Tidak cocok dengan produk skincare? Ini tanda yang akan muncul di kulit
Elshinta
Selasa, 28 Januari 2020 - 14:14 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Sigit Kurniawan
Tidak cocok dengan produk skincare? Ini tanda yang akan muncul di kulit
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2RQ4L04

Elshinta.com - Penggunaan skin care memang bertujuan untuk merawat kulit. Memang tak mudah menemukan produk yang cocok dari banyaknya produk yang ditawarkan. Jangan sampai memaksakan diri membeli skin care yang belum tentu bisa diterima kulit. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut tanda pada kulit bila menggunakan skin care yang tidak cocok:

Kulit panas terbakar 
Apabila setelah menggunakan produk skincare baru, kulit malah terus terasa panas dan seperti tersengat segera hentikan. Efek ini menandakan bahwa mungkin ada alergi terhadap kandungan bahan di dalamnya. Reaksi ini adalah mekanisme pertahanan kulit untuk melindungi diri dari bahan yang tak sesuai atau tak cocok dengan kulit, seperti pewangi, pengawet, atau zat tambahan lainnya. Rasa menyengat biasanya bertahan pada kulit selama sekitar satu menit. Jika rasa ini muncul setiap kali habis menggunakan produk tertentu dan bertahan hingga berhari-hari, sebaiknya hentikan pemakaian terutama bagi yang memiliki kulit sensitif.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/38LGSha

Kulit kering dan mengelupas
Kulit sedikit mengering dan mengelupas saat menggunakan produk skin care baru cukup wajar. 
Tapi jika mengalami kulit kering berlebih hingga mengelupas terutama di sekitar hidung dan di sudut mulut, mungkin karena menggunakan produk jerawat secara berlebihan, seperti retinoid atau benzoil peroksida.

Apalagi jika kulit juga tampak memerah dan terasa perih atau nyeri jika disentuh. Peradangan kulit kronis seperti ini dapat membuat kulit stres dan justru mempercepat penuaan kulit.

Ruam atau melepuh
Setelah berkali-kali menggunakan produk skin care dan ruam tetap muncul adalah tanda kulit tidak cocok. Pengawet, pengharum, dan bahan kimia lainnya pada produk tersebut yang mengiritasi kulit. Sebaiknya tes dulu skincare tersebut di satu area kecil kulit, misalnya punggung tangan, jika muncul ruam dan tanda lainnya artinya produk skin care ini tidak cocok.
 
Penyebab ruam pada kulit adalah karena adanya reaksi alergi yang timbul dari produk yang digunakan. Untuk mempercepat penyembuhan, bisa menggunakan produk-produk yang lebih ringan dan lembut sampai iritasi pada kulit mereda.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2U1JdAo

Kulit gelap
Kemunculan bintik cokelat atau area kulit yang menggelap belum tentu tanda penuaan. Jika ada perubahan pigmentasi, terutama pada tulang pipi, setelah menggunakan produk baru selama beberapa hari hingga seminggu, ini bisa menjadi reaksi alergi yang jarang terjadi pada bahan-bahan tertentu. Segera hentikan dan menunggu kulit untuk menyeimbangkan dirinya sendiri. Sebaiknya, apa pun produk yang digunakan, sebelumnya selalu pastikan untuk menerapkan sunscreen minimal SPF 30 setiap hari, baik saat hujan atau panas untuk memastikan perlindungan penuh pada kulit. 

Gatal
Gatal yang berlebih hingga tak lagi bisa ditahan mungkin mengalami reaksi histamin (alergi) umum terhadap perawatan kulit. Untuk mengetahui produk mana yang menyebabkan rasa gatal, gunakanlah satu per satu kemudian lihat hasilnya. Beri jeda selama 2 sampai 3 minggu untuk melihat kecocokan produk sebelum menggunakan yang baru.

Kulit lebih berminyak 
Jika mendapati kulit tiba-tiba lebih licin atau berminyak dari biasanya, itu bisa menjadi tanda bahwa minyak alami hilang. Kulit secara alami bertindak sebagai penghalang untuk mencegah kotoran dan radikal bebas lainnya di lingkungan. Jika menggunakan produk yang keras atau tidak cukup pelembap, kulit akan menghasilkan lebih banyak minyak. 

Jerawat
Ini merupakan hal yang paling sering terjadi jika menggunakan produk yang tidak cocok. Jika mengalami jerawat di beberapa bagian namun membaik dalam beberapa saat, ini artinya mengalami purging. Ini merupakan pertanda baik karena artinya kulit sedang melakukan detoks yang akan membuat wajah jadi lebih bersih. Namun jika mengalami jerawat yang semakin banyak dan tidak hilang-hilang, segera hentikan pemakaian . 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2vqBrpj

Kulit wajah terasa kencang dan tertarik
Produk skin care yang baik dan cocok untuk kulit wajah tidak seharusnya membuat kulit wajah terasa kencang dan tertarik. Ini biasanya terjadi jika sabun yang dispakai tidak sesuai. Ketika wajah terasa kencang dan tertarik maka kulit terasa akan terasa kering dan pori-pori tampak lebih besar. Untuk mengatasinya, gantilah dengan sabun yang memiliki pH seimbang.

Tidak tampak perubahan 
Jika memakai produk yang katanya bisa mencerahkan atau mengatasi jerawat, tapi ternyata tidak merasakan hasilnya dalam waktu lebih dari satu bulan, itu artinya produk tersebut tidak bekerja dengan baik. Hentikan dang anti dengan produk lainnya.

Breakout
Breakout adalah salah satu tanda bahwa kulit tidak cocok dengan skincare yang digunakan. Breakout seperti timbulnya bercak-bercak merah pada kulit atau timbul benjolan merah bisa menandakan perlu menghentikan produk yang sedang digunakan. Breakout biasanya muncul pada bagian-bagian wajah yang sebelumnya tidak pernah berjerawat. 

Beruntusan
Tanda berikutnya yaitu timbul jerawat yang cukup banyak. Hal ini dikarenakan adanya penyumbatan pori-pori yang disebabkan oleh kandungan skincare, yaitu silikon.


Mata memerah dan perih
Bukan cuma kulit wajah saja, mata juga bisa terkena imbasnya. Biasanya disebabkan karena kandungan pada skincare pada eyecream atau cleanser terlalu banyak mengandung alkohol.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ketahui fakta penting menggunakan sheet mask
Senin, 06 April 2020 - 10:05 WIB
Sheet mask disukai karena praktis digunakan, hanya dengan menempel masker kertas yang terbuat dari k...
Masalah penampilan yang sering dialami wanita
Jumat, 03 April 2020 - 09:09 WIB
Terlihat cantik dan menarik menjadi dambaan wanita hingga rela mengeluarkan banyak uang untuk membel...
Mana yang lebih penting krim siang dan krim malam? Ini perbedaannya
Senin, 30 Maret 2020 - 11:49 WIB
Banyak orang yang menggunakan krim wajah untuk menjaga kesehatan dan juga menutrisi kulit. Namun mas...
Kesalahan dalam perawatan rambut
Jumat, 27 Maret 2020 - 09:47 WIB
Memiliki rambut indah tentu jadi keinginan hampir setiap wanita. Namun tak sedikit yang masih belum ...
Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan rambut rontok pada wanita?
Selasa, 24 Maret 2020 - 09:17 WIB
Tidak hanya kecantikan wajah saja yang didamba wanita, tetapi juga memiliki rambut yang sehat dan be...
Pentingkah menggunakan krim malam?
Jumat, 20 Maret 2020 - 11:09 WIB
Krim pagi dianggap penting karena bermanfaat untuk melindungi kulit wajah dari berbagai polusi yang ...
 Awas! jangan gunakan produk kecantikan ini terlalu sering
Rabu, 18 Maret 2020 - 12:54 WIB
Agar terlihat cantik, banyak wanita menggunakan bahan alami maupun produk kecantikan mahal. Namun pr...
Kenali tanda-tanda krim wajah yang berbahaya
Selasa, 10 Maret 2020 - 10:10 WIB
Krim pemutih yang berbahaya memang tidak langsung menunjukkan efek buruk, tetapi bila dihentikan bis...
 Mengenal berbagai minyak alami untuk kecantikan
Rabu, 04 Maret 2020 - 12:27 WIB
Banyak jenis minyak alami yang bermanfaat untuk kecantikan tubuh. Salah satu khasiat yang telah ter...
Cara mudah menggunakan pensil alis untuk pemula
Rabu, 26 Februari 2020 - 11:48 WIB
Salah satu alat makeup yang punya pengaruh besar dalam merias wajah adalah pensil alis. Karena penti...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV