4 tips menjadi franchisor sukses, apa saja?
Elshinta
Selasa, 11 Februari 2020 - 15:33 WIB | Penulis : Cucun Hendriana | Editor : Administrator
4 tips menjadi franchisor sukses, apa saja?
Ilustrasi. Sumber: istimewa

Elshinta.com - Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila usaha Anda hendak di-franchise-kan sehingga tidak merusak dan merugikan nama usaha Anda (Anda akan disebut sebagai Franchisor, yaitu pemilik bisnis yang memasarkan bisnisnya melalui franchising).

Terkait hal ini, Manager Internasional Franchise Business Management (IFBM) Royandi Junus menjelaskan, hal paling utama Anda harus benar-benar menguasai (mastery) bisnis Anda.

Kedua, Anda juga wajib memiliki bisnis model yang berdasarkan pengalaman Anda adalah yang terbaik. Ketiga, Anda wajib memilih calon franchisee yang sesuai dengan karakter bisnis Anda, bersedia untuk mendengarkan (menurut) serta bekerjasama (kolaborasi) dengan Anda, dan yakin bahwa calon franchisee memahami perjanjian kerjasama (perjanjian franchise) yang akan/telah disepakati bersama. Hal terakhir adalah Anda wajib dan mampu mengelola para franchisee Anda melalui program-program pelatihan, bantuan operasional, bantuan pemasaran, serta program kemitraan (relationship) yang dapat membuat franchisee Anda untung dalam berbisnis.

Hal pertama di atas akan menyangkut lama Anda berbisnis serta jumlah outlet yang Anda jalankan. Makin lama dan atau makin banyak outlet yang Anda jalankan, makin baik. Tentunya bisnis tersebut harus sudah memberikan keuntungan serta kembali modal.

Dalam hal ini Anda wajib menguasai industri dari bisnis Anda, seperti mulai dari perijinan, penentuan lokasi, cara mendapatkan sumber bahan baku bisnis Anda, hingga cara yang paling efektif dan efisien dalam mengoperasikan serta memasarkan bisnis tersebut.

Singkatnya, Anda tahu kelebihan bisnis Anda dengan bisnis yang sama (kompetitor), dimana hal ini disebut juga dengan telah memiliki winning concept. Semua ini termasuk dalam ketentuan bisnis yang dapat di-franchise-kan, yaitu dapat dibuat standar, memiliki keunikan (unik: berbeda dengan yang lain, tidak mudah ditiru, dan memberikan nilai tambah).

Hal yang kedua menyangkut pengalaman mengelola bisnis Anda yang terbaik, seperti penentuan target market, jumlah karyawan, luas ruang, nilai investasi, target sales, cara mencapai target sales (hal operasional dan cara pemasaran), serta efisiensi apa saja yang dapat Anda terapkan pada bisnis model tersebut (business leverage) agar bisnis yang dijalankan oleh franchisee tetap menguntungkan, karena dengan memungut franchise fee dan royalty fee, berarti akan menurunkan profit franchisee.

Hal ketiga di atas menyangkut masalah siapa franchisee yang cocok untuk Anda dan bisnis Anda. Tidak semua orang cocok menjadi franchisee Anda. Anda wajib memilih calon tersebut dengan cara menyeleksi calon-calon yang berminat. Bila Anda sembarang memilih, maka Anda yang akan terkena masalahnya di kemudian hari.

Sementara poin keempat menyangkut hubungan kerelasian (relationship). Disini Anda wajib membantu franchisee Anda agar sukses seperti Anda, karena mereka menjalankan bisnis tersebut sesuai dengan pengalaman Anda.

Itu sebabnya franchise diartikan sebagai duplikasi pengalaman sukses untuk dijalankan oleh orang lain. Artinya Anda perlu mengatur franchisee Anda supaya bertindak seperti pengalaman sukses Anda.

Hal lain yang perlu Anda miliki bila ingin mem-franchise-kan bisnis Anda ada 3 (tiga) hal. Yang pertama Anda perlu modal (investasi segar) untuk mempersiapkan bisnis franchise Anda. Kedua, Anda perlu membentuk sebuah organisasi baru untuk menjalankan franchise Anda. Ketiga, Anda perlu mengubah atau menambah paradigma Anda mengenai bisnis yang dipasarkan secara franchising.

Hal yang terakhir ini yang sering membuat bisnis yang di-franchise-kan gagal. Ketika Anda menjalankan bisnis dan sukses, maka paradigma bisnis Anda adalah Sales, yaitu semua kesempatan (opportunity) adalah milik Anda (untuk keuntungan Anda). Ketika Anda memasarkan bisnis Anda secara franchising, maka paradigma bisnis Anda harus bergeser kepada service, yaitu semua opportunity adalah untuk keuntungan franchisee.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Jangan salah kaprah! Ini tafsir `bisnis tanpa modal`
Jumat, 06 Maret 2020 - 09:58 WIB
Pengertian tanpa modal itu maksudnya bisnis awal dijalani dengan biaya yang sangat minim. Demikian m...
Menjalankan bisnis teman, tapi masih ragu? Jangan, ini tips mengatasinya…
Kamis, 20 Februari 2020 - 10:25 WIB
Berbisnis itu adalah soal kepercayaan baik pada diri Anda maupun pada bisnis tersebut. Jadi Anda mem...
Mau sukses jalankan bisnis franchise? Baca dulu tips ini…
Jumat, 14 Februari 2020 - 10:46 WIB
Bisnis franchise menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang. Untuk bisa sukses di bisnis ini, baga...
Dibanding bisnis sendiri, berapa persen tingkat keberhasilan bisnis franchising?
Rabu, 12 Februari 2020 - 11:30 WIB
Apakah sebuah bisnis yang dipasarkan secara sistem franchise bisa meraih kesuksesan seperti membuka ...
4 tips menjadi franchisor sukses, apa saja?
Selasa, 11 Februari 2020 - 15:33 WIB
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila usaha Anda hendak di-franchise-kan sehingga tidak m...
Apa sih pertanda bisnis Anda maju? Ini jawabannya...
Jumat, 31 Januari 2020 - 09:55 WIB
Bisnis yang maju dan besar sebenarnya berasal dari kecepatan mengelola pasar yang memungkinkan baik ...
2020, bagaimana prospek bisnis pakaian?
Rabu, 22 Januari 2020 - 13:48 WIB
Bisnis pakaian memang tak pernah lesu. Para pelaku di industry ini selalu bertumbuh, terlebih di mus...
Jangan waralabakan bisnis, bila Anda belum penuhi syarat ini
Kamis, 16 Januari 2020 - 14:26 WIB
Syarat bila ingin mewaralabakan usaha adalah bisnis Anda telah “sukses.” Artinya Anda telah paha...
Brand franchise yang Anda pilih baik atau buruk? Selidiki tiga hal ini…
Jumat, 10 Januari 2020 - 11:14 WIB
Konsultan franchise Royandi Junus menjelaskan soal ini. Pertama, pastikan bahwa Anda memang memiliki...
Menjual franchise ke pihak ketiga, bisakah? Ini penjelasannya
Senin, 06 Januari 2020 - 11:06 WIB
Umumnya, bila seorang franchisee ingin menjual bisnis yang sudah dimiliki kepada pihak ketiga, tidak...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV