Kenali jenis-jenis alas bedak agar tak salah pilih
Elshinta
Jumat, 27 Desember 2019 - 11:10 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Kenali jenis-jenis alas bedak agar tak salah pilih
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2rARVtC

Elshinta.com Suatu riasan wajah tidak akan bisa maksimal kalau tanpa pondasi. Foundation adalah pondasi dari makeup. Menggunakan alas bedak yang tepat merupakan kunci keberhasilan tata rias wajah. Untuk itu jangan sampai salah memilih alas bedak karena bisa membuat riasan wajah tidak menempel secara merata. Selain itu, alas bedak yang tidak sesuai dengan jenis kulit bisa memicu timbulnya komedo dan jerawat.
 
Jenis-jenis foundation bisa dipecah menjadi berdasarkan jenis kulit, material pembuatan, konsistensi, coverage, hingga pengaplikasiannya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adlaah adalah jenis-jenis foundation berdasarkan tekstur jenis kulit: 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2QnWyiT

Sheer foundation
Foundation ini mudah diaplikasikan, ringan, cepat menyatu dengan warna kulit, serta wajah tampak lebih cerah dan bebas minyak. Cocok untuk jenis kulit normal.

Oil based foundation
Karena kandungan minyak yang tinggi, alas bedak ini cocok diaplikasikan pada jenis kulit kering. Kandungan minyaknya selain bermanfaat untuk menghasilkan polesan dasar tata rias yang maksimal, juga berfungsi memberikan kelembapan pada kulit.

Cream foundation
Cream foundation juga cocok diaplikasikan pada jenis kulit kering. Kandungan minyak dan teksturnya yang lembut sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit kering dan normal. Tekstur cream halus yang bermanfaat menyamarkan kerutan halus di wajah.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/39c7mcJ

Matte foundation
Matte foundation memiliki hasil akhir kering sehingga tepat untuk kulit berminyak dan normal. Untuk mengaplikasikannya sebaiknya tipis-tipis saja. Foundation ini mengandung bahan-bahan yang dapat menahan produksi minyak agar tidak berlebihan. Foundation ini juga biasanya oil-free. 

Stick foundation
Alas bedak jenis stick cocok untuk kulit berjerawat. Bentuk stick menyebabkan pamakaian alas bedak ini minim kontak langsung dengan kulit tangan yang kaya kuman, sehingga lebih terjamin kesterilannya. Kelebihan foundation stick adalah dapat menutupi noda pada kulit dengan lebih baik daripada foundation jenis lainnya. 

Stick foundation cocok dipakai oleh orang dengan kulit kering, karena biasanya sudah diberi tambahan kandungan oil sehingga teksturnya creamy. Stick foundation juga bisa dipakai sebagai concealer untuk noda kulit yang lebih besar. 

Liquid foundation
Ada dua macam alas bedak seperti ini yaitu berbahan dasar air yang cocok untuk jenis kulit berminyak karena formulasinya sangat ringan dan liquid foundation yang berbahan dasar minyak untuk jenis kulit kering karena memberi efek melembabkan. Liquid foundation juga yang paling tinggi tingkat coverage dan bisa diaplikasikan dengan apa saja.

Mousse foundation
Mousse foundation, atau dikenal juga sebagai whipped foundation. Alas bedak ini cocok untuk semua jenis kulit dan semua usia. Alas bedak ini memiliki tekstur halus menyerupai busa dan tidak mudah menggumpal walaupun diulaskan dibagian kulit yang sudah berkerut ataupun di daerah lipatan sekalipun. Sehingga memberikan hasil maksimal pada setiap aplikasi. Foundation ini sangat mudah menyatu dengan kulit, makanya jenis foundation ini sering menjadi pilihan para pemula makeup.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2EYjyzC

Two way cake foundation
Two way cake ini merupakan campuran antara foundation dengan bedak biasa. Two way cake lebih banyak bedak dan sedikit foundation. Jenis alas bedak ini bentuknya seperti bedan dan cocok untuk semua jenis kulit. Alas bedak ini bisa digunakan dalam dua bentuk. Jika menginginkan bentuk alas bedak cair, tinggal aplikasikan two way cake dengan kapas basah. Sebaliknya, jika menginginkan hasil yang padat, tinggal aplikasikan two way cake dengan spons kering.

Compact foundation
Compact foundation adalah alas bedak two in one. Ia merupakan gabungan antara alas bedak dan bedak tabur. Bedak ini formulasinya lebih kering sehingga agak kurang bagus diaplikasikan pada kulit kering. 

Tinted moisturizer
Tinted moisturizer lebih tepatnya adalah pelembab wajah yang dilengkapi dengan pigmen (berwarna). Sehingga bisa dijadikan alternatif untuk memberikan kesan warna lebih cokelat pada wajah. Namun, foundation ini tidak bisa menutupi flek wajah dengan baik. Pelembab ini cocok digunakan dan diaplikasikan untuk semua jenis kulit.

Cream foundation
Foundation cream merupakan foundation dengan tingkat coverage paling tinggi dan lebih berpigmen sehingga sering dipakai untuk base make up pengantin. Biasanya cream foundation dikemas dalam packaging toples (jar). Biasanya cream foundation yang di dalam jar bentuknya terbagi menjadi krim agak padat atau krim yang lebih empuk, mendekati tekstur mousse foundation. Tapi ada juga yang kemasannya berbentuk tube, namun biasanya cream foundation mendekati liquid.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/37d8omI

Dewy foundation
Dewy foundation adalah alas bedak dengan hasil akhir seperti basah. Wajah akan terlihat berkilau alami. Jika sudah memakai dewy foundation, tidak perlu menggunakan highlighter banyak-banyak lagi. 

Cushion foundation
Cushion foundation dikemas dalam compact dengan spons basah sebagai container foundation-nya. Cushion foundation dibuat dari perpaduan liquid dan powder foundation. Karena teksturnya basah, foundation ini tidak cocok untuk touch-up.


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa penyebab makeup tidak bisa tahan seharian?
Senin, 28 September 2020 - 11:14 WIB
Umumnya, makeup yang terlihat sempurna itu hanya terjadi di pagi hari atau saat baru menyelesaikan r...
Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Senin, 21 September 2020 - 09:36 WIB
Memakai sunscreen atau tabir surya merupakan hal yang wajib dilakukan agar tetap terlindungi dari si...
Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare baru
Senin, 14 September 2020 - 10:16 WIB
Bagi pemula, tentu juga merasa bingung saat akan mencoba skincare. Banyaknya produk dan tahapan-taha...
 Kesalahan pada rambut yang membuat wajah terlihat lebih tua
Senin, 07 September 2020 - 09:29 WIB
Banyak wanita yang terkadang menyepelekan rambut mereka. Padahal ternyata rambut memberi pengaruh ba...
 Bagaimana cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus?
Senin, 31 Agustus 2020 - 10:45 WIB
Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa digunakan, jika tidak menge...
 Hindari kesalahan ini saat menggunakan bedak
Senin, 24 Agustus 2020 - 10:57 WIB
Sepintas, mengaplikasikan bedak memang tampak mudah. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kesalah...
 Penyebab eyeliner luntur yang perlu dihindari
Senin, 10 Agustus 2020 - 10:31 WIB
Permasalahan eyeliner luntur memang sering dialami para pengguna makeup. Umumnya, eyeliner yang lunt...
Tahapan skin care untuk mendapatkan kulit wajah bersinar
Senin, 03 Agustus 2020 - 09:43 WIB
Seiring bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri kandungan kolagen, elastin dan asam hialuronat dalam...
Kebiasaan tak terduga yang membuat kulit cepat tua
Senin, 27 Juli 2020 - 10:34 WIB
 Ada banyak racun dan partikel yang mudah menguap di lingkungan yang membuat cepat tua. Meskipun ba...
Bahan skincare berikut ini yang membuat kulit wajah bersinar
Senin, 20 Juli 2020 - 08:33 WIB
Memerhatikan komposisi bahan yang ada dalam skincare merupakan kunci dari keberhasilan perawatan kul...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV