Mengenal beragam kendala dalam bisnis franchise, apa saja?
Elshinta
Senin, 14 Oktober 2019 - 15:07 WIB | Penulis : Cucun Hendriana | Editor : Dewi Rusiana
Mengenal beragam kendala dalam bisnis franchise, apa saja?
Ilustrasi. Foto: istimewa

Elshinta.com - Dalam setiap bisnis kendala pasti hadir, termasuk dalam bisnis franchise atau waralaba. Di bisnis franchise, kendala seperti apa yang sering dijumpai? Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari eMajels.

Kendala internal franchise (cara memasarkan usaha melalui sistem waralaba/ franchising) ada dua hal. Pertama adalah keahlian yang dimiliki oleh calon Franchisor pada bisnis model yang dijalankannya. Bila Franchisor belum memiliki pengalaman sukses (brand atau merk dagang juga termasuk pengalaman sukses) dalam bisnis model yang ingin dipasarkan secara franchising, maka hal tersebut merupakan kendala terbesar internal franchising.

Kedua adalah apa yang dikenal dengan istilah pergeseran paradigma (paradigm shift). Yang dimaksud dengan paradigma disini adalah suatu bentuk kebiasaan (kerja) yang kemudian menjadi aturan main. Paradigma berbeda dengan Mindset (kebiasaan cara berpikir/ pola pikir).

Dalam bisnis pada umumnya, paradigma bisnisnya adalah Sales. Semua kesempatan (opportunity) adalah untuk “saya” sebagai pemilik bisnis. Dalam franchising, paradigma bisnisnya adalah Service. Semua kesempatan (opportunity) adalah untuk Franchisee. Bila Franchisor tidak dapat “menggeser” paradigma bisnisnya, maka selalu akan terjadi keluhan dari Franchisee mengenai bantuan (supports) dari Franchisor, dan sulitnya meningkatkan pendapatan (sales/ revenue) dan atau keuntungan (profit margin) milik Franchisee.

Bila maksud kendala adalah keadaan yang membatasi (hal-hal yang mencegah pencapaian sasaran, atau kekuatan yang memaksa pembatalan pelaksanaan), maka kendala internal franchise ada dua hal. Pertama adalah bisnis model yang rumit. Bisnis model yang rumit umumnya membutuhkan pelatihan yang khusus dan berulang-ulang. Pengulangan-pengulangan ini akan menerbitkan biaya yang tidak kecil dan menghabiskan waktu.

Kedua adalah organisasi Franchisor yang lemah. Dalam memberi bantuan kepada Franchisee untuk dapat menjalankan bisnisnya sehingga sukses seperti Franchisor, diperlukan sebuah tim kerja agar dapat diaplikasikan kepada semua Franchisee secara merata. Tim kerja ini memiliki tugas sendiri-sendiri guna mencapai keharmonisan dalam membantu Franchisee. Tugas kerja ini berbeda dengan tugas kerja pada organisasi bisnis pada umumnya. Ada enam hal baru yang timbul, yaitu rekrutmen calon Franchisee, bantuan persiapan usaha, pelatihan (yang dilatih adalah orang lain/ Franchisee), analisa bisnis (bisnis milik Franchisee), monitoring dan kontrol (memperbaiki kesalahan kerja Franchisee), dan pengembangan bisnis agar selalu lebih didepan dari Franchisee (R&D).

Apakah ada kendala external dalam franchising? Ada beberapa. Sama halnya dengan alinea pertama, bila yang dimaksud kendala adalah halangan/ rintangan, maka hal tersebut adalah aturan pemerintah (dan kode etik bisnis).

Demikian juga bila kendala diartikan seperti alinea kedua, yaitu keadaan yang membatasi, ada dua hal: Pertama adalah mengenai tidak adanya atau tidak tersedianya personel yang dibutuhkan dalam melengkapi organisasi bisnis yang akan dijalankan oleh Franchisee, agar bisnis dapat berjalan lancar.

Kedua, adalah terbalik halnya dengan yang pertama. Bila di daerah tersebut tidak ada target market dari bisnis tersebut, maka bisnis tersebut tidak dapat (tidak feasible) dikembangkan di daerah tersebut.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pemkot Magelang jaring saran ekonomi kerakyatan dari pelaku UMKM hingga PKL
Senin, 22 Februari 2021 - 18:10 WIB
Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), pedagang kaki lima (PKL), hingga koperasi, dan lainnya...
Yayasan Dharma Bhakti Astra intens beri pendampingan daring ke UMKM
Jumat, 22 Januari 2021 - 12:29 WIB
Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus memberikan pendampingan daring dan optimalisasi kanal digit...
Survei: Sepertiga UKM di Asia Tenggara akui hadapi ancaman siber
Senin, 23 November 2020 - 11:55 WIB
Berdasarkan survei IT Security Economics 2020 yang dilakukan oleh Kaspersky, lebih dari sepertiga at...
Pelaku ekonomi kreatif keluhkan HAKI belum keluar sejak 2015
Rabu, 18 November 2020 - 09:50 WIB
Seorang pelaku ekonomi kreatif yang membuat tikar dari batang kelapa di Kota Pariaman, Sumatera Bara...
Jangan salah kaprah! Ini tafsir `bisnis tanpa modal`
Jumat, 06 Maret 2020 - 09:58 WIB
Pengertian tanpa modal itu maksudnya bisnis awal dijalani dengan biaya yang sangat minim. Demikian m...
Menjalankan bisnis teman, tapi masih ragu? Jangan, ini tips mengatasinya…
Kamis, 20 Februari 2020 - 10:25 WIB
Berbisnis itu adalah soal kepercayaan baik pada diri Anda maupun pada bisnis tersebut. Jadi Anda mem...
Mau sukses jalankan bisnis franchise? Baca dulu tips ini…
Jumat, 14 Februari 2020 - 10:46 WIB
Bisnis franchise menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang. Untuk bisa sukses di bisnis ini, baga...
Dibanding bisnis sendiri, berapa persen tingkat keberhasilan bisnis franchising?
Rabu, 12 Februari 2020 - 11:30 WIB
Apakah sebuah bisnis yang dipasarkan secara sistem franchise bisa meraih kesuksesan seperti membuka ...
4 tips menjadi franchisor sukses, apa saja?
Selasa, 11 Februari 2020 - 15:33 WIB
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila usaha Anda hendak di-franchise-kan sehingga tidak m...
Apa sih pertanda bisnis Anda maju? Ini jawabannya...
Jumat, 31 Januari 2020 - 09:55 WIB
Bisnis yang maju dan besar sebenarnya berasal dari kecepatan mengelola pasar yang memungkinkan baik ...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV