DPD diharapkan ikut bangun Indonesia Sentris
Elshinta
Senin, 16 September 2019 - 21:06 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Administrator
DPD diharapkan ikut bangun Indonesia Sentris
Anggota DPD RI terpilih, La Nyalla Mahmud Mattalitti. Foto: wikipedia.org/elshinta.

Elshinta.com - Anggota DPD RI terpilih, La Nyalla Mahmud Mattalitti menyambut baik komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memperkuat peran dan posisi lembaga Senator dalam satu irama untuk mempercepat terwujudnya konsep pembangunan Indonesia Sentris.

Menurut dia, orientasi Presiden Jokowi membangun Indonesia secara menyeluruh dari Sabang sampai Merauke dengan tujuan memajukan kesejahteraan umum sesuai cita-cita founding fathers yakni negara maju dan berdaulat dalam bingkai NKRI serta Pancasila.
 
“Era baru percepatan pembangunan Indonesia telah dimulai oleh Presiden Jokowi, tentu eksekutif tidak bisa dibiarkan sendirian,” kata La Nyalla di Jakarta, Senin (16/9).
 
Dalam mewujudkan percepatan pembangunan Indonesia Sentris ala Jokowi, La Nyalla akan mengajak para Senator agar menjalin hubungan harmonis antar lembaga negara baik dengan DPR, MPR maupun Presiden Republik Indonesia.
 
“Ini bagi saya sangat penting, karena tidak jarang kebuntuan yang terjadi di republik ini akibat kebuntuan komunikasi. Saya yakin kalau kita duduk satu meja dan komunikasi dengan baik, semua kendala dan hambatan akan terpecahkan, akan lahir solusi-solusi yang win-win,” ujarnya.
 
La Nyalla menjelaskan salah satu hubungan harmonis dengan Presiden adalah dukungan kepada DPD, yakni keterlibatan secara aktif Senator dalam agenda pemerintah pusat di daerah. Karena, selama ini belum menjadi protap protokol kepresidenan bahwa anggota DPD bagian melekat dalam agenda pemerintah pusat di daerah. 
 
“Padahal, para senator sejatinya adalah figur yang mewakili seluruh elemen yang ada di daerah. Salah satu kewajiban sumpah Senator memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politik kepada masyarakat di daerah yang diwakili,” katanya.
 
Selain itu, La Nyalla menilai hubungan harmonis dengan DPR RI juga tak kalah penting. Harusnya, kata dia, DPD dapat memberi kontribusi aktif dalam pembahasan anggaran transfer ke daerah.
 
“Karena, anggaran tersebut jelas harus tepat sasaran dan memang benar-benar dibutuhkan oleh masing-masing daerah yang diwakili,” katanya.
 
Oleh karena itu, La Nyalla ingin memperbanyak ruang aksi positif bagi masing-masing anggota DPD. Menurut dia, semua bisa dilakukan bermitra dengan kementerian atau badan dan lembaga terkait bahkan langsung kepala daerah.
 
“Jadi tidak hanya melalui alat kelengkapan yang ada, tapi bisa memperbanyak ruang aksi positif lainnya. Ada banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan dengan muara satu tujuan, membantu mempercepat pembangunan dan memajukan kesejahteraan umum,” jelas dia.
 
Sementara Deputi IV Kantor Staf Presiden, Eko Sulistyo seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Bayu Istiqlal mengatakan Presiden Jokowi memang memberikan peran dan fungsi DPD RI untuk mewujudkan program pembangunan pemerintah yakni Indonesia Sentris. Karena, DPD punya peran menjaga persatuan dan kesatuan di daerah.
 
“Kebijakan Indonesia Sentris Pak Presiden terutama daerah terluar, daerah terdepan, daerah pinggiran itu sangat sesuai dengan fungsi dan peran DPD. Jadi, tidak hanya berorientasi di Jawa saja. Oleh karena itu, DPD kedepan akan lebih maksimal jika melihat kebijakan ini sebagai narasi yang diperjuangkan oleh teman-teman DPD,” tandasnya.
DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Zainudin Amali beri sinyal ditunjuk jadi Menpora
Rabu, 23 Oktober 2019 - 06:55 WIB
Elshinta.com - Pengusaha sekaligus politisi Partai Golkar Zainudin Amali menjadi orang kes...
Budi Karya Sumadi lanjutkan tugas sebagai Menhub
Selasa, 22 Oktober 2019 - 18:25 WIB
Elshinta.com - Budi Karya Sumadi setelah dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana Kepresidenan,...
Anggota Fraksi Partai Nasdem jadi Ketua Komisi E DPRD Sumut
Selasa, 22 Oktober 2019 - 15:47 WIB
Elshinta.com - Jabatan Ketua Komisi E DPRD Provinsi Sumatera Utara akan diisi oleh Anggota DPRD Sum...
Bila Prabowo jadi Menhan, DPC Gerindra Lumajang: Ya, sudah tepat!
Selasa, 22 Oktober 2019 - 14:18 WIB
Elshinta.com - Periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo dengan tersebar kabar Ketua...
PDIP buka diri kerja sama dengan parpol lain
Selasa, 22 Oktober 2019 - 12:06 WIB
Elshinta.com - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengungkapkan par...
Akademisi nilai kabinet Jokowi harus profesional
Selasa, 22 Oktober 2019 - 06:50 WIB
Elshinta.com - Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FIS...
Menteri BUMN yang baru harus hindari konflik kepentingan
Senin, 21 Oktober 2019 - 13:01 WIB
Elshinta.com - Direktur Eksekutif Pusat Kajian Keuangan Negara, Adi Prasetyo mengatakan posisi ...
Ini kata pengamat soal figur menteri BUMN
Senin, 21 Oktober 2019 - 12:05 WIB
Elshinta.com - Pengamat Ekonomi Politik Salamuddin Daeng mengatakan figur Menteri BUMN haruslah...
F-PPP nilai pidato Jokowi munculkan optimisme
Senin, 21 Oktober 2019 - 08:49 WIB
Elshinta.com - Sekretaris Fraksi PPP DPR, Achmad Baidowi, menilai pidato Presiden Joko Wid...
Ekonom UI: Kabinet Jokowi perlu kaum muda mampu jadi eksekutor mumpuni
Sabtu, 19 Oktober 2019 - 21:35 WIB
Elshinta.com - Kualifikasi sudah diungkapkan Presiden Jokowi jika akan menempatkan kalanga...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)