Arema FC lolos lisensi klub profesional AFC 2019 tanpa syarat
Elshinta
Rabu, 16 Oktober 2019 - 16:05 WIB |
Arema FC lolos lisensi klub profesional AFC 2019 tanpa syarat
Sumber Foto: https://bit.ly/31l2FYS

Elshinta.com - Klub Arema FC dinyatakan lolos verifikasi lisensi AFC 2019 tanpa syarat bersama lima klub lain di Tanah Air, yakni Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura.

Lisensi AFC 2019 ini berguna untuk verifikasi sebagai klub profesional agar bisa berpartisipasi di kompetisi internasional, seperti Liga Champions Asia maupun Piala AFC yang diselenggarakan oleh AFC.

"Arema FC setiap tahun, bahkan sudah beberapa tahun terakhir secara berturut-turut lolos tanpa syarat sebagai klub profesional dalam club licensing AFC. Selain memiliki tiket untuk bisa tampil di even internasional di bawah naungan AFC, bagi institusi Arema FC hal ini sebagai modal untuk go public," kata Media officer Arema FC, Sudarmaji di Malang, Rabu (16/10).

Sudarmaji berharap dengan adanya lisensi tersebut, kiprah Arema FC dapat lebih meningkat khususnya pada level internasional sesuai dengan target yang dicanangkan manajemen.

"Ini menjadi momentum bahwa Arema FC mendapatkan proteksi secara legal dan diakui oleh negara sekaligus secara obyektif telah diuji profesionalismenya oleh AFC. Semoga ini menjadi momentum bersama untuk merawat dan mengembangkan Arema FC agar maju dan berprestasi," ujarnya, seperti dikutip Antara.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari konsistensi Arema FC yang berhasil memenuhi lima aspek persyaratan yang diberlakukan oleh AFC, yakni sporting, infrastruktur, SDM, administrasi, legal dan finansial. Predikat tersebut memiliki arti penting bagi kiprah Arema FC ke depannya.

Club licensing, menurut Sudarmaji, merupakan tahapan yang harus dipenuhi untuk go public, apalagi dalam waktu bersamaan Arema FC sudah disahkan hak ciptanya oleh Depkumham.

Karena setiap tahunnya terus mendapatkan penilaian dengan standarisasi yang terus ditingkatkan, Sudarmaji berharap ke depan Arema FC mampu mempertahankan club licensing karena berhubungan dengan pengembangan-pengembangan klub Arema FC secara pengelolaan.

Sudarmaji mengakui diraihnya club licensing tersebut tidak lepas dari peran banyak pihak, termasuk Aremania, mitra kerja, baik swasta maupun pemerintah, sponsorship dan PSSI yang terus memberikan arahan agar Arema FC terus maju dan berkembang.

"Kami sampaikan terimakasih pada Aremania, sponsorship, mitra kerja dan kepada PSSI yang memberikan arahan pada Arema FC untuk berkembang dan profesional," ucapnya.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah klub Indonesia yang mendapatkan status klub lisensi dari AFC pada 2019 menurun. Pada musim 2018, ada 10 klub yang mendapatkan lisensi AFC.

Dari 16 klub Liga 1 2019 yang mengikuti kegiatan klub lisensi, hanya delapan tim yang lolos. Keputusan lisensi terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Granted, Granted with Sanction, dan Rejected. Dari proses itu, ada enam klub yang mendapatkan status Granted dan dua klub mendapatkan status Granted with Sanction, serta delapan klub yang Rejected.

Klub yang mendapatkan status Granted adalah Arema FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar. Sedangkan klub yang mendapatkan status Granted with Sanction adalah Bali United FC dan Bhayangkara FC. (Anj/Sik)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Ronaldo mengaku ngotot ingin gol dari tendangan bebas
Minggu, 05 Juli 2020 - 06:50 WIB
Cristiano Ronaldo mengakui bahwa dia sangat ingin mencetak gol pertamanya dari tendangan bebas langs...
September nanti FIFA ke Indonesia tinjau enam stadion
Sabtu, 04 Juli 2020 - 10:27 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan FIFA akan datang ke Indonesia pada September 2020 untuk ...
FIFA selidiki transfer kepindahan Sebastian Haller ke West Ham
Sabtu, 04 Juli 2020 - 07:26 WIB
FIFA memulai penyelidikan atas gugatan Eintracht Frankfurt terkait transfer kepindahan penyerang Seb...
Barcelona, Juventus resmi umumkan tukar tambah Arthur dengan Pjanic
Selasa, 30 Juni 2020 - 09:10 WIB
Barcelona pada Senin (29/6) secara resmi mengumumkan kesepakatan yang mereka capai dengan Juventus u...
PSSI persilakan klub potong gaji pemain dan pelatih pada lanjutan liga
Senin, 29 Juni 2020 - 07:23 WIB
Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mempersilakan klub-klub Liga 1 dan 2 Indonesia musim 2...
Inter Milan atasi Parma 2-1 meski sempat tertinggal
Senin, 29 Juni 2020 - 07:11 WIB
Peringkat ketiga Inter Milan mencetak dua gol dalam enam menit terakhir lewat Stefan De Vrij dan Ale...
City lengkapi semifinalis Piala FA usai menang atas Newcastle
Senin, 29 Juni 2020 - 06:47 WIB
Manchester City melengkapi daftar semifinalis Piala FA usai menang mudah 2-0 atas tuan rumah Newcast...
PSSI minta Shin Tae-yong sudah di Jakarta awal Juli
Senin, 29 Juni 2020 - 06:24 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong sudah ...
Kiper Persib bidik satu tempat di timnas U-19
Minggu, 28 Juni 2020 - 19:38 WIB
Kiper muda milik Persib Bandung Erlangga Setyo membidik satu tempat di tim nasional Indonesia U-19 y...
Jupe dorong pemain muda manfaatkan regulasi U-20
Minggu, 28 Juni 2020 - 19:15 WIB
Bek Bhayangkara FC Achmad Jufriyanto menyambut baik wacana regulasi U-20 di Liga 1 dan mendorong aga...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV