Kualifikasi Piala Asia U-19 2020
Fakhri ungkap kunci sukses kemenangan Timnas Indonesia kontra Timor Leste
Elshinta
Kamis, 07 November 2019 - 07:07 WIB | Penulis : Dewi Rusiana | Editor : Dewi Rusiana
Fakhri ungkap kunci sukses kemenangan Timnas Indonesia kontra Timor Leste
Timnas U-19 Indonesia dalam laga pertama Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 kontra Timor Leste, Rabu (6/11) malam. Sumber foto: https://bit.ly/2PU9jTV

Elshinta.com - Pelatih kepala tim nasional U-19 Indonesia, Fakhri Husaini mengatakan jika kunci suksesnya dalam memenangi laga pertama 3-1 melawan Timor Leste pada kualifikasi Piala AFC U-19 2020, Rabu (6/11) malam, salah satunya adalah pergantian pemain. 

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, dua gol dari Muhammad Fajar Fatur Rahman di menit ke-2 dan 77, serta satu gol dari David Maulana di menit ke-62 memberi kemenangan bagi Indonesia. Sementara, satu gol dari Timor Leste dicetak oleh Mouzinho de Lima pada menit ke-51, melalui titik putih.

“Masuknya Supriadi dan perubahan Bagus menjadi striker merupakan dua kunci sukses kemenangan kami. Selain itu juga datang kartu merah yang membuat kami lebih bisa mengendalikan pertandingan dan membuat banyak peluang,” kata Fakhri, seperti diinformasikan melalui laman resmi PSSI, Kamis (7/11) pagi. 

Fakhri bersyukur bisa mendapatkan tiga poin di laga pertama. Seperti diakuinya, laga pertama selalu sulit bagi tim manapun. 

“Syukur Alhamdulillah pada laga pertama kami bisa mendapatkan tiga poin. Di mana-mana laga pertama itu tidak mudah, namun pemain berhasil menghadapi tekanan dalam lapangan,” katanya.

Fakhri menilai, satu kekhawatirannya yaitu dengan faktor mental anak-anak asuhnya. “Faktor mental yang tadi saya khawatirkan karena harapan besar dari masyarakat yang ditakutkan bisa mengganggu, hilang. Mereka bisa mengatasi semua tekanan faktor mental yang kami khawatirkan dan itu terlihat. Meski menang banyak catatan tadi yang perlu kami perbaiki supaya kami bisa bermain lebih baik lagi,” tuturnya. 

Sementara itu, bagi pemain belakang timnas U-19, Muhammad Salman Alfarid, kemenangan pertama ini bisa menjadi penyemangat untuk laga berikutnya. Dia juga berterima kasih kepada Fakhri Husaini, karena telah memuji penampilannya.

“Terima kasih coach Fakhri. Saya akan terus meningkatkan kemampuan di atas lapangan. Semoga saya dan teman-teman bisa terus memberikan kemenangan di laga-laga berikutnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kekalahan di pertandingan pertama, oleh pihak Timor Leste, menurut pelatih Lee Minyoung, hasil yang didapatkan timnya memang wajar. Mengingat, anak asuhnya bermain tidak maksimal di pertandingan tersebut karena sering kali berbuat kesalahan.

Selain itu, Lee menyatakan timnas Indonesia bermain dengan sangat baik. Pasukan Fakhri Husaini tersebut tak membiarkan timnya leluasa dalam mengolah bola. “Tim yang kami punya permainan kurang bagus. Sementara Indonesia U-19 bermain dengan bagus dan mampu menguasi pertandingan,” kata Lee.

Sosok asal Korea Selatan tersebut melanjutkan kartu merah yang didapatkan Nelson Pinto pada laga tersebut juga mengurangi kekuatan timnya. Timor Leste bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-58.

“Saya juga bisa katakan, berkurangnya satu pemain dari tim kita mempengaruhi permainan tim dan akhirnya tim kita kalah karena kurang pemain,” ucapnya.

Pada laga berikutnya, Indonesia akan berhadapan dengan Hong Kong pada Jumat (8/11). Sementara Timor Leste melawan DPR Korea sebelumnya, masih di Stadion Madya, Senayan. 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kualifikasi Piala Dunia zona Asia ditunda karena COVID-19
Selasa, 10 Maret 2020 - 08:57 WIB
FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sepakat menunda pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona...
Kabupaten Bandung siap gelar Piala Dunia U-20
Senin, 03 Februari 2020 - 15:15 WIB
Bupati Bandung, Jawa Barat H.M. Naser menyatakan pihaknya siap, jika PSSI memilih Stadion Si Jalak H...
Palembang masih berpeluang tuan rumah Piala Dunia U20
Minggu, 02 Februari 2020 - 14:38 WIB
Kota Palembang, Sumatera Selatan masih berpeluang menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada 2021 karen...
PUPR akan pastikan kesiapan sarana pendukung Piala Dunia FIFA U-21
Kamis, 30 Januari 2020 - 07:48 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap mendukung penyelenggaraan Piala Dunia FI...
 Singkirkan Fiorentina, Inter Milan amankan tiket semifinal
Kamis, 30 Januari 2020 - 06:45 WIB
Inter Milan mengamankan tiket semifinal Coppa Italia setelah menyingkirkan Fiorentina 2-1 pada laga ...
Piala Dunia U-20 tahun 2021 berlangsung 24 Mei-12 Juni 
Kamis, 23 Januari 2020 - 17:48 WIB
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan bahwa Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021 berlan...
Dramatis, Napoli singkirkan Lazio dari Coppa Italia
Rabu, 22 Januari 2020 - 06:50 WIB
Napoli menyingkirkan juara bertahan Lazio dari Coppa Italia melalui laga dramatis yang berakhir deng...
Lewati Parma, AS Roma melaju ke perempat final Coppa Italia
Jumat, 17 Januari 2020 - 08:35 WIB
AS Roma melengkapi daftar tim-tim peserta babak perempat final Coppa Italia seusai melewati Parma de...
Juventus lumat Udinese 4-0 tanpa Ronaldo
Kamis, 16 Januari 2020 - 09:17 WIB
Juventus tak kesulitan melumat Udinese 4-0 dalam laga 16 besar Coppa Italia di Stadion Allianz, Rabu...
10 pemain Fiorentina depak Atalanta dari Piala Italia
Kamis, 16 Januari 2020 - 08:11 WIB
Fiorentina mendepak finalis tahun lalu, Atalanta, dari ajang Piala Italia, berkat kemenangan 2-1 pad...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV