Kiri Kanan
Arema FC lolos lisensi klub profesional AFC 2019 tanpa syarat
Elshinta
Rabu, 16 Oktober 2019 - 16:05 WIB |
Arema FC lolos lisensi klub profesional AFC 2019 tanpa syarat
Sumber Foto: https://bit.ly/31l2FYS

Elshinta.com - Klub Arema FC dinyatakan lolos verifikasi lisensi AFC 2019 tanpa syarat bersama lima klub lain di Tanah Air, yakni Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, PSM Makassar, dan Persipura Jayapura.

Lisensi AFC 2019 ini berguna untuk verifikasi sebagai klub profesional agar bisa berpartisipasi di kompetisi internasional, seperti Liga Champions Asia maupun Piala AFC yang diselenggarakan oleh AFC.

"Arema FC setiap tahun, bahkan sudah beberapa tahun terakhir secara berturut-turut lolos tanpa syarat sebagai klub profesional dalam club licensing AFC. Selain memiliki tiket untuk bisa tampil di even internasional di bawah naungan AFC, bagi institusi Arema FC hal ini sebagai modal untuk go public," kata Media officer Arema FC, Sudarmaji di Malang, Rabu (16/10).

Sudarmaji berharap dengan adanya lisensi tersebut, kiprah Arema FC dapat lebih meningkat khususnya pada level internasional sesuai dengan target yang dicanangkan manajemen.

"Ini menjadi momentum bahwa Arema FC mendapatkan proteksi secara legal dan diakui oleh negara sekaligus secara obyektif telah diuji profesionalismenya oleh AFC. Semoga ini menjadi momentum bersama untuk merawat dan mengembangkan Arema FC agar maju dan berprestasi," ujarnya, seperti dikutip Antara.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari konsistensi Arema FC yang berhasil memenuhi lima aspek persyaratan yang diberlakukan oleh AFC, yakni sporting, infrastruktur, SDM, administrasi, legal dan finansial. Predikat tersebut memiliki arti penting bagi kiprah Arema FC ke depannya.

Club licensing, menurut Sudarmaji, merupakan tahapan yang harus dipenuhi untuk go public, apalagi dalam waktu bersamaan Arema FC sudah disahkan hak ciptanya oleh Depkumham.

Karena setiap tahunnya terus mendapatkan penilaian dengan standarisasi yang terus ditingkatkan, Sudarmaji berharap ke depan Arema FC mampu mempertahankan club licensing karena berhubungan dengan pengembangan-pengembangan klub Arema FC secara pengelolaan.

Sudarmaji mengakui diraihnya club licensing tersebut tidak lepas dari peran banyak pihak, termasuk Aremania, mitra kerja, baik swasta maupun pemerintah, sponsorship dan PSSI yang terus memberikan arahan agar Arema FC terus maju dan berkembang.

"Kami sampaikan terimakasih pada Aremania, sponsorship, mitra kerja dan kepada PSSI yang memberikan arahan pada Arema FC untuk berkembang dan profesional," ucapnya.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah klub Indonesia yang mendapatkan status klub lisensi dari AFC pada 2019 menurun. Pada musim 2018, ada 10 klub yang mendapatkan lisensi AFC.

Dari 16 klub Liga 1 2019 yang mengikuti kegiatan klub lisensi, hanya delapan tim yang lolos. Keputusan lisensi terbagi menjadi tiga kategori, yaitu Granted, Granted with Sanction, dan Rejected. Dari proses itu, ada enam klub yang mendapatkan status Granted dan dua klub mendapatkan status Granted with Sanction, serta delapan klub yang Rejected.

Klub yang mendapatkan status Granted adalah Arema FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar. Sedangkan klub yang mendapatkan status Granted with Sanction adalah Bali United FC dan Bhayangkara FC. (Anj/Sik)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Persib masih tanpa beberapa pemain inti untuk hadapi Barito
Senin, 18 November 2019 - 12:24 WIB
Elshinta.com - Jelang laga Persib Bandung menghadapi Barito Putera dalam lanjutan Liga 1 2...
Ronaldo keluhkan kondisi lapangan saat Portugal dijamu Luksemburg
Senin, 18 November 2019 - 07:58 WIB
Elshinta.com - Cristiano Ronaldo telah mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa membantu t...
Van der Sar urung gabung MU setelah teken kontrak di Ajax
Minggu, 17 November 2019 - 08:28 WIB
Elshinta.com - Edwin van der Sar sudah menandatangani kontrak jangka panjang baru sebagai ...
Manchester United dekati si fenomenal Erling Haaland
Minggu, 17 November 2019 - 07:49 WIB
Elshinta.com - Manchester United siap menyampaikan pendekatan resmi kepada Erling Haaland ...
Klopp: Andai bukan eks pemain MU, Ibrahimovic bisa gabung Liverpool
Minggu, 17 November 2019 - 07:39 WIB
Elshinta.com - Zlatan Ibrahimovic yang sudah pasti meninggalkan LA Galaxy pada liga Amerik...
Salah absen bela Mesir dalam laga kualifikasi Piala Afrika 2021
Kamis, 14 November 2019 - 08:10 WIB
Elshinta.com - Superstar Afrika Mohamed Salah absen memperkuat Mesir melawan Kenya, Kamis ...
Ronaldo siap bela Portugal meski Juve khawatir cedera
Kamis, 14 November 2019 - 07:34 WIB
Elshinta.com - Pelatih timnas Portugal, Fernando Santos mengatakan, penyerang Juventus Cristian...
Arsene Wenger terima tugas baru di FIFA
Kamis, 14 November 2019 - 07:24 WIB
Elshinta.com - FIFA menunjuk manajer berkebangsaan Prancis Arsene Wenger sebagai kepala Pe...
Rusia tak mau kenakan seragam baru rancangan Adidas
Kamis, 14 November 2019 - 06:15 WIB
Elshinta.com - Badan sepak bola Rusia menyatakan timnas tak akan mengenakan seragam baru r...
Timnas Inggris kembalikan Fabian Delph ke Everton karena cedera
Rabu, 13 November 2019 - 08:48 WIB
Elshinta.com - Timnas Inggris telah mengonfirmasi bahwa Fabian Delph tidak akan ikut dalam pert...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)