Jangan lupa lakukan perawatan kulit di malam hari
Elshinta
Selasa, 10 Desember 2019 - 11:32 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Jangan lupa lakukan perawatan kulit di malam hari
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/344PhJC

Elshinta.com - Tidur malam yang cukup tidak hanya mampu memelihara kebugaran tubuh serta kesehatan mental, namun ternyata juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Malam hari merupakan waktu yang sangat penting untuk merawat kulit wajah. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut perawatan kulit wajah yang perlu dilakukan sebelum tidur:

Bersihkan wajah
Sebelum mencuci wajah, hapus semua residu make up, kotoran, dan minyak yang menempel dengan menggunakan milk cleanser (susu pembersih) atau bisa juga menggunakan make-up remover. Milk cleanser dapat membuat pori-pori kulit dapat bernapas dengan baik, melembapkan, serta membuat kulit lebih segar dan halus.

Membersihkan wajah sebelum tidur adalah cara paling dasar untuk membantu kulit memaksimalkan proses ini. Bukan hanya itu, membersihkan kulit juga akan membantu mencegah dari masalah-masalah kulit misalnya, jerawat dan gatal-gatal.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/356H6h7

Cuci muka
Wajah yang bersih akan memudahkan bahan-bahan dari produk perawatan kulit lainnya agar terserap lebih optimal. Cuci wajah dengan sabun pembersih yang spesifik menargetkan masalah kulit. Air yang terlalu panas akan mengeringkan kulit, sementara jika terlalu dingin, kotoran yang menempel di wajah mungkin tidak sepenuhnya rontok dan justru menutup pori-pori.

Exfoliate
Membersihkan sisa make up dengan exfoliation alias scrub pengelupasan kulit. Ini berfungsi menghapus semua sisa kotoran dan sel-sel mati yang membandel sehingga memudahkan kerja sabun pembersih nanti untuk menembus lapisan kulit. Exfoliation tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup seminggu sekali saja kecuali untuk kulit sensitif. Jangan terlalu kencang menggosok scrub pada permukaan kulit agar tidak iritasi.

Toner 
Toner adalah cairan yang berbasis air dengan konsistensi seperti cuka yang mengandung bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah-masalah tertentu. Toner sangat penting untuk membantu mengembalikan kadar pH alami kulit agar lebih tahan terhadap bakteri dan mikroorganisme lainnya. Toner juga berguna untuk menenangkan, memperbaiki dan menghaluskan permukaan kulit, juga mengurangi noda dan meminimalkan peradangan atau kemerahan pada kulit.

Masker wajah
Masker wajah bermanfaat untuk membuka pori-pori sehingga bahan aktif menembus dan mudah menyerap ke dalam kulit. Penggunaan masker tidak boleh dibarengi dengan krim malam karena memiliki fungsi yang berbeda. Namun masker wajah sebenarnya tidak wajib untuk dilakukan selama masih rajin menggunakan skincare malam.
 
Penggunaan masker tidak dianjurkan setiap hari, cukup sekali dalam seminggu.Dianjurkan menggunakan masker alami, misalnya masker kunyit untuk kulit berjerawat, masker oatmeal, atau masker baking soda. Beberapa masker juga termasuk aromaterapi, jadi cukup memberi sensasi menenangkan agar tidur nyenyak.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2LG2MsO

Serum wajah
Sebotol serum mengandung sejumlah bahan aktif, dari vitamin hingga antioksidan. Gunanya untuk  mendorong regenerasi kulit, mencerahkan, melawan keriput, jerawat, noda hitam dan hiperpigmentasi, atau rona wajah yang tidak merata. Bahan aktif dalam serum mampu menembus ke bagian terdalam kulit lebih cepat, mudah, dan efisien daripada pelembap wajah biasa.

Krim mata
Krim mata bekerja melindungi dan menghidrasi kulit sekitar mata yang halus. Krim mata diformulasikan dengan kafein, yang mengurangi bengkak, yang meningkatkan kadar air, menjaga kulit agar tidak mengering dan mencegah keriput. 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/349E0HT

Krim malam
Krim malam dapat membantu kulit secara alami memperbaiki diri saat tidur. Saat malam inilah aktivitas metabolik sel kulit mencapai puncaknya. Jadi, menggunakan krim malam dengan bahan aktif yang tepat dapat membantu proses perbaikan alami kulit. Produk yang mengandung antioksidan, peptida, serta vitamin C dan A dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit pada di siang hari.

Pelembab
Pelembab dapat membantu mencegah kulit kering selama tidur di malam hari. Gunakan pelembab berbasis air untuk kulit berminyak dan pelembab berbasis minyak untuk kulit kering.
Tidak hanya itu, pelembab juga bisa membuat kulit terasa lebih kenyal karena telah terhidrasi dengan optimal. Pelembap yang mengandung bahan-bahan alami dapat memberikan manfaat positif dan tanpa risiko.

Perawatan bibir
Langkah ini mungkin sering terlewati para wanita saat melakukan rutinitas perawatan kulit di malam hari karena telalu fokus dengan area wajah. Penggunaan produk perawatan bibir seperti lip mask dapat membuat bibir terhidrasi dengan baik sepanjang malam, terhindar dari kulit kering dan bibir pecah-pecah.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/38xeAYq

Perawatan kulit malam hari bertujuan untuk memperbaiki setiap kerusakan sel-sel kulit akibat polusi, radiasi sinar matahari, dan stres di siang hari, serta untuk melembabkan kulit karena kehilangan lebih banyak cairan tubuh dari kulit saat tidur. Setelah selesai menjalani rangkaian skincare malam, jangan lupa untuk memastikan cukup tidur nyenyak agar kulit bisa bekerja lebih optimal dalam memelihara kesehatannya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Hindari hal-hal berikut ini saat sedang menggunakan skincare
Selasa, 18 Februari 2020 - 14:38 WIB
Sebagus apapun merek skincare tetapi jika tidak diaplikasikan dengan benar, maka hasilnya pun tidak ...
Begini cara menjaga agar kulit leher tetap kencang
Jumat, 14 Februari 2020 - 11:08 WIB
Tidak hanya wajah, bagian leher juga membutuhkan perhatian yang sama karena kulit di daerah tersebut...
Apa saja sih produk kecantikan yang wajib dibawa dalam tas make up?
Rabu, 12 Februari 2020 - 10:57 WIB
Sebagai perempuan, biasanya ada saja produk make up yang siap sedia di dalam tas karena sangat bergu...
Benarkah ciri rambut sehat bisa diketahui dari jumlah rambut yang tumbuh di kepala?
Senin, 10 Februari 2020 - 12:18 WIB
Bagi wanita, selain wajah rambut juga menjadi bagian tubuh yang sangat menunjang penampilan. Bahkan ...
Apa saja bahan berbahaya yang terdapat dalam make up dan skin care?
Senin, 03 Februari 2020 - 12:10 WIB
Bahan berbahaya pada kosmetik dan skin care ini sudah pasti punya dampak buruk pada kulit wajah. Dam...
Bingung menyimpan produk skincare agar tak cepat rusak? Ikuti cara ini
Kamis, 30 Januari 2020 - 11:59 WIB
Beragam produk skincare mempunyai komposisi yang berbeda. Oleh sebab itu cara penyimpanannya pun pas...
Tidak cocok dengan produk skincare? Ini tanda yang akan muncul di kulit
Selasa, 28 Januari 2020 - 14:14 WIB
Memang tak mudah menemukan produk skin care yang cocok dari banyaknya produk yang ditawarkan. Namun ...
Ingin wajah terlihat glowing? Ikuti tips berikut ini
Rabu, 22 Januari 2020 - 11:36 WIB
Karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, tidak semua orang bisa memiliki wajah g...
Begini cara berdandan dengan produk kecantikan tanpa waswas
Jumat, 17 Januari 2020 - 12:30 WIB
Tampil cantik adalah dambaan setiap perempuan karena hal itu bisa membuat mereka lebih percaya diri....
Apa saja kebiasaan yang menjadi penyebab kulit wajah kusam?
Rabu, 15 Januari 2020 - 12:15 WIB
Sebenarnya untuk mengatasi kulit kusam bukan hanya menggunakan produk skin care untuk kulit kusam sa...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)