Bingung menyimpan produk skincare agar tak cepat rusak? Ikuti cara ini
Elshinta
Kamis, 30 Januari 2020 - 11:59 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Bingung menyimpan produk skincare agar tak cepat rusak? Ikuti cara ini
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2S0dAEv

Elshinta.com - Beragam produk skincare sesuai kebutuhan mulai dari pembersih muka, lotion pelembap, sunscreen, hingga serum. Setiap produk skincare, baik untuk wajah maupun tubuh, mempunyai komposisi yang berbeda. Oleh sebab itu cara penyimpanannya pun pasti berbeda antar produk. 

Padahal penyimpanan yang salah dapat membuat kandungan di dalamnya menjadi tidak efektif untuk memunculkan manfaat sesuai yang dikehendaki. Dihimpun dari berbagai sumber ini cara yang benar menyimpan produk skincare agar tidak cepat rusak:

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2S2ClQu

Lemari es
Ada beberapa produk skin care yang akan lebih baik jika disimpan di dalam lemari es. Selalu pastikan untuk tahu kandungan tiap produk skin care sebelum menyimpannya ke dalam kulkas. Tempatkan di kotak khusus kosmetik dan skin care dan pilih suhu sekitar 4 derajat celsius untuk memperpanjang masa pakai produk.

Produk kecantikan yang terbuat dari bahan organik (tidak mengandung pengawet), parfum, cat kuku, mascara waterproof, dan semua produk yang mengandung vitamin C dan A lebih baik disimpan dalam kulkas. Pada bahan organik, penyimpanan di dalam lemari es akan memperpanjang masa pakai produk karena jamur akan lebih lambat bertumbuh pada suhu dingin.  

Suhu yang dingin dapat memperlambat proses penguraian pada parfum dan menjaga formula pada cat kuku. Produk dengan kandungan gel, masker mata, dan facial spray bisa juga disimpan dalam kulkas karena bisa memberikan efek yang lebih menyegarkan jika disimpan di suhu dingin. Mascara waterproof mempunyai kandungan yang tidak stabil, yang jika terkena panas akan mempercepat penguapan zat sehingga produk tersebut akan lebih cepat kering.

Suhu ruang
Beberapa produk skincare ada yang tidak cocok atau bisa ditaruh di kulkas. Produk dengan komposisi minyak, mineral oil, atau lilin seperti face oil, primer, dan foundation cair, dapat berubah konsistensinya jika disimpan di kulkas sehingga lebih baik di suhu ruangan.

Produk sun screen dan produk dengan natural oil-based harus disimpan di tempat yang gelap dan tidak kontak langsung dengan matahari, untuk menghindari proses oksidasi. Make up dengan pengawet dan tidak mengandung bahan aktif tidak stabil dapat disimpan pada suhu ruang.

Kamar mandi
Kamar mandi adalah lingkungan yang lembap dan suhunya selalu berubah-ubah. Jangan menyimpan kosmetik cair, pelembab wajah dan tubuh, parfum, kosmetik berbahan organik, dan scrub kulit dengan kandungan gula dan garam. Lingkungan yang lembap juga dapat menjadi sarana untuk bakteri berkembang biak pada berbagai produk kecantikan tadi, sehingga akan berdampak negatif pada komposisi zat aktif yang dimilikinya.

Tidak terkena sinar matahari langsung
Hampir semua produk kecantikan tidak dianjurkan untuk terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sebab akan membuat kandungan yang ada di dalam produk kecantikan akan berkurang khasiatnya. Produk skin care dengan kandungan retinol dan benzoyl peroxide, vitamin A dan vitamin C yang terkandung dalam krim wajah anti-aging dan obat jerawat adalah vitamin yang lemah terhadap panas sehingga bahan aktifnya akan lebih cepat hilang jika terpapar sinar matahari langsung. Sebaiknya simpan produk kecantikan di tempat yang terlindung dari sinar matahari. Jika bepergian dan membawa produk skin care, simpan dalam pouch tertutup.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/38SkzpM

Ganti wadah produk kecantikan
Produk skin care yang terasa kurang higienis dan cenderung boros kalau menggunakan kemasan aslinya misalnya toner, boleh juga diganti ke tempat baru yang dilengkapi pompa atau spray. 

Tidak menggunakan jari tangan
Produk skin care yang dikemas dalam bentuk jar tanpa spatula, seperti moisturizer atau eye cream rentan terkena bakteri dan tidak higienis. Tidak sedikit perempuan yang masih menggunakan jari tangan untuk mengambil produk sebelum diaplikasikan di wajah. Hal tersebut dapat membuat produk skin care mudah terkontaminasi bakteri yang mungkin saja menempel di jari tangan. Solusinya dengan membeli sepatula secara terpisah di toko kencatikan atau toko online. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Mana yang lebih penting krim siang dan krim malam? Ini perbedaannya
Senin, 30 Maret 2020 - 11:49 WIB
Banyak orang yang menggunakan krim wajah untuk menjaga kesehatan dan juga menutrisi kulit. Namun mas...
Kesalahan dalam perawatan rambut
Jumat, 27 Maret 2020 - 09:47 WIB
Memiliki rambut indah tentu jadi keinginan hampir setiap wanita. Namun tak sedikit yang masih belum ...
Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan rambut rontok pada wanita?
Selasa, 24 Maret 2020 - 09:17 WIB
Tidak hanya kecantikan wajah saja yang didamba wanita, tetapi juga memiliki rambut yang sehat dan be...
Pentingkah menggunakan krim malam?
Jumat, 20 Maret 2020 - 11:09 WIB
Krim pagi dianggap penting karena bermanfaat untuk melindungi kulit wajah dari berbagai polusi yang ...
 Awas! jangan gunakan produk kecantikan ini terlalu sering
Rabu, 18 Maret 2020 - 12:54 WIB
Agar terlihat cantik, banyak wanita menggunakan bahan alami maupun produk kecantikan mahal. Namun pr...
Kenali tanda-tanda krim wajah yang berbahaya
Selasa, 10 Maret 2020 - 10:10 WIB
Krim pemutih yang berbahaya memang tidak langsung menunjukkan efek buruk, tetapi bila dihentikan bis...
 Mengenal berbagai minyak alami untuk kecantikan
Rabu, 04 Maret 2020 - 12:27 WIB
Banyak jenis minyak alami yang bermanfaat untuk kecantikan tubuh. Salah satu khasiat yang telah ter...
Cara mudah menggunakan pensil alis untuk pemula
Rabu, 26 Februari 2020 - 11:48 WIB
Salah satu alat makeup yang punya pengaruh besar dalam merias wajah adalah pensil alis. Karena penti...
Hindari hal-hal berikut ini saat sedang menggunakan skincare
Selasa, 18 Februari 2020 - 14:38 WIB
Sebagus apapun merek skincare tetapi jika tidak diaplikasikan dengan benar, maka hasilnya pun tidak ...
Begini cara menjaga agar kulit leher tetap kencang
Jumat, 14 Februari 2020 - 11:08 WIB
Tidak hanya wajah, bagian leher juga membutuhkan perhatian yang sama karena kulit di daerah tersebut...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)