Sudah tahu belum? Ini loh macam-macam kuas make up dan fungsinya
Elshinta
Kamis, 07 November 2019 - 13:16 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Sudah tahu belum? Ini loh macam-macam kuas make up dan fungsinya
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2PTys0Q

Elshinta.com - Ternyata banyak perempuan yang masih bingung melihat begitu banyak jenis kuas kosmetik atau brush make up. Selain bentuknya yang beragam, masing-masing kuas kosmetik tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Pentingnya mengetahui kegunaan kuas agar make up menjadi lebih rapi, flawless, merata dan tahan lama. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini kegunaan dari masing-masing kuas make up:
 
Powder brush
Fungsinya untuk mengaplikasikan bedak pada wajah. Ujung bulunya cenderung menebal atau cembung, dengan fungsi sebagai pembauran dari alas bedak (foundation), contouring, dan bedak itu sendiri.
Bedak yang digunakan dapat berbasis padat (compact) atau tabur. Berdasarkan ketebalan bulunya, powder brush ini ada 3 varian, yakni large, medium, dan small powder brush.
 
Sponge applicator
Kuas ini berbentuk spons. Fungsinya adalah sebagai aplikator guna membubuhkan eyeshadow pada kelopak mata. Karena kuas ini rentan maka dalam penggunaannya harus secara lembut demikian juga dengan perawatannya.
 
Angled contour brush
Bentuk kuas ini asimetris, cenderung miring ke satu sisi, dan meruncing pada bagian ujungnya. Biasanya digunakan untuk membuat kontur pada tulang pipi, area rahang, dan garis dahi agar terlihat tirus.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2ClI3Wd
 
Foundation brush
Bentuknya pipih dan memiliki jenis bulu lebih keras dari pada kuas-kuas lainnya dan berbentuk pipih dengan ujung bulu yang mencembung.
Kuas ini sangat tepat untuk mengaplikasikan jenis kosmetik yang berbasis cair maupun krim seperti liquid foundation, creamy foundation, hingga BB atau CC cream.
 
Concealer brush
Jenis bulu kuas ini mirip dengan kuas foundation. Bedanya bentuk yang lebih panjang, kecil dan ujungnya meruncing. Cocok dipakai untuk menyamarkan noda-noda di wajah, misalnya lingkaran gelap di bawah mata, jerawat, bekas jerawat, hingga tanda kelahiran.
 
Eye shadow brush
Kuas ini berbentuk pipih dengan ujung bulu mencembung. Kuas ini berfungsi sebagai pembentuk sudut mata, digunakan dalam mengaplikasikan eye shadow.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/32qcOEa
 
 
Blending brush for eyeshadow
Berbentuk oval dan berukuran kecil, sehingga cocok untuk membaurkan warna-warna eyeshadow supaya gradasi pencampurannya tampak lembut dan lebih natural.
 
Angled eyeliner brush
Berbentuk asimetris di satu sisi, dan memiliki tekstur lebih keras, Biasanya digunakan untuk mengaplikasikan eyeliner yang berjenis gel maupun membuat garis dari bubuk eyeshadow.Untuk mengaplikasikan eyeliner bubuk, basahi brush ini dan bila ingin mengaplikasikan eyeliner cair, gunakan kuas ini dalam keadan kering.
 
Precise eyeliner brush
Kuas ini berbentuk sangat kecil dan tipis, dengan ujung yang lebih lancip. Fungsinya adalah untuk membuat garis eyeliner berukuran kecil atau tipis secara tepat.
 
Lash brow brush
Kuas ini identik dengan nama sikat alis ini memiliki dua sisi dengan fungsi berbeda. Pada sisi yang berbentuk sisir mini, fungsinya adalah untuk mempersiapkan bulu mata sebelum diaplikasikan maskara, dan juga dapat berfungsi memperbaiki gumpalan maskara pada bulu mata. Sedangkan sisi lain yang berbentuk sikat kecil, biasa dipakai untuk menyisir bulu alis sebelum menggambar alis.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2oYGTwW
 
Angled brow brush
Memiliki ujung bulu kuas meruncing dan miring berfungsi mengaplikasikan warna alis sekaligus merapikannya sehingga terlihat natural.Angled brow brush juga dipakai untuk mengaplikasikan alis dalam bentuk powder.
 
Fan brush
Berbentuk seperti kipas dengan ketebalan bulu yang pipih dan melebar. Sedangkan fungsinya berbeda-beda tergantung ukurannya. Ukuran kecil atau medium biasanya digunakan untuk mengaplikasikan highlighter pada bagian tulang pipi bagian atas.
Bentuk lebar dan besar berfungsi sebagai finishing make up, membersihkan eyeshadow yang hancur dengan cepat. Merapikan bronzer, perona pipi dan bedak tabur yang tak rata dan terlalu tebal.
 
Blush brush
Brush brush merupakan kuas yang berfungsi untuk mengaplikasikan blush on pada wajah agar lebih merata. Biasnya bentuk gagangnya lebih langsing daripada powder brush, dan ketebalannya pun lebih minim.
 
Lip brush
Bentuknya yang tipis dengan jenis bulu sedikit kasar atau keras, dan memiliki ujung lancip. Lip brush digunakan untuk mengaplikasikan lipstik palette atau lipstik matte agar dapat dibentuk sesuai dengan selera.
 
Kabuki brush
Bentuknya imut dengan tungkai yang pendek. Digunakan untuk menyapukan bedak atau perona pipi. Memberikan kesan air brush pada wajah. Riasan wajah akan terlihat lebih rata dan halus.
 
 
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Apa penyebab makeup tidak bisa tahan seharian?
Senin, 28 September 2020 - 11:14 WIB
Umumnya, makeup yang terlihat sempurna itu hanya terjadi di pagi hari atau saat baru menyelesaikan r...
Selain wajah, mengapa bagian tubuh ini juga wajib dioleskan sunscreen?
Senin, 21 September 2020 - 09:36 WIB
Memakai sunscreen atau tabir surya merupakan hal yang wajib dilakukan agar tetap terlindungi dari si...
Hal-hal yang harus dilakukan sebelum mencoba skincare baru
Senin, 14 September 2020 - 10:16 WIB
Bagi pemula, tentu juga merasa bingung saat akan mencoba skincare. Banyaknya produk dan tahapan-taha...
 Kesalahan pada rambut yang membuat wajah terlihat lebih tua
Senin, 07 September 2020 - 09:29 WIB
Banyak wanita yang terkadang menyepelekan rambut mereka. Padahal ternyata rambut memberi pengaruh ba...
 Bagaimana cara makeup untuk kulit berjerawat agar terlihat mulus?
Senin, 31 Agustus 2020 - 10:45 WIB
Meskipun saat ini sudah banyak sekali produk-produk kecantikan yang bisa digunakan, jika tidak menge...
 Hindari kesalahan ini saat menggunakan bedak
Senin, 24 Agustus 2020 - 10:57 WIB
Sepintas, mengaplikasikan bedak memang tampak mudah. Kendati demikian, ternyata ada beberapa kesalah...
 Penyebab eyeliner luntur yang perlu dihindari
Senin, 10 Agustus 2020 - 10:31 WIB
Permasalahan eyeliner luntur memang sering dialami para pengguna makeup. Umumnya, eyeliner yang lunt...
Tahapan skin care untuk mendapatkan kulit wajah bersinar
Senin, 03 Agustus 2020 - 09:43 WIB
Seiring bertambahnya usia, tak dapat dipungkiri kandungan kolagen, elastin dan asam hialuronat dalam...
Kebiasaan tak terduga yang membuat kulit cepat tua
Senin, 27 Juli 2020 - 10:34 WIB
 Ada banyak racun dan partikel yang mudah menguap di lingkungan yang membuat cepat tua. Meskipun ba...
Bahan skincare berikut ini yang membuat kulit wajah bersinar
Senin, 20 Juli 2020 - 08:33 WIB
Memerhatikan komposisi bahan yang ada dalam skincare merupakan kunci dari keberhasilan perawatan kul...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV