Banner imlek 2020
Indonesia-Korsel tanda tangani 3 kerja sama 
Elshinta
Selasa, 26 November 2019 - 07:53 WIB | Penulis : Dewi Rusiana | Editor : Dewi Rusiana
Indonesia-Korsel tanda tangani 3 kerja sama 
Presiden Jokowi dan Presiden Moon Jae-in menyaksikan penandatanganan kerja sama RI-Korsel, usai pertemuan bilateral di Hotel Westin, Busan, Senin (25/11) siang. Sumber foto: https://bit.ly/2OMRCTN

Elshinta.com - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-n di Hotel Westin, Busan, Senin (25/11). 

Ada yang sedikit unik dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi dalam sambutannya memanggil koleganya Presiden Korsel Moon Jae-in dengan panggilan kakak. 

“Terima kasih, kakak saya Yang Mulia Presiden Moon Jae-in, terima kasih atas sambutan yang hangat,” kata Presiden Jokowi mengawali sambutannya, seperti diinformasikan melalui laman resmi Setkab. 

Presiden Jokowi mengaku senang melihat kemajuan hubungan bilateral Indonesia dan RoK (Republic of Korea), termasuk kerja sama yang konkret dari kunjungan kali ini. 

Di tengah situasi sulit seperti ini, Presiden Jokowi menilai, upaya memperkuat kerja sama di antara Indonesia dan Korsel menjadi lebih penting artinya. 

Lebih lanjut, dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyambut baik selesainya perundingan Indonesia Korea Comprehensif Economic Partnership Agreement (IK-CEPA), dan berharap dokumen ini ditandatangani pada awal 2020. 

“IK-CEPA adalah simbol komitmen kedua negara dalam keterbukaan ekonomi dan dalam konteks kawasan meskipun saya berharap dapat ditandatangani tahun depan,” kata Presiden Jokowi. 

Sebelumnya Presiden Korsel Moon Jae-in dalam sambutannya mengaku senang sekali dapat bertemu kembali dengan melihat Presiden Jokowi di Busan, kampung halaman dirinya. 

“Sekali lagi, saya menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Yang Mulia atas pelantikan kembali sebagai Presiden Republik Indonesia,” kata Presiden Moon. 
Presiden Korsel itu meyakini Indonesia akan berkembang lagi secara dinamis di bawah kepemimpinan sifat toleransi Presiden Jokowi. 

Ia juga menilai, di antara negara-negara ASEAN, Indonesia adalah negara satu-satunya menjalin mitra strategis khusus bersama Korsel. 

“Kedua negara telah membangun hubungan bilateral yang lebih erat daripada tahun sebelumnya dan kita setiap tahun mengadakan pertemuan puncak untuk mengembangkan hubungan akrab dan khusus antara kedua negara. Kedua negara telah menjalin menjadi negara yang saling memerlukan dalam kemakmuran bersama,” kata Presiden Moon. 

Tahun lalu, lanjut Moon, jumlah perdagangan Indonesia-Korsel telah mencapai 20 miliar dollar AS. Kini dengan penuntasan final negosiasi IK-CEPA jumlah perdagangan ini, Presiden Moon optimistis akan ditambah lagi. 

Penandatanganan Kerja Sama  

Usai pertemuan bilateral, Presiden Jokowi dan Presiden Moon Jae In menyaksikan tiga penandatanganan kerja sama, yaitu: 

  1. Perjanjian bebas visa dinas dan diplomatik RI – Republik Korea oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Republik Korea Kang Kyung-wha;
  2. Joint Declaration on the Final Conclusion of the Negotiations of the Republic of Korea-Republic of Indonesia Comprehensive Partnership Agreement (IK-CEPA) oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dan Menteri Perdagangan Republik Korea Yoo Myung-hee; dan 
  3. MoU on for Cooperation on the Construction of the  Relocated Capital City, oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan Menteri Infrastruktur dan Transportasi Republik Korea Kim Hyun-mee.  

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam agenda kali ini di antaranya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Menperin Agus Gumiwang, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Mendag Agus Suparmanto, MenpanRB Tjahjo Kumolo, Kepala BKPM Bahlil Lahadahlia, dan Dubes RI untuk Korsel Umar Hadi. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Duh...korban meninggal akibat virus corona bertambah jadi 25 orang
Jumat, 24 Januari 2020 - 11:07 WIB
Virus corona baru telah menewaskan 25 orang di Tiongkok dan menjangkiti lebih dari 800 orang, kata p...
Perawat India di RS Saudi terinfeksi virus corona
Jumat, 24 Januari 2020 - 09:56 WIB
Seorang juru rawat India yang bekerja di sebuah rumah sakit di barat daya Arab Saudi terinfeksi viru...
Virus corona diduga ditularkan melalui sup kelelawar
Jumat, 24 Januari 2020 - 09:18 WIB
Berdasarkan laporan yang diterbitkan oleh Buletin Sains Tiongkok, kelelawar buah diduga sebagai pemb...
Bursa saham Hong Kong ditutup melemah 1,52 persen 
Kamis, 23 Januari 2020 - 18:14 WIB
Bursa saham Hong Kong ditutup lebih rendah pada perdagangan Kamis, dengan indikator utama Indeks Han...
Korut sementara larang turis asing masuk karena virus corona
Rabu, 22 Januari 2020 - 07:51 WIB
Seorang operator tur asing, Selasa (21/1), mengatakan, Korea Utara untuk sementara waktu melarang tu...
Virus China capai AS, Wall Street ditutup jatuh
Rabu, 22 Januari 2020 - 07:14 WIB
Wall Street melemah pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), mundur dari rekor tertingginya ke...
ILO perkirakan berakhirnya penurunan tingkat pengangguran global
Selasa, 21 Januari 2020 - 10:45 WIB
 Tingkat pengangguran global telah stabil setelah menurun selama sembilan tahun sejak krisis. Namun...
PM Mahathir: Jika tak ada perubahan, koalisi hanya satu periode saja
Senin, 20 Januari 2020 - 12:28 WIB
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Senin (20/1) mengatakan koalisinya dapat memerintah satu ...
Tiongkok konfirmasi 139 kasus baru pneumonia selama akhir pekan
Senin, 20 Januari 2020 - 11:18 WIB
Wabah virus korona di Tiongkok menyebar ke sejumlah kota lainnya, menurut otoritas Tiongkok pada Sen...
Badai dahsyat Gloria hantam Spanyol
Senin, 20 Januari 2020 - 10:58 WIB
Badai dahsyat Gloria diiringi dengan angin kencang, hujan lebat dan salju, menghantam sejumlah wilay...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV