Kiri Kanan
Festival SDG`s 2019 berakhir, komitmen cinta laut dimulai
Elshinta
Senin, 07 Oktober 2019 - 15:14 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Dewi Rusiana
Festival SDG`s 2019 berakhir, komitmen cinta laut dimulai
Festival SDGs 2019 berakhir, komitmen cinta laut dimulai. Foto: Dhani Lukito/Elshinta.com.

Elshinta.com - Penyelenggaraan Festival SDG`s 2019 telah berakhir. Beragam kesan dan pengharapan tertinggal dari acara yang dilangsungkan selama dua hari, 5 - 6 Oktober 2019 di Fountain Area, Plaza Senayan, Jakarta.

Kemeriahan gelaran Festival SDG`s 2019 yang bertabur pertunjukan musik, tari, standup comedy, perlombaan, pameran, dan talkshow memang diharapkan tidak hanya menghibur, tetapi lebih dari itu, bisa menimbulkan kesan dan menyisipkan pesan kepada pengunjung, yang mayoritas merupakan kaum milenial. 

Festival SDG`s 2019 yang baru pertama kali diadakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas mengangkat tema “Sustainable Life for Our Ocean”. Adapun target penyelenggaraan adalah kaum milenial.

Kepada Elshinta, pada Jumat (20/9), Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang S Brodjonegoro mengungkapkan, Festival SDG`s 2019 diselenggarakan untuk menjadi media edukasi milenial dalam menjaga ekosistem kelautan. “Milenial akan mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai pentingnya melestarikan ekosistem laut. Mulai dari pelestarian biota laut, pemberdayaan masyarakat pesisir, pengembangan parisiwata, hingga pengolahan sampah laut,” ujar Bambang. 

Untuk mencapai target serta maksud dan tujuan penyelenggaraan, Fountain Area Plaza Senayan pun disulap menjadi panggung megah dengan segala pernak-pernik yang memperlihatkan kehidupan laut. Warna biru laut dan putih pasir mendominasi seluruh area festival. Booth peserta pameran berbentuk kapal nelayan. Bahkan, di salah satu sudutnya, pengunjung bisa berfoto ria seperti tengah menumpang perahu berwarna merah putih.
  
Saat memberikan pidato pembukaan, Bambang kembali menegaskan, penyelenggaraan Festival SDG`s merupakan bentuk komitmen Pemerintah dalam menyukseskan SDG`s PBB.

"Acara ini merupakan wujud nyata komitmen dan pengakuan Pemerintah Indonesia terhadap keterlibatan pemuda sebagai mitra yang setara untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” ungkap Bambang, Sabtu (5/10), di Plaza Senayan.

Usai membuka acara, Menteri PPN/Kepala Bappenas didamping sejumlah pejabat tinggi Bappenas mengunjungi stan-stan pameran yang ada di area festival. Menteri Bambang mengaku kagum karena dalam pelaksanaan Festival SDG`s ini diikuti oleh kaum muda yang memiliki perhatian khusus di bilang kelautan.

"Pelaku dan penggagasnya merupakan kaum muda, hal ini menunjukan upaya tujuan pencapaian pembangunan berkelanjutan di bidang kelautan mampu menjanjikan di masa depan," kata Menteri PPN.

Kementerian PPN/Bappenas memiliki optimisme untuk kesuksesan acara ini. Karena merasa bahwa anak muda sudah memiliki kepedulian dengan lingkungan yang cukup tinggi. "Tentunya mereka harus didorong untuk memiliki lifestyle yang peduli dengan lingkungan, khususnya mengurangi sampah plastik," harap Menteri. 

Acara lalu dilanjutkan dengan beragam kegiatan edutainment. 

Di hari pertama, pengunjung yang diperkirakan lebih dari 500 orang, mendapatkan hiburan dari Nonaria, Rafflesia Percussion, Komunitas Tari FISIP UI Radha Sarisha serta standup comedy. Acara kemudian berlanjut dengan talkshow dengan topik; “Deep Dive to the Facts of Our Ocean” yang dipandu Pangeran Siahaan.

Para pembicara merupakan pegiat dan praktisi perawat lingkungan laut. Mereka adalah Dinni Septianingrum (Co-founder Sea Soldier), Ucie Weiland Yusuf (Muara GembongKu) dan Madhina Nur Muthia Suryadi (Top 5 Miss Scuba Internasional 2017).

Selain membahas cara merawat ekosistem laut beserta manfaatnya dan juga membahas mengenai pentingnya laut sebagai tanggung jawab bersama, para narasumber juga sepakat agar ada tindakan nyata yang harus diambil untuk menanggulangi permasalahan laut Indonesia. Terutama dari kaum milenial. Acara di hari pertama kemudian diakhiri dengan penampilan Lalahuta Band. 

Di hari kedua, teriknya cuaca pada Minggu (6/10) siang, tidak menyurutkan animo pengunjung dalam meramaikan area Festival. Kehadiran Bharanita Band dan Elvan Saragih di awal acara langsung menghentak pengunjung. Kemeriahan terus berlanjut hingga talkshow. Bahkan, saat talkshow berlangsung para pengunjung dengan antusias mendekati bibir panggung.

Topik talkshow di hari kedua adalah “Action for Sustainable Ocean”. Di mana para pembicara, yakni: Jessica Halim (Co-founder Demi Bumi), Hanavaliza Atmadja (Miss Scuba 2019), Agustinus Gusti Nugroho “Nugie” (Artis/Aktivis Lingkungan), dan Hamish Daud Wyllie (Penggagas Indonesia Ocean Pride) membahas pengelolaan limbah domestik dan cara menikmati sekaligus menjaga laut bersama. 

Pada diskusi tersebut, Hamish Daud mengungkapkan bila ia selalu merasa sedih jika sedang berlibur baik ke laut atau hutan masih banyak menemukan sampah. Khususnya sampah plastik. Untuk itu ia menilai perlu edukasi agar masyarakat lebih peduli.

"Edukasi tentang kepedulian masyarakat dengan pengurangan plastik perlu digalakan," ujar Hamish.

Bagi Hamish cara paling mudah untuk mengurangi sampah adalah dengan kesadaran dari diri sendiri untuk mulai membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

Senada dengan Hamish, Nugie mengatakan, langkah kecil dalam mengurangi sampah plastik dapat dilakukan siapapun karena sebetulnya gaya hidup manusia Indonesia zaman dulu sebetulnya sangat ramah lingkungan. Misalnya, ketika membeli makanan, pedagang zaman dulu biasanya membungkus dagangannya menggunakan daun pisang. Atau orang tua kita yang selalu membawa rantang bila hendak membeli atau membawa makanan. Demikian pula ketika membeli minuman.

"Bisa dengan membawa tumbler sendiri kalau beli minum," ujar Nugie.

Di tengah talkshow, Menteri PPN/Kepala Bappenas yang hadir mengajak kepada perwakilan milenial dan pengunjung untuk mengucapkan ikrar Pemuda Pemudi Indonesia yang pada intinya mengajak seluruh pemuda dan pemudi untuk menyadari bahwa bumi merupakan rumah tinggal yang harus dijaga kelestarian alam, termasuk laut dan pantai.

Usai pembacaan ikrar, Menteri PPN/Kepala Bappenas menyampaikan rasa gembiranya karena menilai para pemuda dan pemudi telah menunjukkan komitmen untuk bersama semua pihak mendukung pencapaian SDG`s pada 2030.

“10 tahun merupakan masa yang tidak panjang. Untuk itu pergunakan waktu sebaik-baiknya. Peran pemuda dan pemudi sangat diharapkan. Sesuai tema Festival SDGs tahun ini, kita akan fokus pada laut. Lihatlah lautan kita sebagai pemersatu bangsa, sumber kehidupan dan aset. Laut akan menjadi aset kejayaan bangsa, bila kaum muda sepakat untuk merawat dan memanfaatkan laut sebaik-baiknya,” ujar Bambang.

Menteri PPN pun berharap agar ikrar yang disampaikan tidak hanya berhenti sebagai ikrar, tetapi sebagai komitmen yang bisa diwujudkan pada 2030.  Festival SDG`s lalu ditutup oleh penampilan Soundwave. (ahs)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Buka SDGs Annual Conference 2019, Wapres harap 17 tujuan bisa diwujudkan
Selasa, 08 Oktober 2019 - 13:26 WIB
Elshinta.com - Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla menyatakan salah satu tujuan dari Sustainable...
Festival SDG`s 2019 berakhir, komitmen cinta laut dimulai
Senin, 07 Oktober 2019 - 15:14 WIB
Elshinta.com - Penyelenggaraan Festival SDG`s 2019 telah berakhir. Beragam kesan dan pengharapa...
Kampanye kurangi sampah plastik, Hamish Daud: Edukasi harus digalakkan
Minggu, 06 Oktober 2019 - 17:53 WIB
Elshinta.com - Talkshow bertema `Action for Sustainable Ocean` yang digelar pada hari tera...
Tidak hanya talkshow, sejumlah musisi meriahkan SDGs Festival
Minggu, 06 Oktober 2019 - 16:43 WIB
Elshinta.com - Acara Sustainable Development Goals (SDGs) Festival 2019 yang berlangs...
Menteri PPN/Kepala Bappenas kagum anak muda ramaikan SDGs Festival 2019
Sabtu, 05 Oktober 2019 - 15:54 WIB
Elshinta.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menghadiri acara Sustainable Develo...
Menteri PPN/Kepala Bappenas hadiri SDGs Festival 2019
Sabtu, 05 Oktober 2019 - 15:25 WIB
Elshinta.com - Acara Sustainable Development Goals (SDGs) Festival 2019 berlangsung mulai Sabtu (5/1...
Festival SDG`s, acara edutainment yang menyasar milenial
Kamis, 03 Oktober 2019 - 20:05 WIB
Elshinta.com - Festival SDG`s merupakan cara baru dalam melibatkan generasi muda atau kaum...
Alasan ini yang bikin Hamish Daud mau datang ke Festival SDG`s
Rabu, 02 Oktober 2019 - 12:25 WIB
Elshinta.com - Selebritas Hamish Daud bersedia menjadi pembicara dalam talkshow di Festival SDG...
Sob, inilah rute menuju Festival SDG`s!
Selasa, 01 Oktober 2019 - 15:45 WIB
Elshinta.com - Festival SDG's yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu atau 5 dan 6 Okto...
Menteri PPN: Festival SDGs, edukasi jaga ekosistem laut 
Jumat, 27 September 2019 - 12:04 WIB
Elshinta.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang S Brodjon...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
Deru Cantik