Lakukan cara ini agar rumah cepat bersih setelah banjir
Elshinta
Jumat, 28 Februari 2020 - 11:49 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Lakukan cara ini agar rumah cepat bersih setelah banjir
Ilustrasi. Sumber foto:https://dpo.st/2I3cDXK

Elshinta.com - Intensitas curah hujan yang tinggi membuat beberapa permukiman tergenang air. Hal ini tentu saja menimbulkan sejumlah kerusakan. Membersihkan rumah dari sisa banjir sudah pasti bukan pekerjaan mudah, tapi sebaiknya jangan terlalu lama menunda. Jika tak lekas dibersihkan, kerusakan barang akan semakin parah pun kondisi kesehatan orang-orang seisi rumah juga terancam. Ini karena genangan air dan lumpur yang terbawa banjir mengandung banyak kuman. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan: 

Periksa kabel listrik 
Setelah banjir surut, periksalah lingkungan rumah dengan seksama, dan pastikan tidak ada kabel listrik yang longgar atau terbuka. Matikan dulu aliran listrik untuk sementara sambil memeriksa semua stop kontak dan saklar untuk mencegah terjadinya hubungan singkat arus listrik. Selain aliran listrik, benda-benda elektronik juga perlu diperhatikan. Jika memiliki banyak barang elektronik di dalan rumah, pastikan tidak ada kerusakan atau kabel yang terkelupas. 

Siapkan alat pembersih 
Siapkan dulu peralatan pembersih yang dibutuhkan. Selain kain pel, alat pel karet, sekop, dan disinfektan untuk membunuh kuman. Gunakan pelindung tubuh seperti masker, sarung tangan dan alas kaki yang sesuai untuk memberikan proteksi maksimal.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2VvQAkq

Mengeluarkan perabotan yang basah
Pilih barang-barang yang masih bisa digunakan. Jangan menyimpan benda yang telah terkontaminasi oleh limbah mentah, minyak atau limbah lainnya. Sebaiknya keluarkan perabotan yang basah agar segera dapat dikeringkan. Ini karena perabotan yang terlalu lama basah dikhawatirkan akan tumbuh jamur yang dapat merusak tampilan. Periksa juga barang-barang lain yang mudah menyerap air saat banjir seperti kasur untuk segera dijemur. Namun jika kerusakan kasur sudah terlalu parah, mau tak mau harus dibuang daripada menjadi sarang bakteri. 

Bersihkan barang menurut bahannya
Perabotan di rumah tentu terdiri dari material berbeda-beda sehingga membutuhkan penanganan tersendiri. Barang kayu-kayuan dan kain memiliki pori sehingga mudah jamuran dan mungkin perlu dibuang. Sedangkan material kaca, plastik dan logam tidak akan berkarat. Untuk membersihkannya, cukup memakai disinfektan.

Penanganan furnitur 
Bawalah furnitur kayu dan keringkan di luar ruangan. Selanjutnya lepaskan laci dan pintu untuk membersihkannya bagian dalamnya. Setekah itu, gosok atau cuci furnitur kotor dengan kain yang sudah dicelupkan ke dalam sabun lembut dan larutan air. Gunakan kain yang diperas dalam air jernih untuk membilas. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2Tk9NTe

Membersihkan lantai 
Bersihkan lantai hingga benar-benar bersih. Setelah bersih, lanjutkan membersihkan permukaan lantai dengan air panas dan cairan pembersih kuman. Untuk lantai kayu, bisa mengeringkannya secara bertahap. Jika lantai kayu kering secara tiba-tiba, hal ini bisa membuat kayu retak atau bahkan patah. Maka lepaskan satu papan lantai kayu setiap beberapa sentimeter untuk mengurangi kerusakan akibat pembengkakan. 

Mengeringkan dinding rumah 
Jika dinding masih basah, tunggulah sampai dinding rumah benar-benar kering sebelum membersihkan noda. Jika tidak, hanya membuat noda semakin parah. Lap noda yang ada pada dinding dengan kain bersih. Untuk noda membandel, sikatlah bagian tersebut. Gunakan air sabun dan berikan larutan disinfektan.

Kalau dinding rumah menggunakan wallpaper segera lepas, setidaknya sampai batas terkena banjir. Pasalnya, kertas hanya akan menyerap air dan membuat dinding jadi lebih susah kering. Kalau sudah begini, dinding rumah bisa jadi sarang bakteri yang terbawa air banjir dan mengancam kesehatan penghuni.

Peralatan dapur
Dapur menjadi salah satu area yang paling sulit untuk dibersihkan. Letakkan semua alat makan seperti piring, gelas, sendok, dan pernak-pernik lainnya dalam satu wadah besar berisi air hangat dan cairan pembersih kuman. Rendam selama 10 menit, cuci bersih, lalu keringkan. Untuk peralatan memasak seperti panci, pisau dan lainnya bisa direndam dalam air mendidih selama 10 menit. Jangan gunakan lap untuk mengeringkan. Bersihkan juga semua lemari dan rak penyimpanan dengan cairan pembersih sebelum menata kembali perabotan yang sudah kering. 

Kasur harus dibuang jika terendam lebih dari 24 jam
Kasur yang terkena resapan air banjir harus dibuang karena berisiko mengandung kuman dan bakteri berbahaya. Hal yang sama berlaku pula untuk mainan anak seperti boneka.

Segera cuci baju dan kain yang lembap 
Untuk kain yang bisa dicuci, hilangkan noda dan cuci dalam air dingin dengan deterjen bubuk. Bahan pembersih ini bekerja dengan baik untuk menghilangkan tanah liat dan kotoran. Setelah pencucian awal, cuci ulang semuanya. Kali ini, cuci pakaian dengan menggunakan air hangat yang aman untuk kain dan deterjen. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/386b3yD

 

Cuci karpet sesegera mungkin
Karpet merupakan salah satu jenis perabot yang susah untuk dibersihkan saat banjir. Bahkan beberapa jenis karpet yang telah terendam air tidak dapat dibersihkan dan harus dibuang, terlebih jika karpet sudah terendam lebih dari 24 jam. Apalagi jika lapisan karet di bawah karpet mulai rusak dan tidak bisa digunakan lagi. 

Jika karpet sudah terkontaminasi lumpur dan sampah, ganti dengan yang baru. Tetapi jika hanya sebagian karpet yang basah, gunakan penyedot untuk menghilangkan air sebanyak mungkin. Lalu bersihkan dan bilas karpet dengan pembersih ekstraksi. Selanjutnya, gunakan kipas untuk mempercepat pengeringan.

Menyelamatkan foto dan dokumen penting
Setelah bebas dari kotoran, simpan foto, buku atau dokumen penting lainnya di dalam kantong plastik dan masukkan ke dalam kulkas bebas es untuk melindungi dari jamur dan menghindari kerusakan lebih parah.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Bagaimana mendekorasi rumah bergaya minimalis?
Kamis, 28 Mei 2020 - 10:12 WIB
Rumah adalah tempat berlindung, rumah memberikan perlindungan, kenyamanan, dan juga keamanan.  Huni...
Apa saja bagian rumah yang harus dipersiapkan untuk menyambut Lebaran?
Jumat, 22 Mei 2020 - 09:54 WIB
Lebaran tahun ini berbeda. Meski tidak ada tamu yang datang, tidak ada salahnya tetap perlu membersi...
 Bagaimana membersihkan rumah bekas yang akan dijual?
Kamis, 14 Mei 2020 - 10:10 WIB
Menjual rumah bukan merupakan hal yang mudah karena perlu menyiapkan beberapa hal agar nantinya calo...
 Bagaimana menata rumah sederhana agar terlihat elegan?
Jumat, 01 Mei 2020 - 11:10 WIB
Menata interior rumah sederhana tapi elegan memang bukan hal yang mudah. Sebab jika salah dalam mena...
 Apa saja yang harus diperhatikan saat over kredit pembelian rumah?
Kamis, 23 April 2020 - 11:49 WIB
Pembelian rumah dengan sistem over kredit dapat dilakukan dengan cara memindahkan sejumlah pinjaman ...
Apa manfaat dari asuransi properti?
Rabu, 15 April 2020 - 15:05 WIB
Banyak yang menganggap asuransi ini tak terlalu penting untuk dimiliki. Mereka masih mendahulukan as...
Hal yang harus diketahui tentang asuransi properti
Rabu, 15 April 2020 - 13:39 WIB
Tak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada rumah, toko, maupun aset properti yang dimi...
Bagaimana membuat rumah agar nyaman dihuni?
Kamis, 26 Maret 2020 - 11:09 WIB
Salah satu faktor yang membuat produktivitas semakin meningkat adalah karena kualitas hidup terpelih...
Ada beragam jenis KPR, manakah yang paling bagus?
Jumat, 13 Maret 2020 - 12:27 WIB
KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau untuk kebutuhan k...
Rumah bau tak sedap usai banjir? Coba cara ini
Selasa, 03 Maret 2020 - 10:26 WIB
Mengembalikan rumah ke kondisi aslinya setelah banjir tidaklah mudah. Masalah lain pada rumah setela...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV