Kemenpora: Perkembangan MMA di Indonesia pesat
Elshinta
Minggu, 15 Desember 2019 - 17:44 WIB |
Kemenpora: Perkembangan MMA di Indonesia pesat
Sumber Foto: https://bit.ly/34nWXXq

Elshinta.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menilai perkembangan cabang olahraga beladiri tarung bebas atau Mix Martial Arts (MMA) sangat pesat, bahkan beberapa atlet membela Indonesia pada kejuaraan internasional.

"Saya mendapatkan informasi bahwa sekarang ini 300 lebih atlet kita, dan beberapa kemarin yang sudah bermain di SEA Games di cabang-cabang yang terkait dengan ini. Saya punya optimisme dan punya harapan ke depan suatu saat nanti olahraga ini secara resmi akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON)," kata Menpora Zainudin Amali dalam keterangan resminya, Minggu (15/12).

Pada SEA Games 2019, ada dua nama petarung MMA Indonesia yang turun pada kejuaraan dua tahunan itu. Mereka adalah Adrian Matheis dan Priscilla Hertati Lumban Gaol yang turun di cabang olahraga kick boxing. Keduanya menyumbangkan medali perunggu.

Orang nomor satu di Kemenpora itu juga melihat secara langsung perkembangan MMA di Indonesia yang salah satunya laga penutup tahun One Pride Pro Never Quit Fight Night 35 di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Sabtu malam (14/12).

"Saya kira ini olahraga punya harapan ke depan. Saya kaget, terus terang kaget begitu masuk penontonnya banyak gitu ya, apalagi yang nonton di TV karena ini siaran langsung, luar biasa. Jadi saya kira satu upaya dan dedikasi yang luar biasa untuk mengembangkan olahraga ini, dan pemerintah tentu memberikan dukungan penuh, kita mengapresiasi apa yang dilakukan oleh masyarakat seperti ini," katanya menambahkan.

Pada One Pride Pro Never Quit Fight Night 35 ada empat laga yang tersaji. Yusuf Susilo menghadapi Gugun Gusman untuk memperebutkan juara nasional kelas bantam. Yusuf dinyatakan menang oleh wasit setelah Gugun melakukan pelanggaran keras dengan memukul bagian kepala.

"Apabila terjadi pelanggaran dan petarung yang dilanggar tidak bisa meneruskan pertarungan menurut keputusan dokter, petarung yang melakukan pelanggaran dinyatakan kalah diskualifikasi. Sehingga pada pertarungan ini Yusuf Susilo lah yang memenangkan pertarungan." kata Ketua Dewan Juri One Pride Pro Never Quit Fransino Tirta.

Laga International Fight kelas straw, Gunawan Sutrisno berhasil memenangkan duel melawan Sunny Khatri, petarung asal India. Dalam duel ini, Gunawan berhasil menang lewat perhitungan poin. Gunawan tampil agresif dengan serangan-serangan frontalnya. Tak salah juri memberikan kemenangan angka mutlak.

Hendrik Tarigan berhasil memenangkan duel melawan Ananda Wahyu pada partai perbaikan peringkat kelas ringan secara TKO. Selanjutnya pada laga pembuka Adi Rominto Manurung membuka peluang bertarung menantang juara kelas terbang One Pride Pro Never Quit, yaitu Suwardi.

Sementara itu, Ketua Umum KOBI Ardiansyah Bakrie mengaku mengapresiasi dukungan dari Menpora Zainudin Amali. Menurut dia, MMA akan terus dikembangkan dan pada 2020, sudah merencanakan untuk membuka akses luas untuk petarung dari seluruh wilayah Indonesia.

"Mengenai pengembangannya di Indonesia, tentunya teman-teman di sini sudah banyak tahu bahwa KOBI sudah menjadi anggota tetap dari IMMAF (International MMA Federation). Artinya, ini membuka semakin banyak kesempatan bagi para fighter di Indonesia untuk dapat bertarung dan membela nama Indonesia," katanya, demikian Antara. (Anj)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Menpora akan bentuk timnas basket untuk ikuti Piala Dunia FIBA 2023
Selasa, 18 Februari 2020 - 16:43 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan akan segera menindaklanjuti pembentu...
Hamilton dan Messi raih anugerah olahragawan terbaik dunia
Selasa, 18 Februari 2020 - 07:39 WIB
Juara dunia Formula Satu Lewis Hamilton dan penyerang Barcelona Lionel Messi dinyatakan sebagai peme...
Lifter Rizky Juniansyah pecahkan dua rekor dunia remaja di Tashkent
Senin, 17 Februari 2020 - 08:36 WIB
Lifter putra Indonesia Rizky Juniansyah membuat kejutan dengan memecahkan dua rekor dunia remaja saa...
Stadion Utama GBK siap dipakai sirkuit Formula E
Selasa, 11 Februari 2020 - 18:45 WIB
Direktur Utama Pusat Pengelolaan Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) Wiratno menegaskan siap dan men...
Polri pantau persiapan venue di Papua jelang PON XX
Minggu, 09 Februari 2020 - 15:56 WIB
Kabaintelkam Polri Komjen Pol. Agung Budi Maryoto didampingi Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono da...
Korlantas siapkan jajaran amankan pelaksanaan PON XX Papua
Minggu, 09 Februari 2020 - 11:28 WIB
Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol. Kushariyanto mengatakan pihaknya akan mengecek dan mempersiap...
Kapolda Sumut gowes ke Langkat 
Sabtu, 08 Februari 2020 - 11:57 WIB
Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin Siregar, beserta PJU Polda Sumut bersepeda (gowes) ...
Formula E pertimbangkan lokasi baru untuk seri balapan di Jakarta
Jumat, 07 Februari 2020 - 08:55 WIB
Panitia penyelenggara balapan Formula E sedang mencari lokasi baru untuk ePrix pertama di Jakarta se...
PBSI pantau pembinaan atlet lewat sirkuit nasional 2020
Rabu, 05 Februari 2020 - 15:57 WIB
Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akan terus memantau perkembangan pembinaan atlet-atl...
Pemkot Magelang gelar Popda 2020
Selasa, 04 Februari 2020 - 14:48 WIB
Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)