Hati-hati, konsumen ini kena tipu oknum dealer
Elshinta
Senin, 13 Januari 2020 - 21:12 WIB | Penulis : Angga Kusuma | Editor : Sigit Kurniawan
Hati-hati, konsumen ini kena tipu oknum dealer
Sumber Foto: Deni Suryanti/Radio Elshinta

Elshinta.com - Sekitar 30 orang di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, menjadi korban penipuan dengan modus jual beli sepeda motor. Polisi mengamanan M. Firdaus Iskandar (41) Warga Desa Ngombakan, Kecamatan Polokarto sebagai tersangka dalam kasus ini. Tak tanggung-tanggung total kerugian dari laporan ini mencapai Rp400 juta.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Bambang Yugo Pamungkas mengatakan, modus yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya adalah menjual sepeda motor merek tertentu dengan harga murah, selisih sekitar Rp3 juta dari harga pasaran. Calon korban dijanjikan motor baru dengan harga murah bayar tunai tetapi tidak melalui leasing atau jasa pembiayaan. Korban rata-rata percaya dengan aksi tipu-tipu pelaku dikarenakan tersangka diketahui bekerja sebagai sales salah satu dealer. "Ada 30 korban tetapi yang lapor baru 13 orang, 17 korban lainnya ditunggu laporannya ke Polres Sukoharjo," tegasnya, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Deni Suryanti, Senin (13/1).
 
Bambang Yugo menyebutkan, kasus ini muncul saat ada laporan warga yang ditagih oleh leasing atas pembelian sepeda motor dengan cara kredit, padahal para korban merasa membeli secara tunai. Kecurigaan juga bertambah saat tersangka tidak bisa memberikan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) sebagai bukti kepemilikan. Mirisnya, aksi pelaku ini menyasar saudara-saudaranya sendiri dengan modus sama. Kendaraan dijual ke pembeli dengan cara tunai tetapi tidak dibayarkan ke dealer dan justru berstatus kredit melalui leasing. "Data seluruh korban sudah kami pegang," imbuhnya.

Kasatreskrim Polres Sukoharjo, AKP Nanung Nugroho Indaryanto menambahkan, atas kasus tersebut, pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka tersebut dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan. Ancaman hukuman untuk penggelapan maupun penipuan masing-masing pidana penjara paling lama empat tahun kurungan.

Salah satu korban penipuan Isti Suparmi (40) Warga Desa Bugel, Kecamatan Polokarto mengatakan, membeli tiga unit sepeda motor dari pelaku dengan nilai total Rp57 juta. Dengan munculnya kasus ini, terpaksa dirinya menyicil kendaraan yang dibeli secara cash pada pelaku, dan berharap sepeda motornya tidak disita polisi.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Polisi tangkap empat pelintas batas ilegal asal Timor Leste
Rabu, 25 Maret 2020 - 13:54 WIB
Aparat Kepolisian Resort Malaka menangkap empat pelintas batas asal Timor Leste, yang memasuki wilay...
Janji bisa luluskan Akmil, Mayor gadungan diamankan Tim Danpok Bansus Kodim 0201/BS
Selasa, 24 Maret 2020 - 11:35 WIB
Tim Danpok Bansus Kodim 0201/BS, berhasil mengamankan Arianto seorang pria mengaku berpangkat Mayor ...
Polda Metro Jaya bekuk delapan wartawan gadungan
Senin, 23 Maret 2020 - 19:49 WIB
Sub Direktorat Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya ...
Polres Jakpus tangkap 2 anggota DPRD asal Sulawesi karena narkoba
Minggu, 22 Maret 2020 - 17:17 WIB
Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat menangkap dua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) asa...
Polisi tangkap nelayan perjualbelikan sembilan lumba-lumba secara ilegal
Sabtu, 21 Maret 2020 - 09:39 WIB
Aparat kepolisian di Tulungagung, Jawa Timur menangkap seorang nelayan setempat yang kedapatan membu...
Lagi, 8 orang jadi tersangka penyebar hoaks corona
Jumat, 20 Maret 2020 - 06:52 WIB
Polri kembali menetapkan delapan orang tersangka baru kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoa...
Polisi ciduk wanita sebar hoaks soal ada yang pingsan di PGC karena corona
Kamis, 19 Maret 2020 - 08:21 WIB