Ini kesalahan yang bisa terjadi saat membeli kosmetik
Elshinta
Kamis, 19 Desember 2019 - 11:06 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Ini kesalahan yang bisa terjadi saat membeli kosmetik
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/35x14SB

Elshinta.com - Banyaknya pilihan kosmetik seringkali membuat wanita menjadi bingung dan kurang teliti saat berbelanja. Sehingga sering berakhir membeli produk yang sebenarnya tidak dibutuhkan atau kurang sesuai dengan kondisi kulit. 
Bukannya membuat mereka tambah cantik, tapi malah mendatangkan berbagai masalah seperti alergi hingga kerusakan kulit. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini kesalahan ketika memilih dan membeli kosmetik yang sering dilakukan:

Tidak paham jenis kulit sendiri
Setiap orang memiliki kondisi dan jenis kulit yang berbeda-beda. Sebelum membeli produk kosmetik, kenali lebih dulu termasuk dalam jenis kulit apa agar tidak salah memilih produk. Jangan pula hanya ikut-ikutan mencoba produk yang sedang hits atau karena rekomendasi, padahal produk itu tidak cocok. Bukan hasil yang diinginkan, malah kulit bisa menjadi rusak dan semakin bermasalah karenanya.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2S8hqx2

Mencoba di punggung tangan
Cara yang paling sering dilakukan untuk mengetahui shade produk adalah dengan mengoleskan foundation,bedak atau eyeshadow ke punggung tangan. Sebenarnya cara ini hanya akan menunjukkan warna dan tekstur secara sekilas dan tidak benar-benar memperlihatkan warna secara akurat. Sebab punggung tangan memiliki tone yang cukup berbeda dengan kulit wajah. Jika ingin mencoba shade dengan lebih sesuai, aplikasikan tester ke bagian leher atau bawah dagu karena bagian kulit ini memiliki tone yang sama dengan wajah.

Membeli produk kecantikan berharga murah
Banyak wanita yang tertarik dengan harga murah tanpa mengecek terlebih dahulu keaslian produk yang dijual. Hal itu sangat berisiko karena banyak sekali produk kosmetik palsu dari merek-merek terkenal yang beredar di pasaran. Demikian juga jika ingin membeli secara online maka harus teliti memilih tempat membeli/penjual produk kecantikan. Jangan lupa cek pula tanggal kedaluwarsa. Banyak produk kecantikan yang menunjukkan berapa lama akan bertahan setelah kemasan terbuka. 

Selalu cek review dan tips make up tentang produk terkait di internet sebelum benar-benar memutuskan membeli. Cari review dari berbagai orang berbeda namun memiliki jenis kulit yang sama untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produk dari pandangan banyak orang.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2S2QYVL

Terburu-buru memilih lipstik
Saat membeli lipstik, jangan hanya pertimbangkan warna tapi juga aroma, tekstur hingga ketahanan pun tak kalah penting. Setelah mencoba shade yang disukai, lebih baik ulur waktu untuk berbelanja produk yang lain sembari mencoba ketahanan dan kenyamanan lipstik yang ingin dibeli.

Beli produk baru dalam ukuran besar
Wanita sering tergoda untuk membeli produk baru dalam ukuran besar dengan alasan membeli lebih hemat. Hal itu boleh dilakukan jika produk tersebut sudah menjadi andalan dalam jangka waktu tertentu. Tapi jika coba-coba, sebaiknya beli produk versi sample atau travel size agar produk tidak sia-sia bila tidak cocok di kulit. Selain itu harganya tentu jauh lebih terjangkau ketimbang membeli ukuran besar. Jangan pula membeli kosmetik hanya karena suka pada kemasan dan warnanya yang cantik.  

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2PZgSqz

Tidak mengecek kandungan bahan
Kesalahan membeli produk kecantikan yang sering dilakukan selanjutnya adalah memilih produk tanpa mencari tahu kandungannya. Kebanyakan wanita hanya peduli pada merek dan harga dari suatu produk kecantikan saja. Padahal mengetahui bahan kimia yang terkandung di dalam suatu produk kecantikan itu penting. Ada beberapa zat yang pada kosmetik yang dapat menimbulkan reaksi alergi ataupun kerusakan. Luangkan waktu untuk mengecek apakah produk yang akan dibeli mengandung bahan-bahan yang dapat berdampak negatif atau tidak. 

Kurang lama saat mencoba aroma parfum 
Bau yang pertama tercium saat parfum disemprotkan tidak selalu sama dengan bau yang akan tercium ketika parfum dipakai seharian di badan. Untuk mengetahui bau yang paling akurat, coba dengan menyemprotkannya ke tangan lalu biarkan selama beberapa menit hingga mengering. Bau parfum yang telah mengering adalah bau yang paling mencerminkan saat dipakai di badan selama berjam-jam.

Tidak mengecek produk yang sudah dimiliki
Sebelum belanja kosmetik, lihat kembali koleksi produk yang sudah dimiliki dan tentukan mana yang ingin dan tidak ingin dibeli, serta produk-produk apa yang sedang dibutuhkan sekarang. Perhatikan juga produk yang pernah dibeli namun jarang dipakai sehingga tidak perlu membeli produk serupa lagi.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2S7zmb2

Tidak mencoba produk
Saat mendatangi toko kosmetik, biasanya produk tertentu menyediakan contoh produk yang bisa dicoba. Biasanya barang di dalam kemasan bisa saja berbeda saat diaplikasikan. Namun ada beberapa orang terkadang enggan mencobanya. Padahal, ini bisa jadi cara yang tepat untuk menguji produk apakah warna, tekstur, maupun bau dari produk sudah sesuai keinginan atau tidak.  
Ketika sedang mencoba produk, jangan di wajah yang kotor. Mintalah tisu basah pada beauty advisor atau sales untuk membersihkan bagian pada wajah. Produk akan terlihat bagus atau tidak jika diaplikasikan pada wajah yang bersih.

Memilih produk di cahaya lampu yang salah
Pencahayaan pada counter kosmetik biasanya tidak seterang cahaya matahari di luar. Jika ingin membeli foundation, concealer atau powder lebih baik di cahaya yang natural agar terlihat mana yang paling sesuai. Mengandalkan cahaya yang kurang terang menjadi salah satu penyebab kesalahan memilih  shade saat membeli. Selain itu, jangan berasumsi semua brand memiliki warna yang sama untuk setiap produk yang di keluarkan. 


 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Hindari hal-hal berikut ini saat sedang menggunakan skincare
Selasa, 18 Februari 2020 - 14:38 WIB
Sebagus apapun merek skincare tetapi jika tidak diaplikasikan dengan benar, maka hasilnya pun tidak ...
Begini cara menjaga agar kulit leher tetap kencang
Jumat, 14 Februari 2020 - 11:08 WIB
Tidak hanya wajah, bagian leher juga membutuhkan perhatian yang sama karena kulit di daerah tersebut...
Apa saja sih produk kecantikan yang wajib dibawa dalam tas make up?
Rabu, 12 Februari 2020 - 10:57 WIB
Sebagai perempuan, biasanya ada saja produk make up yang siap sedia di dalam tas karena sangat bergu...
Benarkah ciri rambut sehat bisa diketahui dari jumlah rambut yang tumbuh di kepala?
Senin, 10 Februari 2020 - 12:18 WIB
Bagi wanita, selain wajah rambut juga menjadi bagian tubuh yang sangat menunjang penampilan. Bahkan ...
Apa saja bahan berbahaya yang terdapat dalam make up dan skin care?
Senin, 03 Februari 2020 - 12:10 WIB
Bahan berbahaya pada kosmetik dan skin care ini sudah pasti punya dampak buruk pada kulit wajah. Dam...
Bingung menyimpan produk skincare agar tak cepat rusak? Ikuti cara ini
Kamis, 30 Januari 2020 - 11:59 WIB
Beragam produk skincare mempunyai komposisi yang berbeda. Oleh sebab itu cara penyimpanannya pun pas...
Tidak cocok dengan produk skincare? Ini tanda yang akan muncul di kulit
Selasa, 28 Januari 2020 - 14:14 WIB
Memang tak mudah menemukan produk skin care yang cocok dari banyaknya produk yang ditawarkan. Namun ...
Ingin wajah terlihat glowing? Ikuti tips berikut ini
Rabu, 22 Januari 2020 - 11:36 WIB
Karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, tidak semua orang bisa memiliki wajah g...
Begini cara berdandan dengan produk kecantikan tanpa waswas
Jumat, 17 Januari 2020 - 12:30 WIB
Tampil cantik adalah dambaan setiap perempuan karena hal itu bisa membuat mereka lebih percaya diri....
Apa saja kebiasaan yang menjadi penyebab kulit wajah kusam?
Rabu, 15 Januari 2020 - 12:15 WIB
Sebenarnya untuk mengatasi kulit kusam bukan hanya menggunakan produk skin care untuk kulit kusam sa...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)