kesehatan, karena air yang diisi bakteri akan dengan cepat meresap ke dalam material. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau di rumah usai banjir:

Area sirkulasi 
Buka semua pintu dan jendela di rumah. Pastikan agar udara yang tak segar keluar dari rumah, dan digantikan dengan udara segar dari luar yang bisa masuk ke dalam.

Kipas exhaust
Exhaust fan berfungsi untuk mengeluarkan udara dari dalam ke luar. Cara ini bermanfaat untuk meghilangkan bau tak sedap di dalam rumah. Lakukan selama beberapa jam setiap harinya untuk membantu sirkulasi udara yang lebih baik lagi.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2Tfo6K6

Bersihkan lantai
Pel lantai hingga benar-benar bersih. Jika perlu, gunakan sedikit deterjen kemudian obat pel antiseptik, juga melap bagian tembok yang terendam banjir. Lakukan cara ini beberapa kali hingga benar-benar bersih. Hindari memasukkan kembali perabotan sebelum lantai dan tembok kering.

Jemur barang yang terendam
Bersihkanlah barang-barang yang masih terselamatkan dengan kain lap atau menggunakan detergen jika memang diperlukan. Jangan menggunakan kaporit. Setelah itu, keringkan dan jemur barang yang terendam banjir. Cahaya matahari dapat membunuh bakteri dan jamur penyebab bau.

Hilangkan jamur dan lumut 
Jamur dan lumut adalah efek dari banjir yang akan menyebabkan bau apek memenuhi rumah. Gunakan cuka putih yang belum diencerkan untuk membasmi jamur dan menghilangkan baunya.

Hilangkan bau dari karpet 
Kelembapan berlebih dari karpet bisa dihilangkan dengan vakum basah atau kering. Serat karpet memerangkap kelembapan, yang akan menyebabkan jamur dan jamur tumbuh dan menciptakan bau apek. Taburkan baking soda di atas karpet kering. Biarkan baking soda menyerap di karpet semalaman. Soda kue adalah pewangi alami yang akan menghilangkan bau karpet, atau bau pada kain di sofa.

Bisa juga dengan cara mengisi botol semprot dengan cuka putih lalu semprotkan secara bebas pelapis bau dengan cuka. Biarkan cuka mengering di jok. Bau cuka akan hilang dengan cepat dan membawa bau apek yang terperangkap di jok.

Cuci tirai
Cuka juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mencuci tirai. Tambahkan 2 cangkir cuka putih ke dalam mesin cuci. Cuka akan menghilangkan bau dari jamur dan bakteri akibat banjir. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2x00vEl

Essential oil
Gunakan minyak esensial untuk mengharumkan rumah. Essential oil mampu memberikan wangi dan aroma yang segar pascabanjir. Selain itu, minyak ini memiliki sifat penyembuh yang baik.

Serbuk atau biji kopi
Bau lembap dan bau lumpur sisa banjir kerap kali membuat mual. Menyemprotkan pewangi ruangan justru akan membuat bau tersebut semakin parah. Letakkan gelas atau toples kecil berisi serbuk kopi de seluruh sudut ruangan. Aroma kopi akan lebih menyegarkan dibanding aroma sintetis pewangi ruangan.

Hilangkan bau dari lemari
Setelah semua barang sudah keluar dari dalam lemari, semprotkan disinfektan ke seluruh bagian lemari. Biarkan lemari pintu terbuka selama kurang lebih satu jam. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan obat pembersih dan kain lap. Pastikan seluruh sudut lemari dibersihkan dengan baik dan usahakan untuk tidak menggunakan semprotan pewangi yang mengandung bahan kimia karena dapat merusak material lemari dan berbahaya bagi isi lemari nantinya.

Bersihkan tempat pembuangan
Jangan lupa untuk membersihkan tempat pembuangan yang ada di dalam rumah. Misalnya, saluran air di wastafel dan kamar mandi, serta selokan di depan rumah. Sebab, saluran air yang kotor dan tersumbat pasca banjir dapat menjadi sumber bau yang menyebar ke seluruh ruangan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Bagaimana mendekorasi rumah bergaya minimalis?
Kamis, 28 Mei 2020 - 10:12 WIB
Rumah adalah tempat berlindung, rumah memberikan perlindungan, kenyamanan, dan juga keamanan.  Huni...
Apa saja bagian rumah yang harus dipersiapkan untuk menyambut Lebaran?
Jumat, 22 Mei 2020 - 09:54 WIB
Lebaran tahun ini berbeda. Meski tidak ada tamu yang datang, tidak ada salahnya tetap perlu membersi...
 Bagaimana membersihkan rumah bekas yang akan dijual?
Kamis, 14 Mei 2020 - 10:10 WIB
Menjual rumah bukan merupakan hal yang mudah karena perlu menyiapkan beberapa hal agar nantinya calo...
 Bagaimana menata rumah sederhana agar terlihat elegan?
Jumat, 01 Mei 2020 - 11:10 WIB
Menata interior rumah sederhana tapi elegan memang bukan hal yang mudah. Sebab jika salah dalam mena...
 Apa saja yang harus diperhatikan saat over kredit pembelian rumah?
Kamis, 23 April 2020 - 11:49 WIB
Pembelian rumah dengan sistem over kredit dapat dilakukan dengan cara memindahkan sejumlah pinjaman ...
Apa manfaat dari asuransi properti?
Rabu, 15 April 2020 - 15:05 WIB
Banyak yang menganggap asuransi ini tak terlalu penting untuk dimiliki. Mereka masih mendahulukan as...
Hal yang harus diketahui tentang asuransi properti
Rabu, 15 April 2020 - 13:39 WIB
Tak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada rumah, toko, maupun aset properti yang dimi...
Bagaimana membuat rumah agar nyaman dihuni?
Kamis, 26 Maret 2020 - 11:09 WIB
Salah satu faktor yang membuat produktivitas semakin meningkat adalah karena kualitas hidup terpelih...
Ada beragam jenis KPR, manakah yang paling bagus?
Jumat, 13 Maret 2020 - 12:27 WIB
KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau untuk kebutuhan k...
Rumah bau tak sedap usai banjir? Coba cara ini
Selasa, 03 Maret 2020 - 10:26 WIB
Mengembalikan rumah ke kondisi aslinya setelah banjir tidaklah mudah. Masalah lain pada rumah setela...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV