Itinerary Malang dua malam untuk backpacker
Elshinta
Sabtu, 09 November 2019 - 08:11 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
Itinerary Malang dua malam untuk backpacker
Alun-alun Malang (Sumber foto: www.malang-guidance.com)

Elshinta.com - Malang, Jawa Timur menjadi salah satu destinasi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari daerah lain karena sektor pariwisatanya yang apik. Selain itu, biaya hidup yang relatif murah di Kota Apel juga menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi para backpacker.

Nah, kalau kamu termasuk kelompok traveler yang ingin mengeksplorasi Malang dengan bujet terbatas dan bingung menentukan tempat mana yang sebaiknya dikunjungi, jangan khawatir. Berikut adalah contoh itinerary dua hari sederhana saat mengeksplorasi Malang yang dapat kamu tiru.

Jadwal Kedatangan Pagi 

(Sumber foto: www.travelstaid.com) 

Pilih jadwal kereta yang sampai di Malang pada pagi hari. Mengapa pagi? Sebab hal ini memungkinkanmu jadi punya lebih banyak waktu untuk bereksplorasi. Mengingat biasanya penginapan baru dapat memproses check in selepas pukul 12 siang, kamu jadi punya banyak waktu untuk menjelajahi sekaligus sarapan khas di Malang.

Namun tak hanya kereta, pesawat juga bisa jadi alternatif yang lebih memungkinkan bila kamu berasal dari kota yang jauh. Tenang saja, ada banyak pilihan harga tiket murah yang menawarkanmu terbang dengan lebih hemat.

Sarapan
Pecel menjadi menu yang tak pernah salah untuk sarapan. Kalau mau yang khas (dan ekonomis), kamu bisa pilih beberapa warung pecel legendaris dan populer seperti Pecel Kawi (Jalan Kawi), Pecel Bu Susi Pojok Sempu (Jalan Sempu), Nasi Pecel Mustika (Jalan Rajekwesi), dan Pecel Pincuk Berkah (Jalan Letjend S. Parman). Keempatnya berlokasi masih di sekitar pusat kota.

Menjelajahi Kota
Dalam rentang waktu setelah sarapan dan sebelum check in, eksplor saja dulu tempat-tempat yang ada di daerah kota agar fisik tak terlalu payah. Seperti contoh, kamu bisa berkunjung ke kawasan Ijen Boulevard yang menjadi salah satu ikon Kota Malang.
Selain itu, ada sederet referensi objek wisata murah dalam kota yang bisa kamu kunjungi. Sebut saja Museum Brawijaya, Museum Tempo Doeloe, Museum Mpu Purwa, Kampung Topeng, Kampung Warna-Warni, dan masih banyak lainnya. Pastikan kamu juga punya cukup banyak informasi sebelum berangkat, ya!

Check In di Siang Hari
Hilangkan penatmu setelah perjalanan dengan beristirahat singkat di hotel setelah check in. Namun mengingat singkatnya waktu dan banyaknya tempat yang menanti untuk dikunjungi, jangan terlalu lama menghabiskan waktu di penginapan, ya.

Wisata Malam 
Aktivitas ini sebenarnya tergantung dari preferensimu. Bila ingin yang santai, kamu bisa pergi menikmati kafe dan resto yang ada di kawasan kota seperti sepanjang Jalan Soekarno Hatta, Jalan Semeru, Jalan Bromo, Jalan Jakarta, Jalan Bandung, dan sekitarnya.

Menjelajahi Malang Selatan atau Batu

Alun-alun Malang (Sumber foto: www.malang-guidance.com)

Keesokan harinya, kamu bisa pergi ke kawasan Malang Selatan yang punya banyak tempat wisata alam apik. Mulai dari pantai hingga air terjun, wilayah ini punya puluhan objek terbaik yang dapat kamu singgahi seperti Pantai Ngliyep, Pulau Sempu, Pantai Balekambang, Coban Talun, Coban Pelangi, dan lain-lain. Biaya masuk ke tempat-tempat ini pun murah, rerata berkisar mulai 10 hingga 20 ribu.

Namun jika kamu menyukai kegiatan yang lebih santai seperti berkunjung ke taman bermain, Batu bisa jadi kawasan yang dapat dikunjungi. Kamu bisa menghabiskan waktu seharian menjelajahi beragam destinasi wisata yang lebih modern di kabupaten ini.

Nah, itulah contoh itinerary ke Malang selama dua hari bagi backpacker. Tak lupa, untuk menghemat, kamu bisa menggunakan jasa sewa motor untuk mengeksplorasi kota ini. Rerata harga yang ditawarkan untuk penyewaan motor selama 24 jam adalah 50 hingga 70 ribu rupiah.

Oh ya, meski judulnya ‘backpacker’, pesawat bukan berarti jadi opsi yang harus dicoret, ya. Airy mempuyai banyak promo penerbangan menuju Malang seperti harga tiket pesawat Lion Air yang lebih ekonomis maupun maskapai lain sesuai daerah keberangkatan. Selain itu, Airy juga siap membantumu untuk melakukan reschedule atau refund dengan mudah bila terjadi kendala perjalanan. 

Jadi, siap ke Malang dengan hemat bersama Airy?
 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Budaya patuh terhadap new normal untuk berwisata sehat
Jumat, 18 September 2020 - 14:05 WIB
Menurunnya jumlah kunjungan wisatawan ke Bali karena pandemi berdampak pada pertumbuhan ekonomi Bali...
PSBB, wisata Kepulauan Seribu ditutup sementara
Kamis, 17 September 2020 - 19:47 WIB
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta resmi menutup sementara wisata di wilaya...
Ancol kembali tutup sementara mulai 14 September
Jumat, 11 September 2020 - 21:47 WIB
Manajemen Taman Impian Jaya Ancol akan menutup sementara kawasan wisata pantai, Dunia Fantasi (Dufan...
Wisata Candi Bajang Ratu kembali dibuka, wisatawan pun berdatangan
Kamis, 10 September 2020 - 21:56 WIB
Pandemi virus Covid-19 membuat beberapa destinasi wisata terpaksa ditutup sementara. Tidak terkecual...
Disparbud Langkat ajak kerjasama PTPN-2 kembangkan prasarana destinasi wisata
Kamis, 10 September 2020 - 14:47 WIB
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, menyambangi kantor Di...
Wisman ke Indonesia per Juli 2020 mencapai 159,76 ribu orang
Selasa, 01 September 2020 - 18:46 WIB
Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indon...
Bendungan Rentang Majalengka jadi tempat wisata favorit keluarga
Senin, 31 Agustus 2020 - 15:36 WIB
Salah satu bendungan raksasa yang terletak di kawasan utara Majalengka tepatnya di Dusun Rentang, De...
Tingkatkan daya tarik wisata, Kemenparekraf  gelar gerakan BISA di Lumajang
Sabtu, 29 Agustus 2020 - 19:19 WIB
Program Bersih Indah Sehat dan Aman (BISA) yang digulirkan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, untuk ...
Wisatawan tanpa masker dan sakit dilarang masuk Gunung Bromo
Jumat, 28 Agustus 2020 - 20:25 WIB
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo Sugen...
Cara aman berwisata di masa Adaptasi Kebiasaan Baru
Jumat, 28 Agustus 2020 - 13:16 WIB
Wajar bila Anda merasa ingin berjalan-jalan dan berwisata di tengah masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AK...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV