MemoRI 25 Desember
Awal mula perayaan Natal 25 Desember
Elshinta
Penulis : Dewi Rusiana | Editor : Administrator
Awal mula perayaan Natal 25 Desember
Natal. Foto: Wikipedia

Elshinta.com - Natal (dari bahasa Portugis yang berarti `kelahiran`) adalah hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani pada tanggal 25 Desember untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. 

Natal dirayakan dalam kebaktian malam pada tanggal 24 Desember, dan kebaktian pagi tanggal 25 Desember. Beberapa gereja Ortodoks merayakan Natal pada tanggal 6 Januari.

Dalam tradisi barat, peringatan Natal juga mengandung aspek non-agamawi. Beberapa tradisi Natal yang berasal dari Barat antara lain adalah pohon Natal, kartu Natal, bertukar hadiah antara teman dan anggota keluarga, serta kisah tentang Santa Klaus atau Sinterklas.

Mengutip Wikipedia, perayaan Natal baru dimulai pada sekitar tahun 200 M di Aleksandria (Mesir). Para teolog Mesir menunjuk tanggal 20 Mei tetapi ada pula pada tanggal 19 atau 20 April. Di tempat-tempat lain, perayaan dilakukan pada tanggal 5 atau 6 Januari, ada pula pada bulan Desember. 

Perayaan pada tanggal 25 Desember dimulai pada tahun 221 oleh sejarawan Khatolik Roma, Sextus Julius Africanus, dan baru diterima secara luas pada abad ke-5. 

Ada berbagai perayaan keagamaan dalam masyarakat non-Kristen pada bulan Desember. Dewasa ini umum diterima bahwa perayaan Natal pada tanggal 25 Desember adalah penerimaan ke dalam gereja tradisi perayaan non-Kristen terhadap (dewa) matahari: Solar Invicti ("Surya yang tak terkalahkan"), dengan menegaskan bahwa Yesus Kristus adalah Sang Surya Agung itu sesuai berita Alkitab (Maleakhi 4:2; Lukas 1:78; Kidung Agung 6:10).

Ada pendapat yang berkata bahwa tanggal 25 Desember bukanlah tanggal hari kelahiran Yesus. Pendapat ini diperkuat berdasarkan kenyataan bahwa pada malam tersebut para gembala masih menjaga dombanya di padang rumput. (Lukas 2:8). Pada bulan Desember tidak mungkin para gembala masih bisa menjaga domba-dombanya di padang rumput sebab musim dingin pada saat tersebut telah tiba jadi sudah tidak ada rumput yang tumbuh lagi. 

Para pendukung tanggal kelahiran bulan Desember berpendapat meski musim dingin, domba-domba tetap tinggal di kandangnya di padang rumput dan tetap dijaga oleh gembala, dan meski tidak ada rumput, padang rumput tetaplah disebut padang rumput.

Ada juga pendapat yang berkata bahwa perayaan Natal bersumber dari tradisi Romawi pra-Kristen, peringatan bagi dewa pertanian Saturnus jatuh pada suatu pekan di bulan Desember dengan puncak peringatannya pada hari titik balik musim dingin (winter solstice) yang jatuh pada tanggal 25 Desember dalam kalender Julian. 

Peringatan yang disebut Saturnalia tersebut merupakan tradisi sosial utama bagi bangsa Romawi. Agar orang-orang Romawi dapat menganut agama Kristen tanpa meninggalkan tradisi mereka sendiri, atas dorongan dari kaisar Kristen pertama Romawi, Konstantin I, Paus Julius I memutuskan pada tahun 350 bahwa kelahiran Yesus diperingati pada tanggal yang sama. Namun pandangan ini disanggah oleh Gereja Ritus Timur, karena Gereja Ritus Timur sudah merayakan kelahiran Yesus sejak abad ke-2, sebelum Gereja di Roma menyatakan perayaan Natal pada tanggal 25 Desember.

Oleh karena itu, ada beberapa aliran Kristen yang tidak merayakan tradisi Natal karena dianggap berasal dari tradisi kafir Romawi, yaitu aliran Gereja Yesus Sejati, Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, kaum Yahudi Mesianik. Saksi-Saksi Yehuwa juga tidak merayakan Natal.

Ada sejumlah naskah kuno yang mencatat bahwa Yesus ditempatkan di rahim Maria tanggal 25 Desember. Penafsiran Kitab Hagai mengindikasikan tanggal itu merupakan tanggal datangnya Yesus ke dalam rahim Maria, yaitu Hagai 2:19-20:

“Perhatikanlah mulai dari hari ini dan selanjutnya--mulai dari hari yang kedua puluh empat bulan kesembilan. Mulai dari hari diletakkannya dasar bait TUHAN perhatikanlah apakah benih masih tinggal tersimpan dalam lumbung, dan apakah pohon anggur dan pohon ara, pohon delima dan pohon zaitun belum berbuah? Mulai dari hari ini Aku akan memberi berkat!”. 

Tanggal 24 bulan ke-9 (Kislew) dalam kalender Yahudi jatuh sekitar tanggal 25 Desember dalam kalender Gregorian.

Meskipun kapan Hari Natal jatuh masih menjadi perdebatan, agama Kristen pada umumnya sepakat untuk menetapkan Hari Natal jatuh setiap tanggal 25 Desember dalam Kalender Gregorian ini, didasari atas kesadaran bahwa penetapan hari raya liturgis lain seperti Paskah dan Jumat Agung tidak didapat dengan pendekatan tanggal pasti namun hanya berupa penyelenggaraan kembali acara-acara tersebut dalam satu tahun liturgi, yang bukan mementingkan ketepatan tanggalnya namun esensi atau inti dari setiap peringatan tersebut untuk dapat diwujudkan dari hari ke hari. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Peringatan dini cuaca Jabodetabek jelang siang hari ini
Rabu, 19 Februari 2020 - 11:46 WIB
Wilayah Jabodetabek berpeluang diguyur hujan hari ini.
Tiga bulan tak digaji, karyawan TTV adukan nasib ke DPRD Tarakan
Rabu, 19 Februari 2020 - 10:45 WIB
Delapan bulan lamanya karyawan Tarakan Televisi atau yang lebih dikenal dengan TTV dirumahkan tanpa ...
Makam putri Karen `Idol` mulai dibongkar untuk autopsi
Rabu, 19 Februari 2020 - 09:36 WIB
Makam putri Karen `Idol` Zefania Carina Claproth mulai dibongkar untuk kepentingan autopsi oleh Satr...
 Hujan ringan hingga sedang diprakirakan basahi Jakarta
Rabu, 19 Februari 2020 - 08:46 WIB
Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan akan mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sek...
Wilayah Jabar berpotensi diguyur hujan hari ini
Rabu, 19 Februari 2020 - 07:38 WIB
Wilayah Jawa Barat berpotensi diguyur hujan pada hari ini, Rabu (19/2).
Peringatan dini cuaca Jabodetabek pagi hari ini
Rabu, 19 Februari 2020 - 07:25 WIB
Wilayah Jabodetabek berpotensi diguyur hujan.
Wilayah Tangsel berawan dan hujan sepanjang hari ini
Rabu, 19 Februari 2020 - 07:15 WIB
Cuaca di wilayah Tangerang Selatan diprakirakan akan berawan dan hujan sepanjang hari ini, Rabu (19/...
Prakiraan cuaca wilayah Banten hari ini
Rabu, 19 Februari 2020 - 07:08 WIB
BMKG memprakirakan wilayah Provinsi Banten akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang...
PDAM Kota Malang terima bantuan dari Pemprop Jatim    
Senin, 17 Februari 2020 - 17:06 WIB
Bantuan dropping air bersih bagi pelanggan yang terdampak pasca gangguan pipa PDAM Kota Malang terus...
Aksi Sigit Prabowo jadi inspirasi, Ombudsman beri penghargaan
Senin, 17 Februari 2020 - 14:28 WIB
Lembaga tinggi negara, Ombudsman RI memberikan penghargaan atas kinerja Dirlantas Polda Metro Jaya, ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)