Yonif 8 Brigif 4 Mar/BS peringati HUT ke-74 secara sederhana
Elshinta
Jumat, 15 November 2019 - 15:17 WIB | Penulis : Andi Juandi | Editor : Sigit Kurniawan
Yonif 8 Brigif 4 Mar/BS peringati HUT ke-74 secara sederhana
Foto: M Salim/Radio Elshinta

Elshinta.com - Batalyon Infantri 8 Brigif 4 Marinir, gelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Korp Marinir yang ke-74, di lapangan sepak bola Yonif 8 Marinir Tangkahan Lagan, Pangkalan Berandan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Jumat (15/11).

Inspektur Upacara Pasi Ops Mayor (Mar) Afrison Taufik membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Komandan Upacara dipercayakan kepada Lettu (Mar) Tulus Krido Sulistiyo, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, M Salim.

Upacara kali ini dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan Marinir dalam suasana kesederhanaan. Kepada segenap prajurit dan pegawai negeri sipil selamat atas kepercayaan negara dan pimpinan TNI kepada Korps Marinir TNI Angkatan Laut telah menjadi kotama operasi TNI, hingga di usia pengabdiannya yang ke-74 tahun ini.

Korps Marinir selalu berperan aktif dan berhasil dalam berbagai penugasan, keberhasilan tersebut membuat Korps Marinir mendapatkan banyak apresiasi baik dari masyarakat maupun pemerintah, sehingga Korps Marinir dipercaya menjadi salah satu kotama operasi TNI.

Perubahan ini merupakam pendorong bagi Korps Marinir TNI Angkatan Laut untuk terus meningkatkan profesionalitas dalam melaksanakan tugas yang telah diamanatkan, disisi lain kepercayaan ini merupakan tantangan dan amanah yang harus dipertanggungjawabkan dalam medan tugas.

Rentang waktu pengabdian selama 74 tahun bukanlah masa yang singkat. Korps Marinir lahir dalam era revolusi perjuangan bangsa, tumbuh dan besar dalam berbagai pertempuran disetiap palagan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), nama besar Korps Marinir terukir oleh Dharma Bakti yang ditorehkan para pendahulu, dengan pengorbanan jiwa raga dalam menjaga kedaulatan negara Korps Marinir tumbuh di tengah dinamika perjalanan bangsa dengan selalu hadir disetiap peristiwa penting serta ikut berperan dalam menyelesaikan setiap masalah dan persoalan besar bangsa, hingga saat ini keberadaan Korps Marinir TNI Angkatan Laut selalu menjadi bagian penting, sekaligus merupakan kekuatan strategis yang dapat diandalkan oleh negara untuk menjaga tetap tegaknya NKRI.

"Untuk itu tepat kiranya pada peringatan ulang tahun kali ini tema yang diusung adalah: (Profesionalitas, Loyalitas, dan Pengabdian Prajurit Petarung Korp Marinir untuk NKRI)," katanya.

Transformasi KKO AL menjadi Korps Marinir TNI Angkatan Laut merupaka bagian yang tak terpisahkan dari kesuksesan perjalanan bangsa dan negara dalam menghadapi dan melewati tantangan dinamika perkembangan lingkungan strategis yang terjadi, generasi-generasi muda Korps Marinir harus menjawab semua tantangan tersebut dengan cara tidak larut dalam kenangan nama besar, namun terus gigih dalam menunaikan tugas mengukit prestasi serta loyalitas tanpa pernah surut dalam pengabdian pada bangsa dan negara.

"Pada kesempatan yang baik ini juga atas nama TNI Angkatan Laut saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas pengabdian komandan Korps Marinir dari masa ke masa, serta beberapa penekanan supaya agar dipedomi seluruh prajurit Korps Marinir. Tingkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan, sikapi perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, pelihara dan tingkatkan kompetensi, militansi dan naluri tempur, jaga nama baik dan citra Korps Marinir dan TNI Angkatan Laut, dan pertahankan dan tingkatkan terus solidaritas dan sinergitas dengan jajaran TNI-Polri," pungkasnya.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kalsel tingkatkan kolaborasi dan sinergitas untuk memutus mata rantai COVID-19
Senin, 13 Juli 2020 - 18:56 WIB
Bertempat di Rupatama Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) berlangsung Penandatangana...
Diduga ada mafia, OJK blokir 2.591 fintech lending ilegal
Senin, 13 Juli 2020 - 18:49 WIB
Otoritas Jasa Keuangan atau OJK telah memblokir 2.591 fintech lending ilegal atau pinjaman online se...
Wali Kota Malang temui pendemo keringanan UKT di masa pandemi COVID-19 
Senin, 13 Juli 2020 - 17:47 WIB
Aksi demo menuntut keringan Uang Kuliah Tinggal (UKT) atau SPP dimasa pandemi COVID-19 terus berlanj...
Mitra kerja Menkraf RI cairkan bantuan dampak COVID-19 di Lumajang
Senin, 13 Juli 2020 - 17:26 WIB
Alokasikan bantuan sembako yang di bawa anggota DPR RI Komisi X Mohammad Nur Purnamasidi di daerah p...
Nakes Jayapura belum terima bantuan insentif dari Kemenkes
Senin, 13 Juli 2020 - 16:59 WIB
Wali Kota Jayapura Benhur Tomy Mano (BTM) mengatakan hingga kini belum menerima bantuan dari Kemenke...
Kapolda dan Wakapolda Kalsel turun langsung pantau tes Kesamaptaan Jasmani Catar Akpol 2020
Senin, 13 Juli 2020 - 16:28 WIB
Proses tahapan seleksi calon taruna akademi kepolisian (Catar Akpol) tahun 2020 memasuki tahap tes j...
Kerap membegal, Dua TNI gadungan dihadiahi timah panas
Senin, 13 Juli 2020 - 16:15 WIB
Dua orang TNI gadungan dihadiahi timah panas oleh polisi seusai tertangkap basah saat melakukan pemb...
Warga Margahurip pertanyakan kriteria jalur zonasi di SMPN 2 Banjaran Kabupaten Bandung 
Senin, 13 Juli 2020 - 15:55 WIB
Warga Kampung Kebon Kalapa Desa Margahurip, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menda...
Satgas Yonif 125 lakukan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker di gereja
Senin, 13 Juli 2020 - 15:24 WIB
Untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19, kita dituntut untuk melakukan berbagai u...
Pastikan percepatan tanam, Mentan serukan jajarannya turun ke lapangan
Senin, 13 Juli 2020 - 14:57 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta agar seluruh jajarannya, khususnya eselon I p...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV