Wakil Bupati buka Turnamen Alenda Cup 2020 
Elshinta
Sabtu, 25 Januari 2020 - 15:25 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Administrator
Wakil Bupati buka Turnamen Alenda Cup 2020 
Foto: Titik Mulyana/Radio Elshinta

Elshinta.com - Sepakbola menjadi olahraga yang paling menarik perhatian masyarakat Tanah Air. Namun, animo besar rakyat Indonesia terhadap si kulit bundar harus tertahan dengan minimnya prestasi dari Tim Nasional (Timnas) sepakbola pada level senior. 

Untuk menyelesaikan permasalahan itu, pemerintah daerah yang ada di seluruh Indonesia memiliki peran yang penting untuk menghasilkan pesepak bola yang unggul dan handal dengan melakukan pembinaan sejak usia dini, membangun fasilitas latihan yang memadai, mengadakan kompetisi berjenjang secara rutin, dan membangun kerjasama yang baik dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) selaku oraganisasi induk sepakbola di Tanah Air.

Setelah terpilih pada Januari lalu, Gun Gun Gunawan (Wakil Bupati Kabupaten Bandung) resmi dikukuhkan sebagai Ketua Pengurus Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kabupaten Bandung periode 2019-2023, mengatakan pada saat pembukaan turnamen Alenda Cup Alamendah 2020 bahwa pemerintah daerah memiliki peran penting dalam melakukan pembinaan atlet sepakbola sejak dini. 

“Kita selalu berharap pemerintah daerah bisa menjadi fasilitator dalam mengembangkan persepakbolaan yang ada didaerah seperti alamendah ini untuk mencari calon pesepakbola yang unggul dan mumpuni dimasa mendatang,” ujarnya saat menghadiri Pembukaan Alenda Cup Alamendah 2020, Sabtu (25/1), seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Titik Mulyana.

Sementara itu, Kades Alamendah, Awan Rukmawan menambahkan bahwa saat ini fasilitas latihan sepakbola di desanya sangat kurang memadai untuk mendukung perkembangan bibit muda. Untuk itu, peran serta dari pemerintah untuk membangun dan merawat lapangan yang diperuntukan untuk latihan sepakbola sangat penting.

“Infrastruktur ini menjadi salah satu hal yang paling signifikan. Salah satunya adalah yaa Desa Alamendah yang hanya punya 1 lapangan sepakbola dan itu pun tanah carik desa yang layak untuk kegiatan sepakbola. Mulai dari ukuran yang tidak sesuai, kerataan, dan rumput yang jelek bahkan berlubang. Rata-rata kondisi lapangan kami seperti ini. kita selalu berharap pemerintah daerah bisa bekerja sama dengan kami,” imbuhnya.

Dalam penyelenggaraan kompetisi berjenjang yang rutin dilakukan menjadi modal yang bagus untuk perkembangan pesepakbola muda yang rutin diadakan di desanya.

“Sepakbola yang maju biasanya memiliki tata kelola yang baik untuk membina. Kemudian kompetisi dalam berbagai tingkatan juga harus sering dilakukan sebagai salah satu cara untuk membina para pemain muda yang ada,” ungkap Awan.

Pada pembukaan turnamen, Gun gun menyampaikan bahwa peran pemerintah daerah memiliki peranan yang besar untuk ikut mendukung perkembangan sepak bola dengan melakukan pendampingan bersama federasi tingkat provinsi atau pun daerah.

“Kalau mau sepabola maju pemerintah harus banyak berinfestasi melalui pembinaan. Bukan melakukan kegiatan politik melalui sepakbola yang cuma bertujuan untuk tebar pesona,” tutup Ketua Askab Kabupaten Bandung.

Kapolresta Bandung Kombespol Hendra Kurniawan, S.I.K melalui Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq, SH mengatakan pada pengamanan kegiatan pertandingan Alenda Cup sepak bola antar dusun di Desa Alamendah kali ini pihaknya telah menerjunkan regu piket Polsek Ciwidey yang di armadai oleh Kasi Humas Polsek Ciwidey Bripka Ganda dan Bripka Asep Hadiyansyah kolaborasi bersama Babinsa Alamendah Koramil Ciwidey Sertu Tatang, guna mengamankan jalanya kegiatan pertandingan sepak bola antar Dusun di lapangan Desa Alamendah tersebut. 

"Alhamdulilah kegiatan pertandingan sepak bola siang hari ini  berlangsung dengan aman, tertib dan terkendali,” ungkap AKP Ivan.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Persija lumat Geylang 3-1 di laga persahabatan
Senin, 24 Februari 2020 - 06:16 WIB
Persija Jakarta melumat tamunya Geylang International dengan skor 3-1 dalam laga persahabatan yang d...
Sejumlah pertandingan Liga Italia ditunda karena wabah virus corona
Minggu, 23 Februari 2020 - 11:44 WIB
Sejumlah pertandingan sepak bola Serie A di wilayah Italia utara Lombardy dan Veneto tidak akan dima...
Menpora tunggu Liga 1 yang tak lagi molor
Sabtu, 22 Februari 2020 - 11:40 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengapresiasi dan menunggu rencana PT Liga Indo...
Bungkam Persija 4-1, Persebaya juara Piala Gubernur Jatim 2020
Kamis, 20 Februari 2020 - 18:25 WIB
Persebaya Surabaya tampil sebagai juara turnamen sepak bola Piala Gubernur Jawa Timur 2020 setelah p...
Suporter sepak bola antre tiket di GOR Delta Sidoarjo
Kamis, 20 Februari 2020 - 12:26 WIB
Ribuan pendukung sepak bola antre tiket di GOR Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, untuk menyaksikan ...
Neymar salahkan PSG atas kekalahan dari Dortmund
Rabu, 19 Februari 2020 - 17:38 WIB
Neymar menyebut bahwa kesulitan Paris Saint-Germain (PSG) saat menghadapi Borussia Dortmund bisa dis...
Satgas Antimafia bola Jateng janjikan hadiah untuk pelapor
Rabu, 19 Februari 2020 - 17:27 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola Polda Jawa Tengah menjanjikan hadiah bagi masyarakat yang melap...
Satgas Antimafia Bola Polda Jateng siap awasi kompetisi 2020
Rabu, 19 Februari 2020 - 13:47 WIB
Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola Polda Jawa Tengah siap mengawasi pelaksanaan berbagai kompetisi...
Satgas Antimafia Bola selidiki dugaan judi dalam pengaturan skor
Selasa, 18 Februari 2020 - 18:57 WIB
Satgas Antimafia Bola Jilid 3 akan mengembangkan penyelidikan untuk mendalami dugaan keterlibatan ba...
Sejumlah kendaraan dibakar massa jelang laga Persebaya dan Arema
Selasa, 18 Februari 2020 - 16:20 WIB
Sejumlah kendaraan dibakar massa suporter menjelang laga pertandingan semifinal Piala Gubernur 2020 ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)