Benarkah kondisi kesehatan bisa dideteksi dari tangan? Ini faktanya
Elshinta
Selasa, 01 Oktober 2019 - 13:26 WIB | Penulis : Ervina Rias Palupi | Editor : Administrator
Benarkah kondisi kesehatan bisa dideteksi dari tangan? Ini faktanya
Ilustrasi. Sumber foto:https://bit.ly/2nL1IuT

Elshinta.com - Saat tubuh mengalami masalah, maka akan ada gejala yang ditimbulkan. Gejala ini bisa dilihat dari kondisi mata, kulit, juga tangan. Telapak tangan, tekstur kulit, kuku jari, kelenjar keringat, dan pigmen dapat membantu memprediksi kondisi kesehatan.

Jika merasakan keanehan atau perubahan pada tangan, sudah sewajarnya curiga akan adanya penyakit tertentu. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyakit yang bisa diprediksi dari kondisi tangan:
 
Kuku berubah tak jelas
Jika tubuh dalam kondisi sehat maka normalnya kuku berwarna merah muda karena aliran darah baik. Namun jika warnanya berubah menjadi putih, hijau ataupun kuning tanpa alasan yang jelas, bisa jadi itu adalah onycholysis.
Yakni kondisi yang disebabkan adanya infeksi jamur atau bakteri pada kuku, atau tanda adanya masalah kesehatan seperti penyakit tiroid.
 
Kuku rapuh
Kuku yang rapuh dapat menandakan terjadinya defisiensi zinc, vitamin A, vitamin C, atau biotin. Ini juga bisa menjadi salah satu tanda hipokalsemia yaitu kalsium rendah.
 
Telapak tangan berkeringat
Kelenjar keringat yang terlalu aktif, bisa juga menjadi sebagai salah satu gejala hiperhidrosis.
 
Ilustrasi. Sumber berita: https://bit.ly/2niYpLs
 
Kekuatan cengkeraman tangan
Cengkeraman juga dapat mengukur risiko serangan jantung atau stroke. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekuatan cengkeraman yang lebih lemah dapat membuat seseorang lebih sulit bertahan dari masalah medis kronis.
 
Telapak tangan memerah
Telapak tangan yang memerah bisa jadi gejala penyakit hati, yaitu sirosis hati. Kondisi memerahnya telapak tangan disebut juga dengan palmar eritrema.
Selain palmar eritrema, bintik darah yang disebut purpura juga bisa muncul. Bintik ini berwarna merah keunguan seukuran jarum pentul, terbentuk akibat protein dalam darah menggumpal karena cuaca dingin dan memblokir aliran darah.
 
Tangan bergetar
Tangan yang bergetar ketika sedang beristirahat dan tidak melakukan aktivitas apa pun dapat menjadi tanda penyakit parkinson.
 
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2nkLwjR
 
Tangan dan kuku pucat
Semua jenis anemia dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan kuku lebih pucat. Tidak tercukupinya kebutuhan sel darah merah membuat wajah sampai kuku menjadi pucat.
 
Selain perubahan warna kulit tangan dan kuku, anemia menimbulkan gejala lainnya seperti tubuh mudah lelah, muncul memar pada kulit, mudah terluka dan darah sulit membeku, serta kram kaki.
 
Tangan kasar dan rentan gatal
Tangan kasar dan rentan gatal dan ruam mungkin kondisi kulit mengalami yang disebut eksim. Eksim di tangan juga dapat menyebabkan lecet, retakan yang menyakitkan, sensasi terbakar dan kulit berdarah.
 
Ujung jari menggelembung
Clubbed nails adalah bentuk kuku yang menonjol atau menggelembung di bagian ujungnya. Menggelembungnya ujung jari disebabkan oleh kadar oksigen yang rendah dalam darah. Kelainan bentuk kuku jari ini dapat disebabkan oleh berbagai penyakit, umumnya penyakit paru dan jantung.
 
Ujung jari membiru
Ujung jari yang berubah warna kebiruaan bisa menandakan fenomena Raynaud yakni berkurangnya aliran darah ke jari tangan, kaki, ujung hidung, atau telinga. Awalnya warna kulit normal berubah menjadi putih, dalam beberapa saat kemudian membiru dan terasa dingin.
 
Garis hitam di kuku
Garis atau titik hitam di bawah kuku juga bisa menjadi tanda dari kanker kulit melanoma, salah satu jenis kanker kulit yang mematikan. Tanda lainnya adalah adanya bintil di ujung kutikel.
 
Jemari bersayap
Jika ujung jari-jari mulai tumbuh lebar, sering dikaitkan dengan penyakit paru-paru yang menandakan kurangnya oksigen dalam darah. Ini umum terjadi pada mereka yang menderita kanker paru-paru dan cystic fibrosis.
 
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2nQpfu6
 
Telapak tangan kesemutan atau mati rasa
Dalam beberapa kasus, gejala terebut bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius seperti osteochondrosis servikal, sindrom carpal tunner, trombosis vena ekstremitas, cedera pleksus brakialis, anemia dan diabetes.
 
Trigger finger
Trigger finger lebih sering terjadi pada perempuan. Trigger yang terkadang terjadi pada jari manis atau jempol disebabkan karena tendon meradang sehingga sulit untuk bergerak. Pemicunya bisa karena radang sendi, penyakit tiroid, dan diabetes.
 
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2o1VgQg
 
Kuku berkerut
Jika pada kuku terdapat sedikit tonjolan yang terlihat seperti berkerut, ini pertanda tidak mendapatkan cukup protein. Tapi tonjolan di kuku juga umum terdapat pada orang yang baru sembuh dari penyakit serius.
 
Jari-jari sosis
Jika jari terlihat bengkak, itu bisa disebabkan oleh kelebihan garam dalam tubuh. Ini juga bisa disebabkan oleh radang sendi.
 
Timbul benjolan merah yang dipenuhi nanah
Psoriasis adalah kondisi autoimun kronis yang menyebabkan kerak berwarna merah pada permukaan kulit dan dapat muncul di tangan atau kuku. Kerak itu perlahan menjadi benjolan merah yang dipenuhi nanah. Psoriasis berkaitan dengan banyak penyakit seperti arthritis dan penyakit kardiovaskular.
 
Nyeri, kaku, dan bengkak pada tangan
Penyakit-penyakit seperti rheumatoid arthritis, psoriatic arthritis, lupus, radang pembuluh darah, penyakit jaringan ikat (scleroderma), penyakit kulit dan otot, atau bahkan radang usus dapat menimbulkan rasa nyeri pada tangan, kekakuan, dan bengkak. Kondisi ini biasanya memengaruhi lutut dan pergelangan kaki.
 
Tumpukan lemak di atas ruas-ruas jari
Jika buku-buku jari terlihat seperti bengkak atau ada benjolan keras berwarna kuning, ini disebabkan oleh hiperkolesterolemia familia yang menandakan kadar kolestrol yang tinggi.
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Mengenal buah merah, tanaman herbal asli Indonesia yang bermanfaat melawan virus
Sabtu, 11 Juli 2020 - 14:52 WIB
Buah merah adalah tanaman endemik Papua yang mempunyai berbagai khasiat yang berguna bagi tubuh kita...
Kiat pilih bahan racikan minuman lezat dan sehat selama pandemi
Jumat, 10 Juli 2020 - 11:41 WIB
Kesehatan menjadi prioritas utama dalam fase normal baru di mana virus corona masih berdampak kepada...
Bagian tubuh mana saja yang bisa menjadi titik sensitif pria?
Kamis, 09 Juli 2020 - 23:15 WIB
Sebenarnya pria juga membutuhkan kelembutan dan sentuhan di bagian-bagian tertentu agar bisa meningk...
Penyandang penyakit tidak menular paling berpotensi tertular COVID-19, ini yang harus dilakukan
Kamis, 09 Juli 2020 - 07:50 WIB
Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa penyakit yang termasuk ke dalam penyakit ...
Apa hal romantis yang diinginkan pria dari pasangannya?
Rabu, 08 Juli 2020 - 23:15 WIB
Secara umum pria merupakan sosok yang diharapkan bisa menjadi seseorang yang romantis di hadapan pas...
 BRI jamin pelayanan normal pasca meninggalnya karyawan terkonfirmasi positif Covid-19
Rabu, 08 Juli 2020 - 20:47 WIB
Bank BRI memastikan Kantor Wilayah BRI Malang, Jawa Timur yang terletak di Jalan Laksamana Martadina...
Ini tips dokter Reisa untuk orang berpenyakit tak menular hindari COVID-19 
Rabu, 08 Juli 2020 - 20:11 WIB
Dokter Reisa Broto Asmoro membagikan beberapa tips untuk menekan risiko penularan COVID-19 terhadap ...
KSAD pantau langsung pengadaan laboratorium PCR 15 RS TNI AD
Rabu, 08 Juli 2020 - 18:56 WIB
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa memantau langsung laporan pengadaan l...
Waspada TBC di tengah pandemi, ini perbedaannya dengan COVID-19
Rabu, 08 Juli 2020 - 08:00 WIB
Indonesia menjadi negara ketiga terbesar dengan kasus Tuberculosis (TBC) di dunia setelah India dan ...
Dokter Reisa: Vaksin COVID-19 belum ditemukan, lindungi diri dengan protokol kesehatan
Rabu, 08 Juli 2020 - 07:15 WIB
Penularan COVID-19 masih terjadi di tengah masyarakat hingga saat ini. Selama vaksin untuk melawan v...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV