Sebelum menikah, calon pengantin Aceh harus melalui 5 ritual sakral ini
Elshinta
Senin, 18 November 2019 - 13:06 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
Sebelum menikah, calon pengantin Aceh harus melalui 5 ritual sakral ini
Tradisi Tueng Dara Baro. Sumber Foto: https://bit.ly/2QDB2Zt/elshinta.com.

Elshinta.com - Aceh menyimpan tradisi yang kaya akan sejarah dan makna filosofis. Cerminan kekayaan budaya tersebut dapat terlihat dari cara masyarakat Aceh merayakan momen sakral pernikahan. Sama seperti suku lainnya, calon pengantin asli Aceh diharuskan mengikuti serangkaian adat menjelang hari pernikahan.

Mulai dari proses lamaran hingga ijab kabul sarat akan ritual yang menggabungkan nilai religius dan kebudayaan setempat. Tradisi yang dipraktikkan masyarakat Aceh menjelang hari pernikahan bertujuan untuk mengucap syukur sekaligus memanjatkan doa agar kehidupan rumah tangga mempelai kelak selalu dilindungi Tuhan.

Setidaknya, ada 5 ritual yang harus dipraktikkan calon pengantin sebelum menikah, seperti:

Jak Ba Ranub 


Jak ba ranub (sumber:  steemit @amirullah)

Jak ba ranub dapat diartikan sebagai prosesi lamaran pihak laki-laki kepada calon mempelai wanita. Pada acara ini, kedua pihak keluarga saling berkenalan dan merundingkan hal-hal terkait rencana pernikahan. Jika lamaran diterima, pihak laki-laki dapat langsung meminang calon mempelai wanita dengan membawa seserahan, pakaian, hingga perhiasan.

Meugatip

Sebelum melakukan ijab kabul, pihak mempelai pria akan menjemput calon pengantin wanita. Beberapa hari setelah acara pernikahan, barulah dilakukan proses penyambutan pengantin pria oleh pihak keluarga wanita. 

Malam Inai

Pada proses Malam Inai, calon pengantin biasanya akan mengelar acara pengajian yang diikuti dengan upacara tepung tawar dan permohonan restu kepada kedua orang tua. Setelah doa bersama, acara dilanjutkan dengan proses seumono dara baro atau tradisi siraman khas Aceh. Upacara siraman dilakukan oleh pemuka agama, orang tua, dan anggota keluarga dalam jumlah ganjil. Seusai siraman, acara dilanjutkan dengan khatam Alquran.

Wo Linto

Wo Linto merupakan acara puncak yang ditandai dengan penyambutan mempelai pria dan sungkeman pada anggota keluarga. Setelah sungkeman, kedua pengantin akan didudukkan di pelaminan. Ritual Wo Linto dimulai dengan penjemputan keluarga pengantin pria yang diiringi dengan adat berbalas pantun dan upacara tukar sirih oleh kedua pihak keluarga. 

Tueng Dara Baro
 

Tueng Dara Baro (sumber: https://bit.ly/2QDB2Zt)

Upacara ini dilakukan tujuh hari setelah pernikahan. Sama seperti Wo Linto, tradisi ini dimulai dengan upacara tukar sirih. Setibanya di gerbang pintu, pengantin wanita ditaburi bunga rampai, beras padi, dan daun. Selanjutnya, pengantin wanita akan melakukan sungkeman kepada ibu pengantin pria. 

Setelah upacara ini, pengantin wanita diharuskan menginap di kediaman orang tua suaminya selama 7 hari sebelum menjalani kehidupan rumah tangga secara mandiri. Pihak orang tua nantinya akan memberikan perbekalan seperti pakaian, makanan, peralatan rumah tangga, dan uang tambahan.

Itulah beberapa ritual adat Aceh yang digelar pada acara pernikahan. Hingga saat ini, warga Aceh masih setia memegang tradisi tersebut. Ritual adat tersebut tak hanya menjunjung nilai budaya dan historis Aceh, tetapi turut mengedepankan unsur Islami yang kental.

Nilai religius dan budaya tak hanya dimasukkan ke dalam ritual adat pernikahan. Hampir semua tradisi dan ritual adat lainnya memegang nilai-nilai keagamaan yang kental. Anda bahkan masih dapat menemukan tradisi dan ritual adat di kota-kota besar di Aceh. Tak jarang, pada momen peringatan Idulfitri maupun Iduladha, warga setempat menggelar perayaan yang meriah.

Tentu tidak ada salahnya memilih Aceh sebagai destinasi wisata, khususnya jika Anda tertarik pada nilai-nilai budayanya. Sebelum melancong, cari tahu harga tiket pesawat ke Aceh di situs pemesanan online favorit Anda.

Anda dapat memesan tiket Citilink dengan rute Banda Aceh. Untuk informasi harga tiket dan pemesanan, kunjungi situs web Airy. Kemudahan dalam bertransaksi dapat membuat perjalanan Anda semakin menyenangkan.

Airy memprioritaskan keamanan pengguna, jadi tak perlu khawatir akan potensi penipuan. Jangan ragu untuk menghubungi petugas layanan konsumen jika menemukan kendala dalam perjalanan. Dengan Airy, Anda dapat menikmati perjalanan wisata yang lebih nyaman.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pendapatan dari sektor pariwisata di Bojonegoro hingga Agustus 2020 nihil
Jumat, 14 Agustus 2020 - 19:26 WIB
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemkab Bojonegoro Budiyanto mengatakan, pada 2020...
 Digitalisasi kawasan wisata QRIS Pantai Hamadi Jayapura dorong percepatan ekonomi Indonesia 
Senin, 10 Agustus 2020 - 21:24 WIB
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Papua melaunching Digitalisasi Kawasan Wisata Pant...
Gubernur Koster bentuk portal satu pintu pariwisata Bali 
Senin, 10 Agustus 2020 - 16:45 WIB
Gubernur Bali Wayan Koster membentuk portal satu pintu Pariwisata Bali untuk mengintegrasikan kegiat...
 Bulan ini saat tepat lihat sunrise dari Putuk Setumbu
Rabu, 05 Agustus 2020 - 22:12 WIB
Bulan Agustus merupakan saat yang tepat untuk melihat sunrise dari daya tarik wisata Putuk Setumbu B...
Kapasitas SDM tentukan kualitas tata kelola wisata di Kota Magelang 
Rabu, 05 Agustus 2020 - 15:12 WIB
Kualitas tata kelola destinasi pariwisata dan kapasitas masyarakat menjadi poin penting yang perlu d...
Pemkab Karangasem buka Besakih-Taman Ujung di tengah pandemi COVID-19
Jumat, 31 Juli 2020 - 14:12 WIB
Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bali, telah membuka secara bertahap sejumlah kawasan pariwisata di ...
Luhut dukung pemulihan pariwisata Bali
Jumat, 31 Juli 2020 - 13:13 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendukung pemulihan par...
Dishub turunkan harga tiket kapal penumpang ke Kepulauan Seribu 
Kamis, 30 Juli 2020 - 21:55 WIB
Dinas Perhubungan DKI Jakarta menurunkan tarif tiket kapal penumpang dari Dermaga Kaliadem Jakarta U...
Suhu capai 3 derajat Celcius, embun Upas muncul di Gunung Bromo
Kamis, 30 Juli 2020 - 21:13 WIB
Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mulai dilanda suhu ekstrem. Cuaca di kawasan Gun...
Dengan protokol kesehatan ketat, Kebun Raya Gunung Tidar Magelang resmi dibuka
Jumat, 24 Juli 2020 - 20:45 WIB
Kebun Raya Gunung Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah resmi dibuka untuk kunjungan wisata.
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)