Benarkah ciri rambut sehat bisa diketahui dari jumlah rambut yang tumbuh di kepala?
Elshinta
Senin, 10 Februari 2020 - 12:18 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Benarkah ciri rambut sehat bisa diketahui dari jumlah rambut yang tumbuh di kepala?
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2OCP23C

Elshinta.com - Bagi wanita, selain wajah rambut juga menjadi bagian tubuh yang sangat menunjang penampilan. Bahkan rambut disebut sebagai mahkota wanita. Rambut yang indah haruslah sehat. Tapi bagaimana sebenarnya cara mengetahui rambut sehat atau tidak? Dihimpun dari  berbagai sumber, inilah ciri rambut yang sehat:

Lembut dan berkilau
Rambut yang berkilau merupakan hasil dari kutikula, lapisan luar rambut, yang halus dan merata. Lapisan luar rambut ini berfungsi sebagai pelindung kulit kepala. Rambut berkilau menunjukkan bahwa kutikula rambut sehat dan kelembapannya terjaga. Kutikula yang sehat dan tidak rusak akan memberikan tekstur halus pada permukaan rambut. Selain itu, halusnya kulikula juga akan memudahkan cahaya memantul sehingga rambut terlihat lebih bersinar

Kulit kepala sehat
Ciri rambut sehat ditandai dengan kondisi kulit kepala yang sehat. Terdapat beberapa indikasi untuk menilai sehat atau tidaknya kulit kepala. Pertama adalah dari jumlah rambut yang tumbuh di kepala. Kulit kepala yang sehat akan memiliki rata-rata tiga helai rambut di setiap pori-porinya. Jika rambut di kepala terlihat lebih jarang, kemungkinan itu tanda bahwa kulit kepala tidak sehat.

Kulit kepala yang tidak sehat ditandai dengan adanya ketombe. Kulit kepala yang sehat akan memiliki pigmen warna yang tidak jauh berbeda dengan pigmen kulit wajah dan tentunya tidak mengalami iritasi dan kemerahan.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2w7dvYF

Rontok sewajarnya
Kerontokan rambut setiap hari merupakan hal yang wajar hanya 50-100 helai saja dalam satu hari. Hal ini dikarenakan siklus pertumbuhan rambut biasanya dapat bertahan 2-8 tahun dan akan rontok setelahnya untuk menumbuhkan helaian rambut yang baru. Jika jumlah rambut rontok melewati atau bahkan berkali lipat dari jumlah tersebut, kemungkinan besar ada masalah kesehatan. 

Rambut kuat
Selain rambut rontok, masalah rambut patah juga amat sering ditemui. Rambut yang mudah patah biasanya disebakan oleh kulikula rambut yang sudah rusak sehingga menjadi rapuh dan mudah patah ketika disentuh atau disisir.
Sama seperti rambut rontok, rambut patah dalam jumlah sedikit juga merupakan hal wajar, tapi jika rambut patah di berbagai sudut rumah menandakan bahwa rambut sedang mengalami kerusakan. 

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2SuOZbq

Mudah disisir
Biasanya, rambut yang sehat merupakan rambut yang mudah disisir. Hal ini disebabkan oleh kondisi permukaan rambut yang halus karena kutikula yang tertutup. Bila kutikula tidak sehat, rambut akan lebih mudah tersangkut satu sama lain, kusut, dan menjadi lebih sulit untuk disisir. 
 
Elastisitas rambut terjaga
Elastisitas rambut akan terjaga jika kelembapan rambut dan kesehatan kutikula rambut terjaga. Rambut yang elastis ditandai dengan rambut yang mudah diatur. Jika ditarik, maka rambut akan langsung kembali ke bentuk semula. Elastisitas rambut sudah menurun akan membuat rambut akan lebih mudah patah, dan dapat menyebabkan kerontokan. 

Untuk menguji kelenturan dengan membasahi rambut terlebih dahulu. Setelah itu, ambil satu helai dan regangkan atau tarik rambut. Bila rambut sempat meregang artinya tanda rambut sehat. 

Mengambang
Cara mengetahui rambut sehat atau tidak juga bisa melalui sebuah tes menggunakan air. Letakkan satu helai rambut di atas wadah berisi air. Jika mengambang, maka tandanya rambut sehat dan jika rambut tenggelam dalam air maka tandanya rambut tersebut rusak. Rambut yang rusak, kutikulanya akan terbuka sehingga rambut dapat menyerap air dan akhirnya tenggelam.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2w4tB5a

 

Saran: Kerusakan rambut sendiri bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai dari malas merawat rambut, salah memilih produk perawatan rambut, hingga adanya gangguan dalam tubuh.
Mulailah perawatan rambut yang benar. Pilihlah produk-produk perawatan yang sesuai dengan karakteristik dan masalah rambut. 

Rambut berminyak, keramas sekali dalam sehari. Untuk rambut kering, dianjurkan tidak terlalu sering keramas, bisa 2-3 hari sekali. Saat keramas, fokus membersihkan kulit kepala agar lebih bersih. Gunakan kondisioner setelah penggunaan sampo untuk memperbaiki tampilan rambut rusak dan melindungi rambut dari sinar UV.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Mana yang lebih penting krim siang dan krim malam? Ini perbedaannya
Senin, 30 Maret 2020 - 11:49 WIB
Banyak orang yang menggunakan krim wajah untuk menjaga kesehatan dan juga menutrisi kulit. Namun mas...
Kesalahan dalam perawatan rambut
Jumat, 27 Maret 2020 - 09:47 WIB
Memiliki rambut indah tentu jadi keinginan hampir setiap wanita. Namun tak sedikit yang masih belum ...
Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan rambut rontok pada wanita?
Selasa, 24 Maret 2020 - 09:17 WIB
Tidak hanya kecantikan wajah saja yang didamba wanita, tetapi juga memiliki rambut yang sehat dan be...
Pentingkah menggunakan krim malam?
Jumat, 20 Maret 2020 - 11:09 WIB
Krim pagi dianggap penting karena bermanfaat untuk melindungi kulit wajah dari berbagai polusi yang ...
 Awas! jangan gunakan produk kecantikan ini terlalu sering
Rabu, 18 Maret 2020 - 12:54 WIB
Agar terlihat cantik, banyak wanita menggunakan bahan alami maupun produk kecantikan mahal. Namun pr...
Kenali tanda-tanda krim wajah yang berbahaya
Selasa, 10 Maret 2020 - 10:10 WIB
Krim pemutih yang berbahaya memang tidak langsung menunjukkan efek buruk, tetapi bila dihentikan bis...
 Mengenal berbagai minyak alami untuk kecantikan
Rabu, 04 Maret 2020 - 12:27 WIB
Banyak jenis minyak alami yang bermanfaat untuk kecantikan tubuh. Salah satu khasiat yang telah ter...
Cara mudah menggunakan pensil alis untuk pemula
Rabu, 26 Februari 2020 - 11:48 WIB
Salah satu alat makeup yang punya pengaruh besar dalam merias wajah adalah pensil alis. Karena penti...
Hindari hal-hal berikut ini saat sedang menggunakan skincare
Selasa, 18 Februari 2020 - 14:38 WIB
Sebagus apapun merek skincare tetapi jika tidak diaplikasikan dengan benar, maka hasilnya pun tidak ...
Begini cara menjaga agar kulit leher tetap kencang
Jumat, 14 Februari 2020 - 11:08 WIB
Tidak hanya wajah, bagian leher juga membutuhkan perhatian yang sama karena kulit di daerah tersebut...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)