Mantap! fitur baru di Google Search Indonesia
Elshinta
Rabu, 20 November 2019 - 09:26 WIB |
 Mantap! fitur baru di Google Search Indonesia
Ilustrasi. Sumber Foto: https://bit.ly/37juXXO

Elshinta.com - Google menghadirkan tiga fitur baru dalam Search atau Penelusuran untuk pengguna di Indonesia, mulai dari memudahkan akses bagi pengguna internet baru hingga alat dan fitur untuk berinteraksi dengan video dan foto.

“Di Google Search, misi kami adalah membantu pengguna menemukan informasi yang relevan ketika mereka membutuhkannya. Produk yang kami miliki dalam Search berfokus pada pengguna baru online,” ujar Product Manager Google Search, Bibo Xu beberapa waktu yang lalu di Jakarta.

  • Fitur terjemahan di Google Go

Xu mengatakan salah satu tantangan terbesar bagi pengguna internet baru adalah bahasa. Menurut dia, kendala bahasa akan membuat mereka kesulitan untuk menemukan konten yang dapat dikonsumsi.

“Jadi karena itulah yang kami lakukan adalah membawa Google Translate langsung ke “topi pencarian” kami untuk Google Go,” kata Xu.

Saat pengguna mencari artikel, kemudian menemukan artikel berbahasa Inggris, kini tersedia pilihan penerjemahan langsung dalam artikel.

Pengguna cukup mengetuk bagian atas atau “topi” artikel di mana sudah tersedia pilihan bahasa untuk diterjemahkan yakni “Inggris, Indonesia, Lainnya.”

Selanjutnya, setelah opsi bahasa penerjemahan dipilih, fitur baru tersebut secara otomatis akan menerjemahkan seluruh halaman.

Tidak hanya itu, Google juga menawarkan fitur pembaca yang memungkinkan pengguna Google Go untuk mendengarkan halaman web.

Ketika sedang dibacakan, kalimat akan ditandai sehingga pengguna dapat mengikutinya.

“Saat Anda dalam perjalanan menuju suatu tempat, membaca menjadi tidak nyaman untuk beberapa pengguna kami, itu juga merupakan tantangan utama. Jadi, Anda sekarang bisa mendengarkannya,” ujar Xu.

Pengguna dapat memanfaatkan fitur terjemahan dan pembaca sekaligus. Pengguna dapat menekan tombol putar suara, dan hasil terjemahan seluruh halaman web akan langsung dibacakan.

  • Key Moments

Google Search kini dapat membantu pengguna menemukan momen-momen penting dalam video tertentu.

“Pengguna sangat menyukai konten visual sehingga itu berarti gambar dan itu berarti video. Sebenarnya, Sekitar 95 persen orang Indonesia online untuk menonton video, yang secara signifikan melebihi Amerika Serikat,” ujar Xu.

“Konten teks dan visual sangat berbeda. Jika Anda melihat pada halaman web, Anda memiliki teks, Anda dapat dengan mudah menemukan informasi yang Anda cari. Tapi, itu sangat sulit dalam video,” lanjut dia.

Lebih lanjut, Xu mengatakan fitur yang dinamai Key Moments itu dapat membuat video menjadi lebih transparan bagi pengguna, dan pengguna dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan dalam video.

Fitur tersebut akan mencantumkan link ke momen-momen tersebut dalam video, berdasarkan penunjuk waktu yang diberikan oleh sang kreator konten di Youtube.

Bagi para kreator yang telah mengunggah videonya ke Youtube, mereka hanya perlu menambahkan penunjuk waktu dalam deskripsi video.

Sementara itu, bagi para partner video lokal lainnya. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menambahkan markup data terstruktur ke konten video.

  • Lens di Google Image Search

Fitur Lens yang kini ada di Google Image Search dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan eksplorasi gambar lebih lanjut.

“Dengan pencarian gambar, apa yang dapat Anda lakukan adalah jika Anda melihat misalnya ruang tamu yang besar ini, tetapi Anda ingin tahu, “di mana saya dapat membeli barang ini“ dengan Lens Anda dapat melihat dengan gepat jenis produk dalam gambar,” kata Xu.

Lebih lanjut, Xu mengatakan pengguna dapat mencari tahu harga, dan bahkan toko yang menjual kursi atau meja dalam foto ruang tamu tersebut.

Contoh lainya, pencarian gambar untuk fesyen sebagai inspirasi berbusana, kini dengan Lens pengguna dapat mengeksplorasi lebih lanjut item fesyen dalam gambar pencarian.

“Jadi, Google kami bergerak menuju informasi visual. Dan Google Translate untuk Google Go adalah sesuatu yang sangat istimewa bagi pengguna dengan cara yang unik,” ujar Xu, demikian Antara. (Anj)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Instagram hapus tombol IGTV di beranda 
Senin, 20 Januari 2020 - 17:25 WIB
Setelah Instagram meluncurkan IGTV pada tahun 2018 lalu, kini Instagram menghapus tombol IGTV yang m...
WhatsApp akan punya fitur stiker animasi
Senin, 20 Januari 2020 - 10:37 WIB
Aplikasi berkirim pesan WhatsApp akan memiliki fitur baru berupa stike animasi, dilihat dari aplikas...
Yahoo luncurkan mesin pencari yang fokus pada privasi
Minggu, 19 Januari 2020 - 12:17 WIB
Verizon baru-baru ini merilis mesin pencari Yahoo OneSearch baru yang ditenagai oleh Microsoft Bing,...
Instagram resmi akan buat DM lewat web
Sabtu, 18 Januari 2020 - 13:59 WIB
Instagram mengumumkan sedang mengembangkan fitur baru agar pengguna bisa mengirim pesan pribadi alia...
Facebook batal pasang iklan di WhatsApp
Jumat, 17 Januari 2020 - 14:36 WIB
Facebook Inc membatalkan rencana untuk memasang iklan di aplikasi berbagi pesan secara cuma-cuma Wha...
Instagram tambah efek Boomerang mirip TikTok
Minggu, 12 Januari 2020 - 21:32 WIB
Media sosial milik Facebook, Instagram, menambah efek Boomerang mirip filter yang disediakan TikTok ...
Twitter temukan kerentanan keamanan pada aplikasi Android
Minggu, 22 Desember 2019 - 13:49 WIB
Twitter mengatakan baru-baru ini telah menemukan dan memperbaiki masalah kerentanan keamanan dalam T...
Google siap ikuti aturan PP 71 soal konten negatif
Sabtu, 21 Desember 2019 - 11:18 WIB
Head of Corporate Communication Google Indonesia, Jason Tedjasukmana mengatakan siap memenuhi Peratu...
Kurangi ketergantungan pada Android, Facebook kembangkan OS sendiri
Jumat, 20 Desember 2019 - 09:37 WIB
Facebook dilaporkan sedang mengembangkan sistem operasinya sendiri yang diharap nantinya dapat mengu...
Instagram beri label untuk konten hoax
Rabu, 18 Desember 2019 - 15:45 WIB
Facebook Inc memperluas pengecekan fakta ke Instagram demi memerangi sebaran misinformasi di platfor...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV