Ups! Inilah kesalahan-kesalahan saat membentuk alis
Elshinta
Jumat, 06 Desember 2019 - 14:55 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Sigit Kurniawan
Ups! Inilah kesalahan-kesalahan saat membentuk alis
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2r7YDqN

Elshinta.com - Pembentukan alis akan berpengaruh dalam penampilan keseluruhan wajah. Membuat alis harus disesuaikan dengan bentuk wajah. Selain itu alis kanan dan kiri itu tidak sama. Terkadang, alis yang satu lebih tinggi atau lebih tebal. Sebaiknya jangan terlalu terobsesi membentuk alis yang sama persis.

Namun dalam proses membentuk alis sering terjadi kesalahan sehingga hasilnya kurang maksimal. Karena karakter wajah tidak sama antara satu dengan yang lain, sebaiknya tidak perlu meniru bentuk alis dari orang lain. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kesalahan saat membentuk alis yang biasa terjadi: 

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2Rp21rP

Salah pilih warna pensil alis
Memilih warna yang salah Ini adalah masalah yang umum. Banyak orang secara otomatis memilih warna yang terlalu gelap untuk alis mereka padahal warna pensil alis tidak boleh asal-asalan karena berpengaruh pada tampilan wajah seseorang. Warna alis yang terlalu mencolok hanya akan membuat penampilan menjadi aneh. Terlalu berlebihan membuat alis terlalu gelap dan terlalu lancip atau tebal justru membuat alis nampak buruk. 

Menggunakan produk yang sama
Saat baru belajar membentuk alis, mungkin merasa nyaman menggunakan sebuah produk tertentu. Namun, jangan batasi diri dengan hanya menggunakan satu jenis produk saja. Jangan ragu untuk mencampurkan dua bahkan tiga jenis produk alis untuk memaksimalkan tampilan. 

Mencabut alis
Terlalu banyak mencabut alis Inilah kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh wanita saat membuat alis. Tidak masalah mencabut beberapa rambut alis yang nampak menyimpang. Tapi, sebaiknya mintalah bantuan pada ahlinya. Terlalu banyak mencabut alis justru membuatnya menjadi semakin terlihat aneh. 

Mencukur alis 
Berhati-hatilah saat mencukur alis. Seringkali saat mencukur alis, apa yang terlihat hanya sedikit justru sebaliknya. Cukur alis hanya saat memerlukannya dan jangan terlalu keras mencabut. Sedangkan metode waxing biasanya digunakan untuk menghilangkan rambut halus yang tumbuh di sekitar alis. Meskipun hasil yang akan didapat terbilang memuaskan, namun usahakan tidak memilih metode ini saat membentuk alis. Sebab, cara ini hanya akan membuat bentuk alis menjadi bulat dan membuat wajah tampak lebih tua.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/36aEij8

Menggambar dari pangkal
Sebagian wanita menggambar alis mulai dari pangkal. Cara ini tidak tepat. Sebaiknya, mulai menggambar alis dari bagian tengah yang merupakan bagian paling alami dan tebal. 
Selain itu menggambar alis sebelum merias wajah juga tidak dianjurkan. Lebih baik, rias wajah terlebih dulu dengan menggunakan pelembab, alas bedak dan kemudian bedak sebelum menggambar alis. 

Berlebihan memakai eyebrow powder 
Jangan terlalu berlebihan saat memakai eyebrow powder. Untuk mencegahnya, bersihkanlah kuas tersebut secara teratur. Atau bisa juga dengan cara membaurkannya di punggung tangan. Dengan cara ini, alis akan nampak lebih alami.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/38lqDYK

Alis terlalu kotak
Alis yang terlalu kotak hanya akan membuat alis terlihat tidak natural. Jadi ikuti bentuk alis agar tampilannya lebih alami. Pastikan untuk mengarsir alis dengan merata agar tidak terlihat patchy.
Memilih jenis dan ketebalan atau kelunakan pensil alis juga bisa menjadi faktor. Terkadang, kesalahan mudah dibuat di ketebalan yang digambarkan saat membentuk alis. Faktor kuas dan sikat alis juga memberikan dampak signifikan pada ketebalan alis.

Salah cermin 
Untuk urusan alis, baik itu pencabutan atau penggambaran, sebaiknya menggunakan cermin yang normal saja. Jika menggunakan cermin pembesar maka akan merasa bahwa masih banyak rambut alis yang perlu dicabut dan dapat berujung dengan over-plucking atau mencabut dengan berlebihan ketika membentuk alis justru bisa merusak wajah dan membuat penampilan tidak terlihat natural.

Pengarahan cermin merupakan faktor penting dalam membentuk alis. Bila menggunakan cermin yang memberikan pantulan terlalu atau kurang kuat alias tidak pas, hasilnya adalah bayangan yang salah saat membentuk alis. Selain cermin, cahaya yang tepat juga penting agar bayangan wajah terus terlihat jelas sewaktu membentuk alis.

Mengikuti tren
Tren kecantikan memang terus berkembang dari tahun ke tahun, tapi perlu ingat bahwa tidak semua bentuk alis akan cocok di bentuk wajah. Lebih baik, mencari bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajah .
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
 Jenis bedak sesuai dengan fungsinya yang harus dipahami wanita
Senin, 13 Juli 2020 - 09:55 WIB
Dari sekian banyaknya jenis bedak wajah, tidak semua cocok untuk kulit dan kebutuhan. Wanita tidak b...
Tips enyahkan lingkaran hitam di bawah mata
Minggu, 12 Juli 2020 - 15:20 WIB
 Ada lingkaran hitam di bawah mata Anda usai menonton drama semalaman di masa normal baru ini?
Apa saja kosmetik yang wajib dimiliki wanita?
Senin, 06 Juli 2020 - 13:10 WIB
Banyak wanita merasa tidak percaya diri ketika tampil tanpa make up. Wanita membutuhkan makeup untuk...
Hentikan kebiasaan ini agar pori-pori kulit wajah tak tersumbat
Senin, 29 Juni 2020 - 10:32 WIB
Ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan tanpa disadari justru malah menyebab...
 Apa saja kesalahan yang biasa dilakukan saat membersihkan makeup wajah?
Senin, 22 Juni 2020 - 11:05 WIB
Ternyata banyak wanita yang masih salah saat membersihkan riasan wajah. Kesalahan itulah yang membua...
 Ketahui warna undertone kulit, agar tak salah pilih pakaian maupun produk kosmetik
Senin, 15 Juni 2020 - 10:30 WIB
Undertone berbeda dengan warna kulit. Orang yang memiliki warna kulit yang sama belum tentu memiliki...
Skincare dengan kandungan niacinamide ini banyak dipakai para beauty influencer
Rabu, 10 Juni 2020 - 08:30 WIB
Baru-baru ini, dunia skincare digemparkan dengan produk lokal terbaru dengan manfaatnya untuk mencer...
 Kesalahan makeup pada wanita usia 40-an
Senin, 08 Juni 2020 - 11:09 WIB
Perlu siasat tersendiri untuk berdandan ketika wanita sudah memasuki usia 40 tahun. Masalah kerutan ...
 Penyebab rambut lepek bisa dari kebiasaan yang sering tidak disadari
Rabu, 03 Juni 2020 - 10:33 WIB
Ciri rambut lepek yang paling mudah dideteksi adalah kulit kepala berminyak, akar rambut kempes dan ...
Bagaimana memilih krim mata yang aman digunakan?
Selasa, 26 Mei 2020 - 10:30 WIB
Daerah sekitar mata cenderung mengalami masalah akibat beberapa faktor eksternal dan internal. Sebu...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV