Bagaimana cara agar tak menjadi korban penipuan properti?
Elshinta
Rabu, 29 Januari 2020 - 12:18 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Bagaimana cara agar tak menjadi korban penipuan properti?
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2tPkapB

Elshinta.com - Kasus penipuan properti, mulai dari penipuan uang muka hingga pemalsuan sertifikat masih sering ditemui. Banyak yang tergiur dengan brosur, iming-iming diskon uang muka, hingga skema pembayaran yang dianggap memudahkan. Agar terhindar dari penipuan properti, sebaiknya cek terlebih dulu pengembang dan proyeknya sebelum membeli rumah. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini cara agar terhindar dan tidak menjadi korban penipuan:

Terdaftar
Sebelum membeli rumah, hal pertama yang perlu dipastikan adalah pengembang. Pastikan mereka terdaftar dalam Sistem Registrasi Pengembang atau Sireng di Kementerian PUPR.
Caranya masukkan nama pengembang di website Sireng. Jika namanya tercantum, maka pengembang tersebut telah terdaftar. 

Meskipun nama pengembang tersebut telah terdaftar, tak ada salahnya mengecek ulang legalitasnya. Dengan mencari sertifikat atau surat-surat seperti izin mendirikan bangunan (IMB), pembangunan proyek, serta melihat isi dari Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB).

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/37yZh0s

Periksa identitas 
Jika ingin membeli rumah secara online, maka lakukan beberapa hal untuk memastikan orang yang dihubungi adalah agen properti asli. Cobalah mencari alamat propertinya, nama agen serta kantor agensinya atau alamat email mereka.
 
Salah satu hal yang dilakukan para penipu adalah meng-kopi listing yang sudah ada (dan asli) dari properti yang dijual dan lalu mem-posting listing itu kembali sebagai properti sewaan, dengan kontak mereka tercantum di listingannya. Waspadalah terhadap listing duplikat dengan harga yang berbeda-beda. Dan jangan pernah berikan informasi atau dokumen pribadi, jangan memberikan detail akun bank atau identifikasi personal melalui internet. Lebih penting lagi, jangan pernah memberikan verifikasi kartu kredit kepada siapapun.
 
Keuangan
Pengembang yang memiliki modal terbatas cenderung menunda proyek pembangunannya atau yang lebih buruk, menggunakan material di bawah standar. Untuk itu perlu dicek kondisi finansial sebagai bagian dari investigasi. Kondisi keuangan perusahaan bisa dicek dari laporan bisnisnya. Biasanya mereka yang bekerja di industri media/berita memiliki data lengkap mengenai performa perusahaan besar.

Riwayat proyek
Sangat penting untuk mengetahui riwayat pengembang dari proyek yang pernah diselesaikannya. Opini publik menjadi tolok ukur yang ideal untuk mengetahui hasil kerja pengembang.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/36xLVzZ

Penjelasan brosur dan costumer service tidak sama
Ciri developer tidak benar dapat dilihat dari awal ketika menanyakan detail dari jasa yang ditawarkan. Coba uji kejelasan developer dengan menelepon bagian front line atau customer service. Jika developer ini benar, maka customer service akan menerangkan detail rumah dan keperluan lain sejelas-jelasnya. Pastikan penjelasan yang diberikan masuk akal dan dapat dimengerti.

Kepastian penyelesaian
Pengembang yang kredibel dan bertanggung jawab harus punya kalender konstruksi yang jelas. Mereka juga harus punya modal yang cukup untuk menyelesaikan proyek dalam waktu beberapa tahun ke depan. Ketika peluncuran proyek, pengembang biasanya mengumumkan rencana pembangunan. Mulai dari anggaran keuangan, jumlah unit yang dipasarkan, dan target waktu serah terima. 

Pembayaran
Jika sudah terjadi kesepakatan, pastikan pembayaran ditransfer langsung ke nomor rekening atas nama pengembang. Bukan rekening pribadi, apalagi rekening tenaga pemasarannya. Selain itu, jika pembelian dilakukan dengan KPR, pastikan bahwa pihak bank menyetujui KPR. Jangan melakukan pembayaran uang muka sebelum pihak bank menyetujui.

Harga miring 
Salah satu ciri penipuan rumah oleh developer bodong adalah penawaran harga yang sangat miring. Harga yang murah dapat memengaruhi calon pembeli sehingga sering tidak berpikir panjang untuk mengambil keputusan membeli. Padahal harga properti terus melonjak sebesar puluhan persen tiap tahun.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2GxjEz8

Kredibilitas dan perizinan 
Sebagai calon membeli, wajar bila memastikan dan menanyakan kelengkapan perizinan serta kredibilitas pihak pengembang. Jika seluruh surat perizinan proyek dapat
dipertanggungjawabkan, maka kredibilitas pihak pengembang tak perlu diragukan.

Pastikan area tanah yang akan menjadi lokasi rumah dengan cara memeriksa sertifikat induk atau menanyakan Akta Pemberian Hak Tanggungan dan Sertifikat Hak Tanggungan.
Jika pengembang hanya memberikan legalitas berupa izin lokasi, masih berisiko. Bagaimanapun, bukti sertifikat induk adalah hal yang penting.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Bagaimana membuat rumah agar nyaman dihuni?
Kamis, 26 Maret 2020 - 11:09 WIB
Salah satu faktor yang membuat produktivitas semakin meningkat adalah karena kualitas hidup terpelih...
Ada beragam jenis KPR, manakah yang paling bagus?
Jumat, 13 Maret 2020 - 12:27 WIB
KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah kredit yang digunakan untuk membeli rumah atau untuk kebutuhan k...
Rumah bau tak sedap usai banjir? Coba cara ini
Selasa, 03 Maret 2020 - 10:26 WIB
Mengembalikan rumah ke kondisi aslinya setelah banjir tidaklah mudah. Masalah lain pada rumah setela...
Lakukan cara ini agar rumah cepat bersih setelah banjir
Jumat, 28 Februari 2020 - 11:49 WIB
Membersihkan rumah dari sisa banjir sudah pasti bukan pekerjaan mudah, tapi sebaiknya jangan terlalu...
 Kenali macam-macam penentuan harga properti agar untung
Rabu, 19 Februari 2020 - 11:55 WIB
Kesempatan investasi di sektor properti sepertinya selalu ada potensi. Dalam memilih properti yang l...
 Bagaimana kriteria rumah ideal itu?
Kamis, 06 Februari 2020 - 12:21 WIB
Rumah ideal menjadi dambaan setiap orang. Rumah yang tak hanya nyaman, namun juga dapat meningkatkan...
Bagaimana cara agar tak menjadi korban penipuan properti?
Rabu, 29 Januari 2020 - 12:18 WIB
Kasus penipuan properti, mulai dari penipuan uang muka hingga pemalsuan sertifikat masih sering dite...
Rumah tumbuh, solusi membangun rumah dengan dana minim
Selasa, 14 Januari 2020 - 13:58 WIB
Membangun rumah tumbuh dapat diartikan sebagai proses pembangunan rumah yang dilakukan secara bertah...
Ingin rumah cepat laku terjual, ikuti tips berikut
Jumat, 20 Desember 2019 - 13:58 WIB
Rumah merupakan salah satu aset berharga bernilai tinggi. Setiap tahun harga rumah terus naik dengan...
Apa pentingnya mengurus roya?
Jumat, 13 Desember 2019 - 10:49 WIB
Sejumlah bank menawarkan bunga yang kompetitif untuk menarik para calon pembeli rumah mau mengajukan...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV