Manfaat tersembunyi dari hobi kerajinan tangan
Elshinta
Jumat, 07 Februari 2020 - 12:22 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
 Manfaat tersembunyi dari hobi kerajinan tangan
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2UwDz9r

Elshinta.com - Kerajinan tangan adalah sebuah kegiatan yang merupakan hobi bagi sebagian orang karena  membutuhkan ketelatenan, ketekunan, dan fokus yang cukup tinggi. Terkadang ada orang yang tergolong gampang bosan atau tidak sabar dalam mengerjakan hal tersebut.

Kerajinan tangan sangat luas, banyak sekali ragamnya seperti merajut, menjahit, membuat keramik, memahat, quilting, dan lain-lain.  Kerajinan tangan bukan sekadar hobi yang biasa-biasa saja. Ternyata terdapat banyak manfaat dari hobi yang satu ini. Dihimpun dari berbagai sumber, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

Melatih kesabaran
Hobi kerajinan tangan mampu melatih kesabaran seseorang. Sebab seseorang harus mengerjakan dengan penuh kesungguhan mengolah bahan-bahan sederhana menjadi sebuah barang yang memiliki tingkat pengolahan rumit menjadi karya yang indah.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2SrAW6e

Kreativitas terasah 
Dengan memiliki hobi kerajinan tangan maka kreativitasnya akan semakin terasah. Walaupun pada awalnya mungkin melihat tutorial pembuatan kerajinan tangan, seiring waktu maka kreativitas akan terasah sendiri untuk mengembangkan kreasi bentuk, warna, teknik, dan sebagainya.

Mengisi waktu 
Kerajinan tangan adalah sebuah hobi yang bisa mengisi waktu luang menjadi lebih bermanfaat. Daripada menghabiskan waktu untuk hal yang kurang berguna, mengolah kerajinan tangan akan sangat bermanfaat. Penilitian lain juga membuktikan bahwa menggunakan waktu istirahat untuk mengerjakan kerajinan bisa membantu mengurangi kepenatan di kantor. 

Menjaga fungsi otak
Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa hobi  kerajinan ini bisa membantu melindungi otak dari kerusakan karena penuaan. Ritme aktivitas bikin kerajinan tangan yang berulang bisa dibilang mirip dengan meditasi yang bisa membawa pada kondisi tenang. Karena manusia pada dasarnya hanya bisa fokus pada satu hal dalam satu jangka waktu tertentu.

Kesehatan
Telah terbukti bahwa kerajinan tangan dapat dilakukan sebagai terapi, terutama bagi penderita gangguan stress pascatrauma (shell shock), dan depresi. Biasanya diterapkan merajut untuk memulihkan mental seorang karena dapat mengalihkan pikiran  egative dan rasa sakit orang tersebut. Bukan hanya itu, dari survey banyak yang mengatakan bahwa kerajinan tangan memulihkan dan meringankan pikiran mereka yang terkena kanker, menjadi lebih rileks, lebih nyaman dan jauh dari rasa cemas.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2veCQiU

Meningkatkan daya fokus
Dengan berkonsentrasi pada satu hal bisa melupakan hal-hal negatif yang sedang dialami dan memfokuskan diri hanya untuk berkreasi. Dengan crafting bisa bebas mengekspresikan diri, mengisi diri dengan energi positif, pikiran pun menjadi lebih tenang dan terbuka.
Dengan meningkatnya daya fokus, akan mampu meningkatkan kualitas kerja sehingga menjadi lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan dan mampu menyeimbangkan kehidupan pribadi dan karier.

Meningkatkan kualitas diri
Dengan suasana tenang saat sedang fokus dalam mengerjakan suatu kerajinan, pikiran akan jadi lebih rileks, bebas melepas semua beban pikiran serta fokus pada mengekspresikan diri ke dalam seni. Karena lebih mudah mengekspresikan pikiran dan emosi dengan lebih positif maka kepercayaan diri pun akan makin meningkat.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2H3Qgk8

Menghilangkan stres
Kegiatan seni kerajinan tangan memang dinilai sebagai cara paling ampuh untuk menghilangkan stres. Crafting tidak hanya melibatkan otak saja tapi juga koordinasi tangan dan mata. Crafting membantu menjadi lebih mencintai dan menghargai diri sendiri sehingga akan meningkatkan produktivitas baik dalam karier atau kehidupan pribadi.
Hemat
Memiliki keterampilan untuk melakukan kerajinan tangan bisa membuat berhemat. Hasil karya tersebut bisa menjadi kado istimewa dan spesial. Daripada membeli kado, maka akan lebih hemat jika bisa membuatnya sendiri. 

Pemberdayaan masyarakat
Kerajinan tangan biasa digeluti oleh perempuan karena tingkat ketekunannya yang rata-rata lebih tinggi dari laki-laki. Ini bisa menjadi sebuah wadah pemberdayaan bagi ibu-ibu rumah tangga, bisa mengisi waktu di rumah dengan membuat kerajinan tangan sendiri.

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/39eihl5

Peluang usaha
Manfaatkan bakat satu ini untuk menambah penghasilan dengan menjual hasil karya yang telah dibuat. Atau bisa pula dengan menerima pesanan sesuai kesukaan customer, ini bisa menjadi nilai tambah juga.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pra-pemesanan PS5 laris manis jelang peluncuran
Rabu, 28 Oktober 2020 - 19:01 WIB
Sony mengatakan permintaan untuk konsol PlayStation 5 (PS5) melalui pra-pemesanan \\\"sangat besar,\...
 Domba bertanduk empat di Majalengka, satu ekor dihargai dua ratus juta rupiah
Selasa, 13 Oktober 2020 - 21:47 WIB
Seekor Domba berkelainan genetik di Majalengka, Jawa Barat dihargai ratusan juta rupiah. Pasalnya D...
Ingat, pengguna sepeda di malam hari tak pakai lampu akan kena sanksi
Jumat, 25 September 2020 - 20:25 WIB
Bagi para pengguna sepeda harap memperhatikan keselamatan dalam berkendara. Ada sanksi yang disiapka...
 6 ide mendekorasi kamar dengan koleksi foto, bakal instagramable banget!
Rabu, 16 September 2020 - 13:36 WIB
Hanya dengan melihat foto, kita bisa mengingat kembali kenangan-kenangan yang sudah terekam dalam fo...
Gunung Penanggungan dipastikan aman, seluruh jalur pendakian kembali dibuka 
Rabu, 26 Agustus 2020 - 20:11 WIB
Jalur pendakian Kedungudi di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur kembali dibuka pasca ...
 Bisnis aqua scape yang tetap bertahan di masa pandemi Covid-19
Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:46 WIB
Bisnis serta dunia hobby aqua scape masih bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19. Bahkan di era p...
Cukupi kebutuhan pangan, manfaatkan waktu di rumah karena COVID-19 dengan berkebun
Selasa, 05 Mei 2020 - 11:24 WIB
Masyarakat didorong untuk memanfaatkan ruang terbatas di rumah untuk berkebun atau menanam tanaman, ...
Benarkah kepribadian seseorang bisa dilihat dari hobi yang digeluti?
Kamis, 12 Maret 2020 - 11:29 WIB
Hobi merupakan kebiasaan-kebiasaan yang kerap kali dilakukan oleh seseorang guna mendapatkan kesenan...
 Manfaat tersembunyi dari hobi kerajinan tangan
Jumat, 07 Februari 2020 - 12:22 WIB
Kerajinan tangan sangat luas, banyak sekali ragamnya seperti merajut, menjahit, membuat keramik, mem...
Dari hobi crafting hasilkan pundi-pundi rupiah
Jumat, 24 Januari 2020 - 11:48 WIB
Kegemaran Dianisa Rizkika dalam dunia crafting dengan bunga kering membuatnya berani memutuskan untu...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV