Hindari hal-hal berikut ini saat sedang menggunakan skincare
Elshinta
Selasa, 18 Februari 2020 - 14:38 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Hindari hal-hal berikut ini saat sedang menggunakan skincare
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2wlnYQ1

Elshinta.com - Sering muncul pertanyaan, mengapa sudah skincare tidak bekerja secara maksimal pada kulit. Padahal sudah rajin menggunakannya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena melakukan beberapa kesalahan yang tidak disadari. Sebagus apapun merek tersebut tetapi jika tidak diaplikasikan dengan benar, maka hasilnya pun tidak akan maksimal. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini hal-hal yang sebaiknya dihindari dalam memakai skincare:

Tidak menggunakan makeup remover
Air dan facial foam tidak cukup untuk membersihkan wajah dari segala partikel makeup yang menempel di wajah. Tetap perlu makeup remover untuk menghapus makeup yang sulit dibersihkan. Tidak menggunakan makeup remover akan membuat pori-pori tersumbat dan berjerawat. 

llustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2HKjpl3

Sering cuci muka 
terlalu sering cuci muka termasuk kesalahan menggunakan skincare yang sering kali dilakukan.
Cuci muka terlalu sering justru dapat memperparah kondisi kulit apalagi jika kulit sedang berjerawat. Sebab kulit akan kehilangan minyak alami yang dibutuhkan agar kulit tetap lembap. Sehingga kulit menjadi terlalu kering, kemerahan, bahkan mengelupas.

Tidak menggunakan toner
Toner berguna untuk mengembalikan keseimbangan pH dan mempersiapkan kulit menerima perawatan wajah selanjutnya seperti pemakaian serum dan krim wajah lainnya. Dengan menggunakan toner, bisa menghindari kekeringan, iritasi dan kemerahan pada kulit wajah. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/3221Aaa

Tidak sesuai dengan jenis kulit
Godaan untuk membeli rangkaian produk skincare sering terjadi pada banyak wanita. Mereka juga sering mengabaikan apakah produk tersebut sesuai untuk kondisi kulit. Padahal hal tersebut tentunya tidak baik karena bisa menimbulkan efek buruk jika kulit menjadi iritasi atau alergi. Misalnya tipe kulit berminyak, menggunakan skincare untuk kulit kering justru akan membuat kulit menjadi semakin berminyak serta memberikan dampak yang buruk lainnya pada kulit. 

Menggunakan bedak untuk menghilangkan minyak di wajah
Masih banyak orang yang selalu menutupi minyak berlebih di wajah menggunakan bedak. Padahal, hal tersebut hanya akan menyumbat pori-pori. Lebih baik gunakan tisu basah untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah.

Tidak menggunakan tabir surya
Terpaan sinar matahari berkontribusi besar dalam menentukan kondisi kulit. Menggunakan sunscreen sangat penting baik saat di luar maupun di dalam ruangan agar kulit tetap terjaga dari radiasi sekitar dan sinar ultraviolet. Untuk sehari-hari gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau 30 dan SPF 50 untuk aktivitas luar ekstrem seperti saat berlibur di pantai dan gunung. Tabir surya akan bekerja maksimal jika digunakan 20 menit sebelum beraktivitas.

Dosis terlalu banyak
Kesalahan lain yang mungkin dilakukan saat memakai skincare adalah menggunakan produk dalam dosis atau takaran yang terlalu banyak. Pemahaman bahwa semakin banyak yang digunakan, semakin banyak pula manfaat yang bisa didapat bukan hal benar. 

Menggunakan skincare dengan porsi berlebihan dan banyak ataupun sedikit, tidak akan mempercepat efek dari skincare yang digunakan. Hal itu malah membuat boros dan skincare cepat habis atau sebaliknya. Jadi, gunakanlah produk secara teratur dan cukup sehingga hasilnya pun akan lebih efektif.

Mengeksfoliasi kulit secara berlebihan
Eksfoliasi kulit biasanya dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, agar kulit terlihat lebih cerah dan sehat. Akan tetapi, hendaknya berhati-hati jika menggunakan eksfoliator jenis scrub. Jangan menggosok terlalu lama atau keras sebab berisiko melukai kulit serta pembuluh darah di bawahnya. Terlalu sering mengeksfoliasi kulit juga termasuk kesalahan saat memakai skincare karena dapat menimbulkan iritasi, kemerahan, bahkan peradangan pada kulit.

Salah menggabungkan produk 
Kesalahan lain yang mungkin tidak disadari adalah menggabungkan dua produk dengan bahan aktif yang berlawanan. Misalnya menggunakan serum dengan bahan aktif retinoid dan mengombinasikannya serum vitamin C. Padahal kedua bahan tersebut justru dapat mengakibatkan overeksfoliasi, sehingga kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.
Berikut ini bahan-bahan aktif yang sebaiknya tidak digabungkan Retinoid dan AHA BHA, Retinoid dan vitamin C, Benzoyl peroxide dan vitamin C serta Benzoyl peroxide dan retinol.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/39JPVj6

Pemakaian berlapis yang tidak benar
Urutan pemakaian skincare yang tidak benar dapat menghalangi formula dan bahan aktif bekerja maksimal. Tip layer pemakaian skincare yaitu aplikasikan formula yang paling ringan terlebih dahulu agar tidak menghalangi krim yang lebih berat lainnya. Berikan jeda waktu untuk pemakaian masing-masing produk skincare agar produk dapat menyerap dengan baik.

Mengabaikan area di atas bibir
Saat memakai skincare, seringnya hanya fokus pada area pipi dan mengabaikan area di atas bibir karena dianggap tidak begitu penting. Padahal area di atas bibir dapat menua lebih cepat dari area lainnya. Ahli menyarankan menggunakan krim mata untuk bagian di atas bibir karena bahannya yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta memperkuat kesehatan kulit.

Salah mengaplikasikan 
Salah satu kesalahan terbesar dalam pemakaian skincare adalah cara pengaplikasikannya, apakah dengan ditepuk atau diusap.  Antara satu produk dengan produk yang lain tidaklah sama karena tekstur bahan yang berbeda. Beberapa produk skincare dengan aplikasi diusap yaitu oil cleansing, micellar water, milk cleansing, facial wash, dan toner. Sedangkan yang dengan ditepuk yaitu krim mata, serum, pelembap, dan tabir surya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Penyebab rambut lepek bisa dari kebiasaan yang sering tidak disadari
Rabu, 03 Juni 2020 - 10:33 WIB
Ciri rambut lepek yang paling mudah dideteksi adalah kulit kepala berminyak, akar rambut kempes dan ...
Bagaimana memilih krim mata yang aman digunakan?
Selasa, 26 Mei 2020 - 10:30 WIB
Daerah sekitar mata cenderung mengalami masalah akibat beberapa faktor eksternal dan internal. Sebu...
Apakah semua wanita harus menggunakan krim mata?
Senin, 18 Mei 2020 - 11:22 WIB
Sejumlah produk perawatan kulit dan wajah sudah menjadi kebutuhan pokok yang wajib ada. Mulai dari p...
 Produk skincare apa yang tetap harus digunakan meski di rumah saja?
Selasa, 12 Mei 2020 - 12:02 WIB
Saat berada di rumah, kebanyakan wanita justru kurang memperhatikan perawatan wajah. Padahal kesehat...
Tips rawat kulit selama pandemi COVID-19 tanpa ke salon
Senin, 11 Mei 2020 - 10:14 WIB
Sementara Anda tidak mungkin untuk pergi ke salon di tengah pandemi COVID-19, perawatan kulit secara...
Kesalahan yang perlu dihindari saat memakai sheet mask
Senin, 04 Mei 2020 - 10:06 WIB
Sheet maks memang sangat mudah digunakan karena hanya cukup ditempelkan di wajah dan langsung terasa...
Kembangkan potensi bisnis online, skincare lokal ini didukung Hotman Paris
Rabu, 29 April 2020 - 11:30 WIB
Pada 2013, di saat belum banyak orang melihat potensi bisnis online, Shandy Purnamasari melihat pent...
Bagaimana mencegah keriput saat tidur?
Senin, 27 April 2020 - 12:07 WIB
Sebenarnya keriput, garis-garis halus, dan lipatan pada kulit adalah bagian normal dari proses penua...
Cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata
Senin, 20 April 2020 - 10:10 WIB
Tidak dapat dipungkiri, keindahan mata akan sangat berpengaruh pada penampilan seseorang. Lingkaran ...
Soothing gel dengan ekstrak daun kelor memiliki banyak manfaat
Kamis, 16 April 2020 - 07:45 WIB
Dunia perawatan kecantikan moderen terus mengalami perkembangan. Tren terkini yang sedang ngehits ad...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV