Begini cara menjaga agar kulit leher tetap kencang
Elshinta
Jumat, 14 Februari 2020 - 11:08 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Sigit Kurniawan
Begini cara menjaga agar kulit leher tetap kencang
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2ON4ZEz

Elshinta.com - Semakin bertambahnya umur, merawat kulit semakin penting sebab kelembapan dan elastisitas kulit sudah berkurang. Sehingga kulit menjadi lebih mudah mengalami kekeringan, noda dan kendur. Tidak hanya wajah, bagian leher juga membutuhkan perhatian yang sama karena kulit di daerah tersebut juga dapat berkerut dan mengendur dengan cepat. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara untuk menjaga kulit leher agar tetap kencang: 

Rutin membersihkan
Kulit leher menampung banyak kotoran dan debu, terutama bila sering beraktivitas di luar ruangan atau berolahraga. Maka gosoklah dengan foam wash dan bantuan cleansing brush atau sponge. Dapat juga menggunakan sabun yang mengandung kolagen untuk menambah elastisitas kulit. 

Bersihkan leher sebelum tidur, lakukan double cleansing, untuk mengangkat sebum yang menempel di pori, menyegarkan kulit leher dan membuatnya lebih maksimal dalam menyerap kandungan krim malam.

Ketahui penyebab lipatan leher
Tanpa disadari, terbiasa dengan suatu postur tertentu juga membuat leher lebih rentan berkurang kekencangannya. Postur yang ‘berbahaya’ buat leher salah satunya adalah tech neck, atau posisi kepala dan leher yang terbiasa menunduk untuk melihat gawai bisa menyebabkan lipatan pada area leher muncul lebih cepat. 

Sebaiknya bawa telapak tangan yang memegang ponsel sejajar dengan wajah dan mata dan jangan lupa selalu lakukan stretching untuk leher. Perhatikan juga posisi tidur dan tinggi bantal. Jika tidur menyamping, pastikan leher di tempat yang sudah benar untuk menghindari garis halus yang mucul pada leher dan jangan terlalu lama membiarkan kulit leher dalam posisi tertentu.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/31QtSnY

Menggunakan krim dan serum
Untuk meremajakan dan mengencangkan kulit leher, ada krim khusus untuk perawatan leher. Oleskan pada leher dengan kedua tangan dari bawah naik ke atas menuju dagu. Hindari menggosok kulit dengan menarikya kencang. Serum bukan hanya dibutuhkan wajah dan rambut, leher pun demikian guna mencerahkan dan meningkatkan cahaya warna kulit. Pilihlah serum yang memang dirancang untuk leher saja.

Menggunakan pelembap
Kulit leher juga membutuhkan asupan pelembap, vitamin dan bahan-bahan baik untuk memperbaiki kualitas kulit. Produk dengan retinol merupakan pilihan terbaik untuk menjaga dan merawat kulit leher. Retinol tak hanya terkenal sebagai bahan ampuh untuk melenyapkan jerawat tapi juga untuk mengurangi kerutan dan membantu menciptakan kolagen baru.

Pelembap dengan retinol dapat membantu mengurangi noda pada kulit di leher yang rusak karena matahari. Sebelum membeli retinol, pastikan untuk mencoba produk dulu karena retinol dapat menimbulkan kemerahan dan iritasi. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/37jeJgc

Menggunakan vitamin C
Kolagen menjaga kulit tetap kenyal dan vitamin C memiliki peran besar dalam penciptaan kolagen. Konsumsi jeruk dan buah-buah lainnya yang mengandung vitamin C untuk mencegah dan mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari. 

Tambahkan produk spesifik
Saat ini sudah banyak beauty brand yang menyediakan produk perawatan kulit khusus leher, mulai dari krim hingga masker. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan jenis kulit. 

Memakai tabir surya
Tidak peduli itu panas atau dingin, tetap dianjurkan untuk memakai krim matahari pada bagian leher atau tenggorokan. Karena saat beraktivitas, leher lebih mungkin terkena paparan matahari dan oleskan juga pada belakang leher. Oleskan tabir surya dengan SPF 25 ke atas pada leher sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan.

Berhenti merokok dan rajin olahraga
Merokok merusak kolagen dan merampas oksigen dari kulit. Apabila merokok bagian kulit tipis yang akan terkena dampaknya pertama kali. Hasilnya, leher secara perlahan akan mengendur. Selain berhenti merokok, juga harus rajin olahraga untuk membangun otot dan meningkatkan oksigen serta nutrisi pada sel-sel kulit.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2uMQIke

Perbaiki pola makan
Makanlah makanan yang kaya antioksidan dan asam lemak esensial. Jika tidak memungkinkan mengonsumsi makanan seperti Omega-3, vitamin C dan vitamin E maka minum suplemen anti-penuaan untuk meningkatkan nutrisi.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ketahui fakta penting menggunakan sheet mask
Senin, 06 April 2020 - 10:05 WIB
Sheet mask disukai karena praktis digunakan, hanya dengan menempel masker kertas yang terbuat dari k...
Masalah penampilan yang sering dialami wanita
Jumat, 03 April 2020 - 09:09 WIB
Terlihat cantik dan menarik menjadi dambaan wanita hingga rela mengeluarkan banyak uang untuk membel...
Mana yang lebih penting krim siang dan krim malam? Ini perbedaannya
Senin, 30 Maret 2020 - 11:49 WIB
Banyak orang yang menggunakan krim wajah untuk menjaga kesehatan dan juga menutrisi kulit. Namun mas...
Kesalahan dalam perawatan rambut
Jumat, 27 Maret 2020 - 09:47 WIB
Memiliki rambut indah tentu jadi keinginan hampir setiap wanita. Namun tak sedikit yang masih belum ...
Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan rambut rontok pada wanita?
Selasa, 24 Maret 2020 - 09:17 WIB
Tidak hanya kecantikan wajah saja yang didamba wanita, tetapi juga memiliki rambut yang sehat dan be...
Pentingkah menggunakan krim malam?
Jumat, 20 Maret 2020 - 11:09 WIB
Krim pagi dianggap penting karena bermanfaat untuk melindungi kulit wajah dari berbagai polusi yang ...
 Awas! jangan gunakan produk kecantikan ini terlalu sering
Rabu, 18 Maret 2020 - 12:54 WIB
Agar terlihat cantik, banyak wanita menggunakan bahan alami maupun produk kecantikan mahal. Namun pr...
Kenali tanda-tanda krim wajah yang berbahaya
Selasa, 10 Maret 2020 - 10:10 WIB
Krim pemutih yang berbahaya memang tidak langsung menunjukkan efek buruk, tetapi bila dihentikan bis...
 Mengenal berbagai minyak alami untuk kecantikan
Rabu, 04 Maret 2020 - 12:27 WIB
Banyak jenis minyak alami yang bermanfaat untuk kecantikan tubuh. Salah satu khasiat yang telah ter...
Cara mudah menggunakan pensil alis untuk pemula
Rabu, 26 Februari 2020 - 11:48 WIB
Salah satu alat makeup yang punya pengaruh besar dalam merias wajah adalah pensil alis. Karena penti...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV