Sudah tahu belum? Ini loh macam-macam kuas make up dan fungsinya
Elshinta
Kamis, 07 November 2019 - 13:16 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Sudah tahu belum? Ini loh macam-macam kuas make up dan fungsinya
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2PTys0Q

Elshinta.com - Ternyata banyak perempuan yang masih bingung melihat begitu banyak jenis kuas kosmetik atau brush make up. Selain bentuknya yang beragam, masing-masing kuas kosmetik tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Pentingnya mengetahui kegunaan kuas agar make up menjadi lebih rapi, flawless, merata dan tahan lama. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini kegunaan dari masing-masing kuas make up:
 
Powder brush
Fungsinya untuk mengaplikasikan bedak pada wajah. Ujung bulunya cenderung menebal atau cembung, dengan fungsi sebagai pembauran dari alas bedak (foundation), contouring, dan bedak itu sendiri.
Bedak yang digunakan dapat berbasis padat (compact) atau tabur. Berdasarkan ketebalan bulunya, powder brush ini ada 3 varian, yakni large, medium, dan small powder brush.
 
Sponge applicator
Kuas ini berbentuk spons. Fungsinya adalah sebagai aplikator guna membubuhkan eyeshadow pada kelopak mata. Karena kuas ini rentan maka dalam penggunaannya harus secara lembut demikian juga dengan perawatannya.
 
Angled contour brush
Bentuk kuas ini asimetris, cenderung miring ke satu sisi, dan meruncing pada bagian ujungnya. Biasanya digunakan untuk membuat kontur pada tulang pipi, area rahang, dan garis dahi agar terlihat tirus.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2ClI3Wd
 
Foundation brush
Bentuknya pipih dan memiliki jenis bulu lebih keras dari pada kuas-kuas lainnya dan berbentuk pipih dengan ujung bulu yang mencembung.
Kuas ini sangat tepat untuk mengaplikasikan jenis kosmetik yang berbasis cair maupun krim seperti liquid foundation, creamy foundation, hingga BB atau CC cream.
 
Concealer brush
Jenis bulu kuas ini mirip dengan kuas foundation. Bedanya bentuk yang lebih panjang, kecil dan ujungnya meruncing. Cocok dipakai untuk menyamarkan noda-noda di wajah, misalnya lingkaran gelap di bawah mata, jerawat, bekas jerawat, hingga tanda kelahiran.
 
Eye shadow brush
Kuas ini berbentuk pipih dengan ujung bulu mencembung. Kuas ini berfungsi sebagai pembentuk sudut mata, digunakan dalam mengaplikasikan eye shadow.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/32qcOEa
 
 
Blending brush for eyeshadow
Berbentuk oval dan berukuran kecil, sehingga cocok untuk membaurkan warna-warna eyeshadow supaya gradasi pencampurannya tampak lembut dan lebih natural.
 
Angled eyeliner brush
Berbentuk asimetris di satu sisi, dan memiliki tekstur lebih keras, Biasanya digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner yang berjenis gel maupun membuat garis dari bubuk eyeshadow.Untuk mengaplikasikan eyeliner bubuk, basahi brush ini dan bila ingin mengaplikasikan eyeliner cair, gunakan kuas ini dalam keadan kering.
 
Precise eyeliner brush
Kuas ini berbentuk sangat kecil dan tipis, dengan ujung yang lebih lancip. Fungsinya adalah untuk membuat garis eyeliner berukuran kecil atau tipis secara tepat.
 
Lash brow brush
Kuas ini identik dengan nama sikat alis ini memiliki dua sisi dengan fungsi berbeda. Pada sisi yang berbentuk sisir mini, fungsinya adalah untuk mempersiapkan bulu mata sebelum diaplikasikan maskara, dan juga dapat berfungsi memperbaiki gumpalan maskara pada bulu mata. Sedangkan sisi lain yang berbentuk sikat kecil, biasa dipakai untuk menyisir bulu alis sebelum menggambar alis.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2oYGTwW
 
Angled brow brush
Memiliki ujung bulu kuas meruncing dan miring berfungsi mengaplikasikan warna alis sekaligus merapikannya sehingga terlihat natural.Angled brow brush juga dipakai untuk mengaplikasikan alis dalam bentuk powder.
 
Fan brush
Berbentuk seperti kipas dengan ketebalan bulu yang pipih dan melebar. Sedangkan fungsinya berbeda-beda tergantung ukurannya. Ukuran kecil atau medium biasanya digunakan untuk mengaplikasikan highlighter pada bagian tulang pipi bagian atas.
Bentuk lebar dan besar berfungsi sebagai finishing make up, membersihkan eyeshadow yang hancur dengan cepat. Merapikan bronzer, perona pipi dan bedak tabur yang tak rata dan terlalu tebal.
 
Blush brush
Brush brush merupakan kuas yang berfungsi untuk mengaplikasikan blush on pada wajah agar lebih merata. Biasnya bentuk gagangnya lebih langsing daripada powder brush, dan ketebalannya pun lebih minim.
 
Lip brush
Bentuknya yang tipis dengan jenis bulu sedikit kasar atau keras, dan memiliki ujung lancip. Lip brush digunakan untuk mengaplikasikan lipstik palette atau lipstik matte agar dapat dibentuk sesuai dengan selera.
 
Kabuki brush
Bentuknya imut dengan tungkai yang pendek. Digunakan untuk menyapukan bedak atau perona pipi. Memberikan kesan air brush pada wajah. Riasan wajah akan terlihat lebih rata dan halus.
 
 
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Hindari hal-hal berikut ini saat sedang menggunakan skincare
Selasa, 18 Februari 2020 - 14:38 WIB
Sebagus apapun merek skincare tetapi jika tidak diaplikasikan dengan benar, maka hasilnya pun tidak ...
Begini cara menjaga agar kulit leher tetap kencang
Jumat, 14 Februari 2020 - 11:08 WIB
Tidak hanya wajah, bagian leher juga membutuhkan perhatian yang sama karena kulit di daerah tersebut...
Apa saja sih produk kecantikan yang wajib dibawa dalam tas make up?
Rabu, 12 Februari 2020 - 10:57 WIB
Sebagai perempuan, biasanya ada saja produk make up yang siap sedia di dalam tas karena sangat bergu...
Benarkah ciri rambut sehat bisa diketahui dari jumlah rambut yang tumbuh di kepala?
Senin, 10 Februari 2020 - 12:18 WIB
Bagi wanita, selain wajah rambut juga menjadi bagian tubuh yang sangat menunjang penampilan. Bahkan ...
Apa saja bahan berbahaya yang terdapat dalam make up dan skin care?
Senin, 03 Februari 2020 - 12:10 WIB
Bahan berbahaya pada kosmetik dan skin care ini sudah pasti punya dampak buruk pada kulit wajah. Dam...
Bingung menyimpan produk skincare agar tak cepat rusak? Ikuti cara ini
Kamis, 30 Januari 2020 - 11:59 WIB
Beragam produk skincare mempunyai komposisi yang berbeda. Oleh sebab itu cara penyimpanannya pun pas...
Tidak cocok dengan produk skincare? Ini tanda yang akan muncul di kulit
Selasa, 28 Januari 2020 - 14:14 WIB
Memang tak mudah menemukan produk skin care yang cocok dari banyaknya produk yang ditawarkan. Namun ...
Ingin wajah terlihat glowing? Ikuti tips berikut ini
Rabu, 22 Januari 2020 - 11:36 WIB
Karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, tidak semua orang bisa memiliki wajah g...
Begini cara berdandan dengan produk kecantikan tanpa waswas
Jumat, 17 Januari 2020 - 12:30 WIB
Tampil cantik adalah dambaan setiap perempuan karena hal itu bisa membuat mereka lebih percaya diri....
Apa saja kebiasaan yang menjadi penyebab kulit wajah kusam?
Rabu, 15 Januari 2020 - 12:15 WIB
Sebenarnya untuk mengatasi kulit kusam bukan hanya menggunakan produk skin care untuk kulit kusam sa...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)