Ternyata ada hobi yang bisa membuat cerdas. Ini daftarnya...
Elshinta
Jumat, 25 Oktober 2019 - 12:23 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Dewi Rusiana
Ternyata ada hobi yang bisa membuat cerdas. Ini daftarnya...
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/364HHAX

Elshinta.com - Melakukan hobi merupakan hal yang disenangi. Karena selain memberikan hiburan juga membantu menghilangkan kepenatan dari segala rutinitas. Hobi juga bisa mendatangkan keuntungan jika ingin menjadikan hobi sebagai usaha.

Dan ternyata keuntungan lain dari hobi yang lain adalah bisa membantu kecerdasan. Hobi seperti apakah itu? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa hobi yang bisa meningkatkan kecerdasan:
 
Permainan
Sama seperti tubuh lainnya, otak pun perlu untuk olahraga agar tetap optimal. Namun bukan berarti harus mengerjakan hal yang berat untuk melatih otak tetap sehat. Cukup melakukan dengan rutin permainan-permainan seperti sudoku, puzzle atau teka-teki silang. Kegiatan ini mampu membantu otak untuk tetap tajam. Bahkan juga mampu membuat otak lebih kreatif dan membangun kemampuan untuk memiliki perspektif berbeda dalam memandang suatu hal.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2WcnfcQ
 
Membaca
Peneliti otak memberitahu bahwa membaca benar-benar meningkatkan fungsi otak di beberapa bagian. Ini merangsang pertumbuhan jalur saraf baru seperti layaknya menyerap informasi baru. Apa pun yang dibaca, seperti buku fiksi, non fiksi, majalah, atau koran, semua bisa meningkatkan fungsi otak di beberapa area.
 
Membaca melenturkan bagian-bagian otak yang berhubungan dengan pemecahan masalah, melihat pola, dan menafsirkan kata-kata orang lain. Hal ini juga meningkatkan memori dan latihan bagian otak yang memungkinkan imajinasi.

Keuntungan lain dengan membaca adalah meningkatkan kecerdasan emosional. Dengan kecerdasan emosional tersebut mampu membantu menemukan solusi permasalahan sehari-hari, termasuk dalam hubungan sosial dengan orang lain.
 
Mengisi teka-teki
Plastisitas otak adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada koneksi baru yang dibuat ketika kita menerima infomasi, terlibat dalam pemikiran, dan memaksa diri untuk mengingat banyak hal. Teka-teki silang, kegiatan berpikir deduktif, dan permainan strategis seperti catur atau video gim memaksa otak menerima informasi dan membuat koneksi baru.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/36dU122
 
Bermain alat musik
Bermain musik (menyanyi juga termasuk dalam hal belajar musik) juga memiliki banyak manfaat seperti musik mampu meningkatkan kreativitas, skill analitik, kecerdasan bahasa dan motorik juga. Bermain alat musik juga mampu memperkuat corpus callosum yang menghubungkan belahan otak dengan menciptakan koneksi baru.
 
Hal inilah yang juga mampu meningkatkan daya ingat seseorang, kemampuan menyelesaikan permasalahan dan kemampuan otak lainnya, tak peduli usia berapapun. Para ilmuwan percaya bahwa pelatihan musik membuat kedua sisi otak bekerja sama jauh lebih baik.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/344hOQa
 
Olahraga
Berolahraga merupakan cara hidup sehat yang paling efektif. Tak perlu olahraga yang berat, hanya cukup rutin melakukannya. Tak hanya sehat, olahraga rutin juga mampu membuat sel dipenuhi protein berlimpah dalam otak yang mampu meningkatkan daya ingat, fokus, konsentrasi dan pemahaman.
 
Yoga
Yoga membantu mengontrol fokus, konsentrasi, dan memori yang lebih baik. Yoga meningkatkan materi abu-abu di daerah otak yang mengendalikan pembelajaran dan memori.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2WdJIX4
 
Memasak
Cobalah berbagai menu baru, dengan bahan masakan dan cara memasak yang baru juga. Butuh ketepatan dan ketelitian agar mendapatkan hasil masakan yang enak. Sehingga otak akan berpikir apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan.
 
Menari
Menari juga hobi yang sangat bagus untuk melatih otak. Karena dari menari maka akan belajar untuk mengatur strategi-strategi gerakan yang akan dilakukan. Ini bisa membuat kamu menjadi planner concept yang berpengalaman.
 
Nonton
Jika memiliki hobi menonton sebaiknya nonton film yang berkualitas untuk meningkatkan kecerdasan misalnya film dokumenter. Tujuannya adalah agar kamu dapat melihat dunia dari sisi yang berbeda.
 
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2PhGC2U
 
Jalan-jalan
Jalan-jalan mengunjungi tempat baru yang belum pernah didatangi sebelumnya akan mempelajar banyak hal baru mulai dari makanan hingga kehiduapn sosial. Jalan-jalan akan mendorong pikiran untuk menghasilkan ide-ide yang tidak biasa. 
 
Menggambar
Menggambar juga melatih daya imajinasi . Menggambar bisa memanbantu meluapkan emosi
Berolahraga secara teratur adalah hobi yang istimewa. Karena jasmani sehat, maka secara otomatis kemampuan berpikirmu pun berada di tingkat yang paling maksimal. Daya fokus dan konsentrasimu akan kian meningkat.
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pra-pemesanan PS5 laris manis jelang peluncuran
Rabu, 28 Oktober 2020 - 19:01 WIB
Sony mengatakan permintaan untuk konsol PlayStation 5 (PS5) melalui pra-pemesanan \\\"sangat besar,\...
 Domba bertanduk empat di Majalengka, satu ekor dihargai dua ratus juta rupiah
Selasa, 13 Oktober 2020 - 21:47 WIB
Seekor Domba berkelainan genetik di Majalengka, Jawa Barat dihargai ratusan juta rupiah. Pasalnya D...
Ingat, pengguna sepeda di malam hari tak pakai lampu akan kena sanksi
Jumat, 25 September 2020 - 20:25 WIB
Bagi para pengguna sepeda harap memperhatikan keselamatan dalam berkendara. Ada sanksi yang disiapka...
 6 ide mendekorasi kamar dengan koleksi foto, bakal instagramable banget!
Rabu, 16 September 2020 - 13:36 WIB
Hanya dengan melihat foto, kita bisa mengingat kembali kenangan-kenangan yang sudah terekam dalam fo...
Gunung Penanggungan dipastikan aman, seluruh jalur pendakian kembali dibuka 
Rabu, 26 Agustus 2020 - 20:11 WIB
Jalur pendakian Kedungudi di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur kembali dibuka pasca ...
 Bisnis aqua scape yang tetap bertahan di masa pandemi Covid-19
Kamis, 06 Agustus 2020 - 20:46 WIB
Bisnis serta dunia hobby aqua scape masih bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19. Bahkan di era p...
Cukupi kebutuhan pangan, manfaatkan waktu di rumah karena COVID-19 dengan berkebun
Selasa, 05 Mei 2020 - 11:24 WIB
Masyarakat didorong untuk memanfaatkan ruang terbatas di rumah untuk berkebun atau menanam tanaman, ...
Benarkah kepribadian seseorang bisa dilihat dari hobi yang digeluti?
Kamis, 12 Maret 2020 - 11:29 WIB
Hobi merupakan kebiasaan-kebiasaan yang kerap kali dilakukan oleh seseorang guna mendapatkan kesenan...
 Manfaat tersembunyi dari hobi kerajinan tangan
Jumat, 07 Februari 2020 - 12:22 WIB
Kerajinan tangan sangat luas, banyak sekali ragamnya seperti merajut, menjahit, membuat keramik, mem...
Dari hobi crafting hasilkan pundi-pundi rupiah
Jumat, 24 Januari 2020 - 11:48 WIB
Kegemaran Dianisa Rizkika dalam dunia crafting dengan bunga kering membuatnya berani memutuskan untu...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV