Sekilas 10 stadion yang digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021
Elshinta
Kamis, 24 Oktober 2019 - 19:16 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Dewi Rusiana
Sekilas 10 stadion yang digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021
Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Foto: https://bit.ly/2odt9xQ/elshinta.com.

Elshinta.com - Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia sepak bola U-20 yang digelar pada tahun 2021. Keputusan tersebut dihasilkan dari FIFA Council Meeting yang berlangsung di Shanghai, Tiongkok.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi keberhasilan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tersebut. Jokowi pun mengatakan untuk menyambut ajang besar tersebut, Indonesia telah menyiapkan 10 stadion. 

Ke-10 stadion tersebut, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Stadion Manahan di Solo, Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali. Selanjutnya, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, Stadion Jakabaring di Palembang, Stadion Wibawa Mukti di Cikarang Timur, Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung dan Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya. 

Berikut sekilas profil ke sepuluh stadion yang bakal menjadi lokasi pertandingan tersebut yang diambil dari wikipedia.

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno
Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah sebuah stadion serbaguna di Jakarta, Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion ini umumnya digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola tingkat internasional. Stadion ini dinamai untuk menghormati Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama, yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini. Setelah bergulirnya gelombang reformasi pada 1998, nama Stadion ini dikembalikan kepada namanya semula melalui Surat Keputusan Presiden No. 7/2001.

Ketika pertama kali dibuka pada tahun 1962, stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk sebesar 110.000. Kapasitas ini telah berkurang dua kali: pertama menjadi 88.083 pada tahun 2006 untuk Piala Asia AFC 2007 dan kedua hingga 77,193 antara 2016 dan 2017 untuk Pesta Olahraga Asia dan Pesta Olahraga Difabel Asia 2018. Dalam renovasi 2016-17, semua bangku penonton diganti dengan kursi tunggal. Kapasitas 88.083 membuatnya menjadi stadion sepak bola asosiasi terbesar ke-7 di dunia. Saat ini, stadion ini merupakan stadion sepak bola asosiasi terbesar ke-28 di dunia dan stadion sepak bola asosiasi terbesar ke-8 di Asia.

2. Stadion Pakansari, Bogor
Stadion ini merupakan stadion multi-fungsi di Pakansari, Cibinong, Bogor, Indonesia. Stadion ini dapat menampung 30.000 penonton. 

Dilansir situs Stadiumdb, stadion Pakansari masuk dalam nomine stadion terbaik dunia 2016 bersaing 29 stadion lainnya dan pernah digunakan sebagai venue Piala AFF 2016 menggantikan Stadion Utama Gelora Bung Karno yang sedang direnovasi. Stadion ini digunakan sebagai venue sepak bola pria pada Pesta Olahraga Asia 2018, juga pada Kejuaraan Piala Asia U-19 yang digelar pada tahun yang sama.

3. Stadion Manahan, Solo
Stadion Manahan adalah sebuah stadion sepak bola yang berada di kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Stadion berkapasitas 25.000 penonton ini merupakan markas dari klub Persis Solo. Manahan merupakan stadion pertama di Indonesia yang menjadi tuan rumah event olahraga difabel terbesar di Asia Tenggara ASEAN Para Games 2011. Stadion ini diresmikan pada tanggal 21 Februari 1998 oleh Presiden Republik Indonesia, Soeharto. 

Stadion Manahan Surakarta adalah persembahan dari yayasan Ibu Tien Soeharto. Pembangunannya dimulai pada tahun 1989 dengan menggunakan lahan seluas 170.000 m2 dan luas bangunan 33.300 m2. Butuh waktu 9 tahun untuk mengubah lahan kosong menjadi Stadion Manahan kokoh bangunan. Dan tepat pada hari Sabtu 21 Februari 1998, stadion Manahan akhirnya diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, H.M.Soeharto.

4. Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali
Stadion multifungsi, yang utamanya dipakai untuk pertandingan sepak bola ini, terletak di Gianyar, Bali, Indonesia. Kapasitasnya berjumlah 25.000 kursi. Dahulu Stadion ini merupakan markas kesebelasan asal Gianyar, yakni Persegi Gianyar, tetapi menyusul klub tersebut sudah tidak aktif atau sudah tidak ada, maka Stadion ini hampir tidak difungsikan lagi untuk waktu yang lama. Kemudian, sejak bergulirnya Liga Primer Indonesia, Stadion Dipta kembali difungsikan dan untuk sementara menjadi homebase satu-satunya kesebelasan asal Pulau Dewata yakni Bali Devata FC. sejak tahun 2015, stadion ini di pakai oleh Bali United F.C.

Stadion Kapten I Wayan Dipta pernah menjadi tuan rumah Piala Presiden 2015,2017,dan 2018 dan pernah menggelar turnamen pra-musim bernama Bali Island Cup 2015,2016,dan 2017.

5. Stadion Mandala Krida, DI Yogyakarta
Stadion ini terletak di Kota Yogyakarta Provinsi DIY. Stadion ini dikelilingi oleh tiga jalan yaitu sebelah timur adalah Jalan Gondosuli, sebelah selatan adalah Jalan Kenari, dan sebelah barat adalah Jalan Andung. Stadion ini digunakan untuk menggelar pertandingan sepak bola pada umumnya dan juga menggelar beberapa acara besar di Kota Yogyakarta 
 
Stadion ini mengalami perombakan total. Tribun barat dan Timur kini sudah tertutup

6. Stadion Jakabaring, Palembang
Stadion Gelora Sriwijaya (lebih di kenal dengan nama Stadion Jakabaring) adalah stadion multifungsi terbesar ketiga di Indonesia setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Utama Palaran. Berlokasi di Palembang, Indonesia, stadion ini juga diakui sebagai salah satu stadion terbaik yang bertaraf internasional. 

Kebanyakan, stadion ini difungsikan untuk tempat penyelenggaraan pertandingan-pertandingan sepak bola. Stadion dengan luas lahan sekitar 40 hektar ini dapat memuat hingga 38.000 - 45.000 orang dengan 4 tribun (A, B, C dan D) bertingkat mengelilingi lapangan. Tribun utama di sisi barat dan timur (A dan B) dilindungi atap yang ditopang 2 pelengkung (arch) baja berukuran raksasa. Bentuk atap stadion merupakan simbol kejayaan kemaharajaan Sriwijaya di bidang maritim yang dilambangkan oleh bentuk perahu dengan layar terkembang.  

Pertunjukan kembang api setelah penyulutan obor menandai dimulainya SEA Games XXVI di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia pada tanggal yang istimewa, Jumat, 11-11-2011.

Stadion ini diberi nama berdasarkan kemaharajaan maritim Sriwijaya yang berpusat di Palembang dan berhasil mempersatukan wilayah barat Nusantara pada abad 7 sampai dengan abad 12.  

7. Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur  
Stadion Wibawa Mukti (sebelumnya dikenal dengan Stadion Utama Kabupaten Bekasi) adalah stadion sepak bola yang terletak di Desa Sertajaya, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Stadion ini dibangun untuk menjadi tuan rumah Porda Jabar XII tahun 2014 di Kabupaten Bekasi dan tuan rumah PON XIX Jabar 2016. 

Stadion ini diperkirakan bisa menampung 30.000 orang dengan bangku single seat, Stadion ini juga memiliki akses transportasi yang sangat baik, salah satunya dekat dengan gerbang tol Cibatu KM 34.7 Jakarta-Cikampek.  

8. Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi
Stadion Patriot Candrabhaga adalah stadion multi-fungsi di Kota Bekasi, Jawa Barat. Stadion ini lebih sering digunakan dalam pertandingan sepak bola. Stadion dibangun pada tahun 1980 untuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat IV Tahun 1984. Pada tahun 2012, stadion ini direnovasi menjadi stadion bertaraf internasional yang berkapasitas 30,000 dan diresmikan pada 11 Maret 2014. 

Setelah direnovasi dari tahun 2012, akhirnya stadion diresmikan oleh Wali kota dan Wakil Wali kota Bekasi, Rahmat Effendi dan Ahmad Syaikhu pada tanggal 11 Maret 2014 bertepatan dengan HUT kota Bekasi. 

9. Stadion Si Jalak Harupat, Bandung
Jalak Harupat adalah sebutan untuk sejenis ayam jantan dalam Bahasa Sunda. Ayam tersebut dimitoskan sebagai ayam yang kuat, pemberani, nyaring saat berkokok, selalu menang saat diadu. Sifatnya yang demikian membuatnya dijadikan julukan bagi seorang pemberani.

Si Jalak Harupat berlokasi di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung. Nama Si Jalak Harupat diambil dari julukan salah seorang pahlawan nasional dari Bojongsoang, Bandung yaitu Otto Iskandardinata.
 
Stadion ini dibangun mulai Januari 2003 pada saat Kabupaten Bandung dipimpin oleh bupati Obar Sobarna. Selanjutnya diresmikan pada hari jadi Kabupaten Bandung yang ke 364, tanggal 26 April 2005 oleh Agum Gumelar yang menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat.

10. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion ini merupakan stadion serbaguna di Surabaya, Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center. Stadion ini dibuka pada 6 Agustus 2010. Stadion Gelora Bung Tomo sendiri dapat menampung 55.000 penonton.

Stadion Gelora Bung Tomo adalah sebuah stadion serbaguna di Surabaya, Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Surabaya Sport Center.  

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kualifikasi Piala Dunia zona Asia ditunda karena COVID-19
Selasa, 10 Maret 2020 - 08:57 WIB
FIFA dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sepakat menunda pertandingan kualifikasi Piala Dunia zona...
Kabupaten Bandung siap gelar Piala Dunia U-20
Senin, 03 Februari 2020 - 15:15 WIB
Bupati Bandung, Jawa Barat H.M. Naser menyatakan pihaknya siap, jika PSSI memilih Stadion Si Jalak H...
Palembang masih berpeluang tuan rumah Piala Dunia U20
Minggu, 02 Februari 2020 - 14:38 WIB
Kota Palembang, Sumatera Selatan masih berpeluang menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 pada 2021 karen...
PUPR akan pastikan kesiapan sarana pendukung Piala Dunia FIFA U-21
Kamis, 30 Januari 2020 - 07:48 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap mendukung penyelenggaraan Piala Dunia FI...
 Singkirkan Fiorentina, Inter Milan amankan tiket semifinal
Kamis, 30 Januari 2020 - 06:45 WIB
Inter Milan mengamankan tiket semifinal Coppa Italia setelah menyingkirkan Fiorentina 2-1 pada laga ...
Piala Dunia U-20 tahun 2021 berlangsung 24 Mei-12 Juni 
Kamis, 23 Januari 2020 - 17:48 WIB
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan bahwa Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021 berlan...
Dramatis, Napoli singkirkan Lazio dari Coppa Italia
Rabu, 22 Januari 2020 - 06:50 WIB
Napoli menyingkirkan juara bertahan Lazio dari Coppa Italia melalui laga dramatis yang berakhir deng...
Lewati Parma, AS Roma melaju ke perempat final Coppa Italia
Jumat, 17 Januari 2020 - 08:35 WIB
AS Roma melengkapi daftar tim-tim peserta babak perempat final Coppa Italia seusai melewati Parma de...
Juventus lumat Udinese 4-0 tanpa Ronaldo
Kamis, 16 Januari 2020 - 09:17 WIB
Juventus tak kesulitan melumat Udinese 4-0 dalam laga 16 besar Coppa Italia di Stadion Allianz, Rabu...
10 pemain Fiorentina depak Atalanta dari Piala Italia
Kamis, 16 Januari 2020 - 08:11 WIB
Fiorentina mendepak finalis tahun lalu, Atalanta, dari ajang Piala Italia, berkat kemenangan 2-1 pad...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV