Sabet podium, Indonesia Raya menggema di ARRC Sepang
Elshinta
Selasa, 24 September 2019 - 21:24 WIB | Penulis : Cucun Hendriana | Editor : Sigit Kurniawan
Sabet podium, Indonesia Raya menggema di ARRC Sepang
Pebalap AHRT cetak prestasi di ARRC Sepang. Foto: istimewa

Elshinta.com - Pebalap muda binaan Astra Honda Racing Team (AHRT) terus mencetak prestasi membanggakan di kelas AP250 pada ajang balap Asia Road Racing Championship (ARRC) seri keenam yang berlangsung di Sepang International Circuit, Malaysia.

Lagu Indonesia Raya berkumandang keras atas raihan podium pertama oleh Irfan Ardiansyah pada balapan pertama Sabtu (21/9), disusul dengan Awhin Sanjaya yang juga meraih podium pertama pada balapan kedua Minggu (22/9) lalu.

Pada balapan pertama ARRC kelas AP250, Irfan Ardiansyah memulai balapan di baris kedua. Sejak awal balap, dirinya fokus untuk mempertahankan irama balapnya agar terjaga menghadapi sengitnya pertarungan yang rapat.

Di lap ketiga, Irfan sudah berhasil memimpin balapan. Pebalap muda asal Semarang ini tergeser ke posisi keempat hingga lap terakhir. Bersaing dengan beberapa pebalap di grup depan, Irfan perlahan berhasil naik ke posisi pertama di tikungan terakhir dan bertahan hingga finis.

Sementara itu mengawali balapan pertama di baris ketiga, Awhin Sanjaya mampu menjaga waktu dengan cukup baik. Pebalap 21 tahun ini beberapa kali sempat tertinggal namun dengan cepat melesat bergabung dengan grup terdepan dan  akhirnya finis pada posisi keempat dimana hanya terpaut 0,03 detik dengan pebalap yang finis di posisi tiga.

Lucky Herdiansya start di baris depan dan langsung berhadapan sengit dengan pebalap lainnya. Berupaya tetap fokus agar tidak terlempar dari persaingan grup depan, harus cukup puas dengan posisi keenam.

Balapan kedua kelas AP250 berlangsung semakin penuh tantangan. Begitu lampu start menyala, ketiga pebalap AHRT langsung memacu tarikan motor CBR250RR dan berusaha untuk tampil impresif.

Awhin Sanjaya beranjak naik untuk bersaing di rombongan depan. Memasuki lap ketiga, Awhin dapat memimpin rombongan balap. Dengan melakukan berbagai over take melewati pebalap lainnya diikuti tekanan pada lap akhir, Awhin berhasil menyentuh garis finis dan meraih podium pertama.

“Senang sekali, akhirnya race 2 berjalan sesuai dengan target saya bisa naik di podium tertinggi. Belajar dari race 1, saya mencoba untuk bersabar, fokus dan tidak melakukan kesalahan. Dengan momentum yang tepat, saya attack di lap terakhir dan akhirnya mampu menyentuh finish pertama. Terima kasih untuk team AHRT dan masyarakat Indonesia yang telah mendukung dan mendoakan. Kemenangan ini juga untuk kalian,”ujar Awhin dalam siaran persnya.

Rekan setimnya Irfan Ardiansyah, setelah meraih podium pertama pada satu hari sebelumnya tetap optimis untuk dapat kembali berada di posisi pertama. Dengan memulai balapan di barisan kedua, Irfan memacu kencang motornya dan membuat jarak dengan pebalap di belakangnya saat memimpin balapan. Pada lap 5, aksi crash pebalap lain tak terelakan sehingga Irfan harus mengatur keseimbangannya dan terus melaju dan finis di posisi kelima.

“Saya menghadapi situasi yang sangat menantang di balapan kedua ini. Usaha saya untuk bisa bertarung di barisan depan terhalang pembalap yang terjatuh persis di depan saya. Beruntung saya bisa kembali ke rombongan. Pada akhirnya posisi 5 adalah hasil terbaik yang bisa saya dapat di race 2 ini. Putaran terakhir di Thailand, saya akan berjuang untuk bisa jadi juara Asia,”ujar Irfan.

Sedangkan pebalap AHRT lainnya, Lucky Hendriansya yang melakukan start dari posisi kedua berusaha untuk dapat bersaing dengan pebalap-pebalap lainnya. Perlahan tapi pasti pebalap berusia 19 tahun ini terus merangsak naik di posisi ketiga pada lap 3 dan menutup race 2 ini dengan finis di posisi keempat.

Hasil balapan di seri Sepang ini menempatkan Irfan sebagai pemimpin klasemen sementara kelas AP250, disusul Awhin di posisi ke-3, dan Lucky berada di posisi ke-5.  

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Menutup pabrik Nissan di Spanyol lebih mahal dari membangunnya
Selasa, 26 Mei 2020 - 16:38 WIB
Pejabat senior kementerian industri Spanyol mengatakan, Nissan akan merasa lebih murah untuk berinve...
Perusahaan otomotif asal Jepang bersiap buka lagi pabrik di Meksiko
Selasa, 26 Mei 2020 - 13:18 WIB
Pembuat mobil Jepang, seperti Toyota, Nissan dan Honda mengatakan bahwa mereka secara bertahap akan ...
Bakal meluncur bulan depan, wajah baru Santa Fe diungkap. Seperti apa?
Selasa, 26 Mei 2020 - 11:49 WIB
Hyundai Motor Co., sebagai produsen mobil terbesar di Korea Selatan merilis teaser untuk kendaraan S...
Ada komponen rusak, ratusan ribu unit dari tujuh produsen mobil di Korea ditarik
Selasa, 26 Mei 2020 - 10:07 WIB
Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan menyatakan ada tujuh produsen k...
Daimler akan produksi mobil netral karbon mulai 2022
Selasa, 26 Mei 2020 - 08:52 WIB
Pembuat mobil mewah Jerman, Daimler mengumumkan rencana strategis perusahaan yang berkaitan dengan l...
GM buka lagi pabrik di Meksiko secara bertahap
Jumat, 22 Mei 2020 - 15:57 WIB
General Motors Co (GM) mengatakan pihaknya secara bertahap memulai kembali jalur transmisi dan motor...
Di tengah pandemi, permintaan suku cadang masih tumbuh
Jumat, 22 Mei 2020 - 11:19 WIB
HMSI masih menerima banyak permintaan spare part (suku cadang) dari sektor-sektor industri yang masi...
Tren permintaan mobil bekas susut, ini mobil paling dicari
Jumat, 22 Mei 2020 - 08:41 WIB
Permintaan mobil bekas pada platform penjualan online OLX turun menjelang Lebaran 2020, meski hargan...
Wah, peneliti GM bakal kembangkan baterai mobil listrik jutaan kilometer
Rabu, 20 Mei 2020 - 15:36 WIB
Para peneliti dan pengembang otomotif hampir menemukan jalan keluar atas masalah keterbatasan jarak ...
Mengenal Nissan NV400, ambulans pertama tanpa emisi di Jepang
Rabu, 20 Mei 2020 - 09:09 WIB
Nissan mengumumkan penggunaan ambulans tanpa emisi pertama di Jepang, NV400 Zero Emission, yang dipa...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV