Menikmati keindahan obyek wisata Situ Gunung
Elshinta
Selasa, 07 Januari 2020 - 14:07 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Menikmati keindahan obyek wisata Situ Gunung
Obyek Wisata Situ Gunung. Foto: Vivi Trisnavia/elshinta.com.

Elshinta.com - Jembatan gantung (suspension bridge) yang membentang diantara lebatnya hutan kayu damar menjadi pilihan utama saat kita berwisata ke kawasan wisata Situ Gunung yang lokasinya masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gede Pangrango. Jembatan setinggi 150 meter dengan panjang 240 meter memang sangat indah dan instagramable, menyajikan pemandangan landscape yang luar biasa indah, apalagi jika kamu datang di waktu yang tepat, yakni saat sore hari, dengan dihiasi sinar matahari senja, atau saat pagi hari, dimana sinar matahari baru muncul disertai kabut tipis, membawa kamu pada suasana Jurassic World. 

Suspension Bridge Situ Gunung bisa menjadi pilihan praktis untuk mengisi liburan dan berburu foto pemandangan. Lokasinya berada di Cisaat, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Untuk sampai ke obyek wisata ini, tidak terlalu jauh dari Jakarta, apalagi saat ini sudah ada akses jalan tol untuk menghemat waktu perjalanan.  

Untuk masuk ke wisata  Situ Gunung, kamu akan diminta tarif masuk sebesar Rp18.500 perorang. Kemudian untuk masuk ke Suspension Bridge, kamu harus memakai gelang barcode, harga tiket masuknya Rp50.000 perorang sudah termasuk welcome drink, kopi, teh manis, snack rebus dan  jasa instruktur, mereka akan membantu kamu dalam memilih spot dan angle foto yang bagus.  

Tapi kalau kamu ingin bersantai sambil menikmati pemandangan ditemani kopi dan makanan lainnya, ada cafe dengan latar belakang pemandangan indahnya suspension bridge dari kejauhan dan jaring-jaring tali layaknya hammock yang bisa menjadi bagian dari obyek foto.

Suspension Bridge dibangun sebagai penghubung dua bukit yang akan mengantarkan kamu pada air terjun yang indah, Curug Sawer. Demi keamanan, biasanya petugas membatasi jumlah kapasitas orang yang boleh melewatinya. Mereka mengendalikan jumlah orang yang melintas Suspension Bridge. Jumlah orang yang boleh melintasinya hanya 90 orang,  45 orang dari sisi datang, dan 45 orang yang kembali dari ujung seberang.

Setelah melewati jembatan gantung, selanjutnya wisatatawan bisa melihat Curug Sawer atau Air Terjun Sawer. Obyek yang satu ini, pastikan kamu tidak melewatinya. Jangan khawatir, jarak menuju Curug Sawer tidaklah jauh, hanya sekitar 300 meter, dengan trek bebatuan yang sudah ditata rapi, berkelok dan menurun.  

Sepanjang perjalanan menuju Curug Sawer, kamu akan melintasi dua jembatan kecil yang lagi-lagi sangat bagus untuk obyek foto. Sesampai di sebuah dataran kecil, kamu akan melewati satu lagi jembatan kecil, dengan sisi kanan kiri warung-warung makanan yang sudah ditata rapi. Tak jauh dari itu, sebuah pemadangan indah, air terjun  sawer menumpahkan airnya dengan volume besar.   

Sebuah jembatan mirip teras, disediakan bagi wisatawan yang ingin mengabadikan diri dengan latar belakang Curug Sawer benar-benar instagramable. Tapi hati-hati ya, jangan asal berenang di kolam air terjun Curug Sawer, selain curahan airnya sangat besar, konon menurut petugas wisata,  kolamnya sangat dalam, dan ada akar-akar serta bebatuan di dalamnya yang dapat menjebak kaki perenang. Nikmati saja segarnya Curug Sawer dari bebatuan besar di sisi pinggirnya.

Sesudah puas menikmati keindahan Curug Sawer,  kamu bisa menikmati jajanan yang dijual di warung yang sudah tertata rapi  yang berada di areal Curug Sawer.  Harganya makanannya tidak mahal, namun tidak ada salahnya sebelum makan, kamu tanya dulu harga makanan pilihanmu.

Sebelum pulang, sempatkan dulu melihat Situ (Danau) Gunung. Jalan masuk ke Situ Gunung ada disebelah kanan, seberang areal parkir hanya sekitar 700 meter berjalan kaki di atas aspal yang mulus, dengan pemandangan kanan kiri pohon yang rindang. Ada jasa ojek yang siap mengantar kamu yang malas berjalan kaki, tarifnya Rp 50 ribu sekali antar.  

Nah, jika kamu memiliki waktu yang banyak dan masih ingin menikmati panorama wisata Situ Gunung,  bersama keluarga atau teman-temanmu, disisi seberang areal parkir, berjalan sedikit menanjak ada areal camping ground, untuk bisa camping di sana, kamu harus membayar biaya tambahan yakni sebesar Rp32.000 per orang, di luar dari sewa peralatan camping. Dan jika kamu ingin lebih ekslusif, camping nyaman, kamu bisa  memilih areal camp ground yang berada tak jauh dari Suspension Bridge, tentu saja harganya berbeda jauh, karena semua fasilitas sudah disediakan  termasuk makanan. Tertarik? Yuk wisata ke Situ Gunung. (Reporter Elshinta: Vivi Trisnavia)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Budaya patuh terhadap new normal untuk berwisata sehat
Jumat, 18 September 2020 - 14:05 WIB
Menurunnya jumlah kunjungan wisatawan ke Bali karena pandemi berdampak pada pertumbuhan ekonomi Bali...
PSBB, wisata Kepulauan Seribu ditutup sementara
Kamis, 17 September 2020 - 19:47 WIB
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta resmi menutup sementara wisata di wilaya...
Ancol kembali tutup sementara mulai 14 September
Jumat, 11 September 2020 - 21:47 WIB
Manajemen Taman Impian Jaya Ancol akan menutup sementara kawasan wisata pantai, Dunia Fantasi (Dufan...
Wisata Candi Bajang Ratu kembali dibuka, wisatawan pun berdatangan
Kamis, 10 September 2020 - 21:56 WIB
Pandemi virus Covid-19 membuat beberapa destinasi wisata terpaksa ditutup sementara. Tidak terkecual...
Disparbud Langkat ajak kerjasama PTPN-2 kembangkan prasarana destinasi wisata
Kamis, 10 September 2020 - 14:47 WIB
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menyambangi kantor Di...
Wisman ke Indonesia per Juli 2020 mencapai 159,76 ribu orang
Selasa, 01 September 2020 - 18:46 WIB
Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indon...
Bendungan Rentang Majalengka jadi tempat wisata favorit keluarga
Senin, 31 Agustus 2020 - 15:36 WIB
Salah satu bendungan raksasa yang terletak di kawasan utara Majalengka tepatnya di Dusun Rentang, De...
Tingkatkan daya tarik wisata, Kemenparekraf  gelar gerakan BISA di Lumajang
Sabtu, 29 Agustus 2020 - 19:19 WIB
Program Bersih Indah Sehat dan Aman (BISA) yang digulirkan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, untuk ...
Wisatawan tanpa masker dan sakit dilarang masuk Gunung Bromo
Jumat, 28 Agustus 2020 - 20:25 WIB
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Sugen...
Cara aman berwisata di masa Adaptasi Kebiasaan Baru
Jumat, 28 Agustus 2020 - 13:16 WIB
Wajar bila Anda merasa ingin berjalan-jalan dan berwisata di tengah masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AK...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV