BMKG: Aktivitas gempa di Kalimantan paling rendah
Elshinta
Sabtu, 24 Agustus 2019 - 20:52 WIB |
BMKG: Aktivitas gempa di Kalimantan paling rendah
Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati. Sumber Foto: https://bit.ly/2MBymtQ

Elshinta.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa Pulau Kalimantan adalah satu-satunya pulau di Indonesia dengan tingkat aktivitas kegempaan relatif paling rendah.

Demikian dikatakan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Sabtu (24/8).

Dwikorita memaparkan kondisi seismisitas Pulau Kalimantan yang relatif rendah ini berdasarkan sejumlah fakta, yang salah satunya karena wilayah Pulau Kalimantan memiliki jumlah struktur sesar aktif jauh lebih sedikit daripada pulau-pulau lain di Indonesia.

"Meskipun di Pulau Kalimantan terdapat struktur sesar dan memiliki catatan aktivitas gempa bumi, tetapi secara umum wilayah Pulau Kalimantan masih relatif lebih aman jika dibanding daerah lain di Indonesia, seperti Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Papua yang memiliki catatan sejarah gempa merusak dan menimbulkan korban jiwa sangat besar," kata Dwikorita.

Selain itu wilayah Pulau Kalimantan lokasinya cukup jauh dari zona tumbukan lempeng (megathrust), sehingga suplai energi yang membangun medan tegangan terhadap zona seismogenik di Kalimantan tidak sekuat dengan akumulasi medan tegangan zona seismogenik yang lebih dekat zona tumbukan lempeng.

Selanjutnya juga beberapa struktur sesar di Kalimantan kondisinya sudah berumur tersier sehingga segmentasinya banyak yang sudah tidak aktif lagi dalam memicu gempa.

Namun demikian, Dwikorita mengatakan untuk mengantisipasi terjadinya bencana khususnya di wilayah pesisir Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan yang berhadapan dengan sumber gempa perlu disusun strategi mitigasi bencana dengan menyiapkan tata ruang pantai agar masyarakat pesisir lebih aman.

"Tata ruang pemanfaatan daerah pesisir harus berbasis mitigasi bencana. Ini penting guna mengantisipasi bencana tsunami di pantai rawan tsunami dan tangguh menghadapi tsunami," katanya.

Selain itu, lanjut Dwikorita, konsep evakuasi mandiri juga menjadi pilihan tepat dan efektif untuk menyelamatkan masyarakat dari ancaman tsunami. Evakuasi mandiri dengan menjadikan guncangan gempa kuat sebagai peringatan dini tsunami alami dapat menjamin keselamatan masyarakat.

Dwikorita mengungkapkan edukasi evakuasi mandiri dan pelatihan evakuasi akan menjadi materi penting dalam kegiatan sosialisasi untuk masyarakat dan stakeholder di wilayah pantai rawan tsunami.

Pelatihan tersebut perlu dilakukan oleh berbagai Lembaga terkait, seperti BNPB, BPBD, BMKG, dan sebagainya. Masyarakat yang ditinggal di zona sesar aktif dan di kawasan pesisir juga harus memahami bagaimana cara selamat saat terjadi gempa bumi dan tsunami.

"Jika tempat tinggal kita di daerah rawan, maka yang penting dan harus disiapkan adalah langkah mitigasinya, kesiapsiagaannya, kapasitas masyarakat dan stakeholder, serta infrastruktur yang kuat untuk menghadapi gempa dan tsunami yang mungkin terjadi," terangnya.

Sementara itu, Deputi Geofisika BMKG Mohammad Sadly, mengatakan Pulau Kalimantan relatif lebih aman secara seismik jika dibandingkan dengan pulau-pulau besar di Indonesia.

Meski demikian, saat ini BMKG bersama kementerian dan lembaga terkait sedang menyiapkan sistem monitoring gempa dan langkah-langkah mitigasi gempa bumi dan tsunami yang lebih mumpuni untuk menjaga keselamatan masyarakat dan keberlanjutan perekonomian di calon wilayah Ibukota tersebut.

"BMKG bersama Kementerian/Lembaga lain berupaya meminimalisir sekecil mungkin risiko kebencanaan di wilayah tersebut dengan menyiapkan skenario mitigasi bencana yang tepat, terpadu, dan berkesinambungan," tutur Sadly, demikian Antara. (Anj)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Satgas Yonif RK 136/TS bantu warga bangun rumdis guru di Desa Lisabata Maluku
Senin, 20 Januari 2020 - 16:39 WIB
Personel Pos Wakolo Satuan Tugas Batalyon Infanteri Raider Khusus 136/Tuah Sakti (Satgas Yonif RK 13...
Sekda Teddy: Tidak semua jabatan administrasi dapat jadi fungsional
Senin, 20 Januari 2020 - 16:07 WIB
Pemerintah pusat berencana melakukan perampingan birokrasi di struktur pemerintahan pusat dan daerah...
Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Jateng menurun drastis
Senin, 20 Januari 2020 - 15:37 WIB
Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara selama tahun 2019 ke Jawa Tengah turun hingga mencapai delapa...
Ratusan warga serbu festival durian di Magelang
Senin, 20 Januari 2020 - 15:17 WIB
Festival durian di Dusun Saren-Purwosari Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Minggu (19/1) berlan...
Delapan seniman Bali gelar pameran di Limanjawi Art Borobudur
Senin, 20 Januari 2020 - 15:07 WIB
Pameran lukisan yang mengusung tema `Spesial Perception` di gelar delapan seniman asal Bali di galer...
Polda Sumut <i>teken</i> pakta integritas seleksi Sespimmen, Sespimma dan SIP
Senin, 20 Januari 2020 - 14:58 WIB
Kapolda Sumut pimpin pelaksanakan penandatanganan fakta integritas dan pengambilan sumpah kepada sel...
Wakapolda Papua pastikan kesiapan personel amankan PON dan Pilkada
Senin, 20 Januari 2020 - 13:57 WIB
Wakapolda Papua Brigjen Pol Yakobus Marjuki memastikan kesiapan personelnya untuk pengamanan dua age...
Labuan Bajo dipersiapkan sebagai tuan rumah acara internasional
Senin, 20 Januari 2020 - 13:28 WIB
Presiden Joko Widodo mengatakan kawasan wisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur dipersiapkan sebaga...
KSPI minta DPR tolak RUU Cipta Lapangan Kerja
Senin, 20 Januari 2020 - 13:02 WIB
Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) meminta DPR RI untuk menolak Rancangan Undang-Undang (R...
BMKG keluarkan peringatan dini cuaca Jabodetabek siang ini
Senin, 20 Januari 2020 - 12:43 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk wilaya...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV