Bagaimana cara membersihkan spons make up? Ini tipsnya…
Elshinta
Kamis, 31 Oktober 2019 - 16:37 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Bagaimana cara membersihkan spons make up? Ini tipsnya…
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/330tNOk

Elshinta.com Munculnya jerawat atau komedo bisa berasal dari alat kecantikan. Menggunakan alat-alat kecantikan seperti spons yang kotor tanpa pernah mencucinya ternyata bisa terkontaminasi bakteri. Lalu apakah spons atau puff tersebut harus dicuci atau dibuang saja? Sebenarnya tidak perlu dibuang, apalagi jika harganya tergolong. Masih ada cara lain untuk membersihkan spons make up. Untuk menghindari terjadinya jerawat akibat bakteri yang bersarang sebaiknya dibersihkan secara berkala. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cara-cara yang bisa dilakukan:

Rendam air hangat
Sebenarnya jangan cuci spons karena rentan terkontaminasi bakteri saat pencucian. Jika merasa tidak nyaman karena tidak dicuci sama sekali, bisa rendam puff dalam air hangat selama kurang lebih 15 menit. Lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2Wtj5xh
 
Menggunakan microwave
Cara lain yang digunakan agar spons bersih dan terbebas dari sisa make up maupun bakteri yaitu dengan menggunakan microwave. Namun harus hari-hari karena spons bisa meleleh jika caranya tidak tepat. Suhu microwave yang digunakan pun harus diatur yang rendah.
Caranya isi wadah dengan air dan sabun secukupnya, lalu masukkan spons dan panaskan selama 1 menit. Setelah 1 menit, cuci seperti biasa dengan cara dipijat lembut hingga sisa make up keluar.
 
Menggunakan sabun khusus
Sabun khusus yang digunakan adalah sabuh khusus membersihkan spons make up. Sabun khusus ini sudah didesain dan diformulasi agar dapat membersihkan spons seefektif mungkin. Bentuknya pun cukup beragam, ada yang memiliki bentuk padat, maupun cair.
 
Menggunakan sabun cair
Kebanyakan perempuan memilih sabun bayi yang memiliki kandungan dan formula lembut. Cara membersihkannya pun mudah, cukup basahi spons dan tuangkan sabun secukupnya, kemudian bersihkan dengan cara memijat atau meremas spons beberapa kali, lalu bilas dengan air. Ulangi lagi hingga air bilasan tidak berwarna keruh
.

Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2qSbhtg
 
Menggunakan minyak zaitun
Minyak zaitun sudah sejak lama dikenal dapat digunakan sebagai pengganti make up remover. Bahkan, minyak zaitun dapat mengangkat make up waterproof. Caranya campurkan 1 sendok minyak zaitun dan 2 sendok sabun cuci piring dalam wadah. Kemudian, balurkan spons makeup dalam campuran ini sambil dipijat lembut lalu bilas dan keringkan.
 
Menggunakan sabun batangan
Sabun batangan pun dapat digunakan untuk membersihkan spons make up. Caranya hampir sama yaitu dengan membasahi spons dan sabun batangan, lalu gosokkan spons pada sabun sambil memijatnya agar sisa make up di dalamnya keluar. Setelah spons bersih dari sisa make up, bilas hingga bersih dan keringkan.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/34fukw1
 
Agar spons aman dari bakteri, sebenarnya ada spons yang sifatnya waterproof dan anti bakteri. Dari bahan yang waterproof, otomatis produk tidak akan terserap ke spons. Kalau bahannya tidak waterproof, produk akan terserap dan jadi makanan bakteri, bakteri menempel dan berisiko terkontaminasi.
Untuk mengetahui apakah spons waterproof atau tidak, gunting sedikit bagiannya. Jika ada produk riasan yang menempel di dalam lapisannya, berarti spons tidak waterproof.
 
 
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Cara mudah menggunakan pensil alis untuk pemula
Rabu, 26 Februari 2020 - 11:48 WIB
Salah satu alat makeup yang punya pengaruh besar dalam merias wajah adalah pensil alis. Karena penti...
Hindari hal-hal berikut ini saat sedang menggunakan skincare
Selasa, 18 Februari 2020 - 14:38 WIB
Sebagus apapun merek skincare tetapi jika tidak diaplikasikan dengan benar, maka hasilnya pun tidak ...
Begini cara menjaga agar kulit leher tetap kencang
Jumat, 1