Menko Luhut: Kerja sama RI-UEA kini fokus bidang ekonomi
Elshinta
Selasa, 17 September 2019 - 12:24 WIB | Penulis : Dhany Lukito | Editor : Administrator
Menko Luhut: Kerja sama RI-UEA kini fokus bidang ekonomi
Menko Luhut bersama pimpinan delegasi UEA Menteri Energi dan Industri Uni Emirat Arab (UEA), Suhail Mohamed Al Mazrouei, utusan khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan OKI, Alwi Shihab. Sumber foto: https://bit.ly/2kkIlr0

Elshinta.com - Menko Maritim, Luhut Pandjaitan menyampaikan hubungan baik Indonesia dengan United Emirat Arab (UEA) yang terjalin selama ini akan ditingkatkan menjadi hubungan kerja sama ekonomi.

“Kedua negara selama ini telah saling mendukung di berbagai forum Internasional, tetapi sekarang saatnya bagi kita untuk fokus pada kerja sama ekonomi dan bisnis," kata Luhut Pandjaitan saat bertemu dengan delegasi UEA yang dipimpin Menteri Energi dan Industri Suhail Mohamed Al Mazrouei, Senin (16/9).

UEA adalah salah satu investor global teratas di bidang pertanian, energi, perikanan, infrastruktur, dan produk keuangan. Anda Sovereign Wealth Fund (US$ 828 miliyar) adalah yang terbesar di Indonesia Timur Tengah, dan ketiga terbesar di dunia, setelah Norwegia dan Cina.

Menko Luhut mengatakan bahwa dalam kunjungan ini, ia disertai delegasi dalam jumlah yang bisa dibilang besar. “Kunjungan ini sebagai respon dari kunjungan Putra Mahkota Syekh Mohammed bin Zayed Al Nahyan dua bulan lalu. Hubungan kedua negara saat ini jauh lebih baik daripada sebelumnya. Presiden juga mempunyai hubungan yang sangat baik dengan Putra Mahkota. Kunjungan kali ini saya didampingi oleh delegasi yang bisa disebut besar, sekitar 45 orang, ini jarang sekali terjadi. Para anggota delegasi saat ini sedang melakukan pembicaraan dan kita berharap hasilnya bisa kita dapat tidak lama lagi," ujarnya.

Delegasi yang datang bersama Menko Luhut antara lain adalah dari badan usaha milik negara Pertamina, PLN,  PJB, Wijaya Karya, Waskita Karya, Jasa Marga, SMI, Inalum, serta beberapa sektor swasta. Mereka melakukan pembicaraan kerja sama ekonomi dengan rekan kerja dari negara UEA yang hasil pembicaraannya diharapkan bisa diketahui dalam waktu yang tidak lama.

Menko Luhut menjelaskan pentingnya peran UEA, yaitu Dubai dan Abu Dhabi dengan peran yang strategis di Timur Tengah. “Konektivitas dan pusat ekspor. Jadi ini merupakan kepentingan kami untuk mengembangkan kerja sama perdagangan yang lebih dekat dengan UEA agar produk kami untuk mendapatkan lebih banyak akses pasar secara global," katanya.

Dilansir dari JPP, Selasa (17/9), turut serta perwakilan dari pemerintah, antara lain Kementerian  Agama, Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara yang membidangi bidang yang sama seperti pertanian, toleransi beragama, program dana kekayaan negara, dan infrastruktur pengembangan.

“UEA aktif terlibat dalam masalah strategis seperti menyebarkan toleransi dan memerangi radikalisme. Sistem pendidikan di UEA adalah bagian dari kesuksesan UEA di bidang itu. Kami berharap untuk bekerja dengan UEA melalui pertukaran dan kerja sama di bidang pendidikan," kata Menko Luhut dalam pertemuan dengan mitra dialognya.

Pada kesempatan itu Menko Luhut mengundang para investor untuk menanamkan modalnya di bidang pariwisata, di proyek brownfield, industri pertahanan, fintech, sarana publik (seperti rumah sakit, sekolah) dll.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Kemnaker catat 1,7 juta pekerja terdampak pandemi sampai akhir Mei
Selasa, 02 Juni 2020 - 21:36 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat 1.792.108 pekerja Indonesia dirumahkan atau terkena ...
Bank Dunia proyeksikan penduduk miskin RI bertambah 9,6 juta orang
Selasa, 02 Juni 2020 - 20:46 WIB
Senior Economist The World Bank Ralph Van Doorn memproyeksikan penduduk miskin Indonesia akan mening...
Rupiah menguat, ditutup Rp14.415 per dolar AS sore ini 
Selasa, 02 Juni 2020 - 17:46 WIB
Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa menggeliat seiring pe...
IHSG melonjak 1,98% ke 4.847 pada akhir perdagangan hari ini
Selasa, 02 Juni 2020 - 17:11 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melesat pada perdagangan awal Juni. IHSG menguat 93,89 poin atau ...
Pertashop permudah akses BBM bagi warga pelosok
Selasa, 02 Juni 2020 - 14:58 WIB
Aksesibilitas energi menjadi tantangan bagi negara kepulauan seperti Indonesia. Kondisi geografis da...
BPS catat inflasi Mei sebesar 0,07%
Selasa, 02 Juni 2020 - 14:36 WIB
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Mei 2020 sebesar 0,07%. Dengan begitu, inflasi tahun ka...
Ketua MPR: Sektor pariwisata akan pulih dengan terapkan protokol kesehatan
Selasa, 02 Juni 2020 - 14:16 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meyakini sektor pariwisata yang beberapa bulan ini terdampak pandemi C...
Inflasi Mei hanya 0,07%, IHSG melonjak 2,47% ke 4.871 pada akhir perdagangan sesi I hari ini 
Selasa, 02 Juni 2020 - 14:06 WIB
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat 117,61 poin atau 2,47% ke 4.871,22 pada akhir perdagangan...
Pariwisata belum akan dibuka, protokol kesehatan yang utama
Selasa, 02 Juni 2020 - 13:10 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung Edarwan menegaskan belum ada keputusan untuk membuka pariwi...
IHSG menguat ikuti tren positif bursa global dan Asia
Selasa, 02 Juni 2020 - 10:09 WIB
Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa pagi bergerak menguat meng...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV