Mak Sariyah, tak tamat SD dan pernah jadi ART, kini sukses jadi produsen sari lemon
Elshinta
Selasa, 03 September 2019 - 10:10 WIB | Penulis : Cucun Hendriana | Editor : Administrator
Mak Sariyah, tak tamat SD dan pernah jadi ART, kini sukses jadi produsen sari lemon
Tak lulus SD, Mak Sariyah sukses jadi produsen sari lemon. Foto: istimewa

Elshinta.com - Siapa sangka, Emak Sariyah yang sebelumnya pernah berprofesi sebagai asisten rumah tangga, lewat inovasinya dalam memproduksi sari lemon, saat ini sudah memanen hasil jerih payahnya.

Mak Sariyah, demikian orang menyapanya, adalah tipikal ibu rumah tangga pekerja keras. Demi kebutuhan keluarganya, ia sebelumnya pernah melakoni pekerjaan sebagai asisten rumah tangga. Selain pekerjaan itu, dirinya juga pernah bekerja sebagai pemeras lemon.

Demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga termasuk biaya sekolah anaknya, sederet pekerjaan lain juga pernah dilakukannya, seperti bekerja di butik sambil tetap berjualan. “Dulu memang saya pernah menjadi pemeras lemon. Pengalaman ini membuat saya mengerti bagaimana mengolah dan memeras lemon, sampai kemudian disajikan sebagai minuman sehat. Pernah juga kerja di butik untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan biaya sekolah anak. Alhamdulillah sekarang anak saya bisa kuliah,” sebutnya.

Mak Sariyah bercerita, pada 2014 dirinya didaulat menjadi UKM Binaan Dinas Perikanan di Kota Depok, Jawa Barat. Ketika itu dirinya membuat usaha kerupuk berbahan baku rumput laut. Dibantu sang suami, Aki Salim, ia menjajakkan barang dagangannya secara keliling di kawasan Depok.

Suka dan duka dalam bisnis pun pernah dialaminya. Dengan modal minim, diakuinya, banyak kendala yang dilaluinya dalam menjalankan usahanya tersebut.

“Dulu saya pernah mendapat pesanan kerupuk rumput laut, tapi kondisinya saya sedang tidak ada uang sama sekali untuk produksi. Akhirnya saya nekat pinjam dana agar bisa produksi. Pesanan itu pun bisa saya penuhi. Lalu, saya dan suami mengantarnya, tapi saat sampai tidak langsung dibayar, besok bilangnya. Saya lihat-lihatan tuh sama si Aki,” kata Mak Sariyah sambil tersenyum.

Menurut wanita paruh baya ini, banyak pengalaman pahit lain yang diingatnya hingga kini, misalnya motor yang dipakai untuk mengantar pesanan kerupuk mendadak mogok di jalan, dan lain-lain. Tapi semua itu tak pernah menyurutkan nyali dan semangatnya dalam berwirausaha. Bahkan, itulah pendorong yang memecutnya untuk bisa meraih sukses.

Setelah sekian lama berbisnis kerupuk, ia mulai terpikir untuk merintis usaha lain. Usaha tersebut sesuai dengan keahliannya dalam memeras lemon. Akhirnya, dibuatlah produk perasan sari lemon asli dengan nama Sheila Fresh.

Bisnis ini pun bukan tanpa rintangan. Agar produknya sukses menembus pasar, Mak Sariyah tak pernah bosan menawarkan produknya ke banyak orang. Jerih payahnya terbayar sudah, sebab kini produknya sudah dinikmati banyak orang, terutama para pejuang diet di Tanah Air.

Untuk tenaga produksi, saat ini Mak Sariyah dibantu oleh anak-anaknya: Santi Susela, Reni Alvianti, Sheila Febrianti, para menantu, dan juga para tetangganya. “Alhamdulillah, saat ini Sheila Fresh mulai dikenal oleh masyarakat dan dapat sejajar dengan produk minuman lainnya,” ujarnya.

Dibawah bendera usaha CV Sumber Rejeki, Sheila Fresh menghadirkan ekstrak sari lemon asli dengan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. “Untuk semakin memudahkan masyarakat, saat ini tidak perlu lagi memeras jeruk lemon untuk mendapatkan sari lemonnya, karena telah tersedia sari lemon tanpa campuran apapun, dikemas dalam botol food grade standar SNI,” ujarnya.

Sukses menjadi produsen sari lemon dengan menghabiskan 7 hingga 8 ton lemon lokal per minggu, ke depan Mak Sariyah berharap agar bisa membuka lapangan pekerjaan lebih banyak lagi buat masyarakat sekitarnya. Wanita yang tidak tamat Sekolah Dasar (SD) ini juga tidak lupa menyisihkan sebagin rezekinya untuk anak-anak yatim dan membangun rumah ibadah. 

Terkait usahanya kini, lebih lanjut, Mak Sariyah menjelaskan sejumlah manfaat mengonsumi sari lemon. Selain untuk diet, sari lemon juga dapat menjaga kesehatan pada mulut. Seperti menghentikan pendarahan pada gusi dan menyingkirkan bau mulut.

“Air lemon juga bisa berfungsi sebagai detoks alami yang  sangat aman buat tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung dengan kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya,” pungkas dia.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Hotman Paris dukung pengusaha muda ini pelopori batik moderen pertama di Indonesia
Selasa, 18 Februari 2020 - 08:42 WIB
Industri fashion terus berkembang, seiring dengan kemajuan zaman. Termasuk batik, kini memakai batik...
Inspirasi Rico Huang: Sukses di usia 24 tahun, kini mantap menatap bisnis photobook
Minggu, 02 Februari 2020 - 10:30 WIB
Dengan banyaknya data dan nilai pasar yang tinggi, photobook menjadi salah satu variasi produk print...
Sukses berbisnis batik, Michael Wirawan bangun brand baru yang sasar wanita milenial
Kamis, 23 Januari 2020 - 15:41 WIB
Namanya Michael Wirawan. Usianya masih muda, tercatat baru 24 tahun. Tapi soal bisnis, dia memiliki ...
Brand kecantikan karya anak bangsa ini sukses jelajahi pasar Eropa
Minggu, 19 Januari 2020 - 16:38 WIB
Berkat ekstrak kayu cendana, daun nilam, kemangi, bunga jempiring, bunga mawar, melati, kamboja, kay...
Jadi CEO private equity termuda di Asia Tenggara, Timothy Tandiokusuma kelola AUM Rp1,2 T
Senin, 13 Januari 2020 - 17:04 WIB
Timothy Tandiokusuma, usianya masih muda, 26 tahun, tapi dirinya cukup sukses menggeluti bisnis priv...
Mengenal Dicky Firmansyah, milenial di kancah industri digital Tanah Air
Selasa, 07 Januari 2020 - 15:16 WIB
Besarnya  potensi industri digital di Indonesia membuat para pelaku industri digital meyakini bahwa...
Dari Pekayon ke Cikunir Raya: Hardianto anak muda dibalik sukses Hardy Classic
Selasa, 10 Desember 2019 - 09:58 WIB
Kiprah Hardy Classic dalam bidang interior mobil sudah tidak diragukan lagi. Dengan pengalaman belas...
Jatuh bangun Jerry Hermawan Lo hingga sukses jadi pengembang properti
Minggu, 24 November 2019 - 14:31 WIB
Industri properti menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan di dunia. Oleh karena itu, banya...
Ini kisah Bahlil Lahadalia, `anak terminal` yang ditunjuk jadi Kepala BKPM
Jumat, 25 Oktober 2019 - 10:05 WIB
Hidup berbalut kemiskinan, itulah masa lalunya. Bahlil, meski terlahir dari keluarga sederhana, tak ...
Tas limbah plastik karya Deasy Esterina yang tembus pasar global
Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:13 WIB
Adalah Deasy Esterina yang tertarik untuk mengolah limbah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat. I...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)