Traveling sendirian ke Cirebon tidak masalah, kunjungi 5 tempat wisata ramah wanita ini
Elshinta
Sabtu, 24 Agustus 2019 - 08:07 WIB | Penulis : Sigit Kurniawan | Editor : Sigit Kurniawan
<i>Traveling</i> sendirian ke Cirebon tidak masalah, kunjungi 5 tempat wisata ramah wanita ini
Kraton Kasepuhan Cirebon. Foto: www.jawapos.com/Elshinta.

Elshinta.com - Solo traveling kini menjadi tren yang semakin diminati, tak terkecuali oleh kaum Hawa. Kebebasan dalam menentukan waktu, tempat, dan moda transportasi jadi sebagian kecil alasan banyak orang memilih model wisata yang satu ini. Bagi wanita, memilih lokasi wisata untuk bepergian sendiri mungkin akan lebih menantang. Banyak faktor keamanan yang patut dipertimbangkan sebelum pergi.

Tak perlu khawatir, melancong di kota kecil seperti Cirebon bisa jadi pengawal yang bagus untuk memulai perjalanan solo traveling Anda. Sebagai referensi, berikut ada beberapa tempat wisata menarik yang aman dikunjungi sekalipun sendirian. Jangan lupa untuk booking hotel di Cirebon sebagai tempat menginap Anda saat solo traveling ke kota ini.

1. Keraton Kasepuhan
Keraton yang didirikan pada tahun 1500-an ini jadi destinasi pertama yang wajib dikunjungi saat solo traveling ke Cirebon. Nuansa etnik dan tradisional yang kental akan membawa Anda ke masa lalu, masa kejayaan Kesultanan Cirebon. Di dalamnya terdapat koleksi benda sejarah mulai dari ukiran, rebana Sunan Kalijaga, kereta kuda, meriam, dan benda-benda bernilai sejarah lainnya. 

 
(sumber: jawapos.com)

Area luar keraton juga dipenuhi pedagang yang menjajakan makanan ringan khas Cirebon. Untuk memasuki bangunan Keraton Kasepuhan, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp15.000. Terjangkau, bukan?

2. Kampung Batik Trusmi

Cirebon identik dengan batiknya yang cantik. Jika tertarik melihat aneka motif batik khas Cirebon serta cara pembuatannya, datang saja ke Kampung Batik Trusmi yang berlokasi di Desa Trusmi, Kecamatan Plered. Begitu memasuki kawasan Kampung Batik, suasana khas yang meriah dan etnik langsung terasa. Gerai batik pun dapat dengan mudah ditemukan di sini. Hitung-hitung belanja oleh-oleh sambil belajar perkembangan batik khas Cirebon.

3. Trupark Museum
 

(sumber : umahbisnis.com)

Masih berada di kawasan Kampung Batik Trusmi, Trupark Museum sayang untuk dilewatkan begitu saja. Museum modern yang menyimpan aneka koleksi batik khas Cirebon dan kota lainnya ini juga punya deretan spot foto Instagramable untuk pengunjung. Di dalam museum terdapat ruangan khusus tempat para perajin melukis batik khas Cirebon memamerkan proses kreatifnya. Dijamin, wisata di Trupark Museum tidak akan terasa membosankan.

4. Pantai Kejawanan

Meski tidak seindah pantai lainnya yang populer, Pantai Kejawanan bisa menjadi lokasi alternatif untuk menikmati sunset Kota Cirebon. Pemandangan makin terasa syahdu saat perahu-perahu pencari ikan lalu-lalang di tengah perairan yang berwarna jingga. Saat berkunjung ke sini, Anda mungkin akan mencium aroma ikan yang tajam. Jangan khawatir, begitu memasuki area pantai, baunya akan sedikit tersamarkan.

5. Taman Sari Gua Sunyaragi
Satu lagi tempat wisata populer yang aman dikunjungi sendirian: Taman Sari Gua Sunyaragi. Tempat pertapaan keluarga keraton pada masa lalu ini menyimpan keindahan arsitektur masa lampau yang berpadu dengan konsep wisata modern. Objek wisata yang berlokasi di Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon ini sekarang sudah memiliki aneka wahana seru, seperti balon udara, sepeda terbang, serta spot foto Instagramable. Harga tiket masuknya pun murah, yakni sekitar Rp10.000-Rp15.000.
 
(sumber : suarajabarsatu.com)

Itulah lima tempat wisata yang layak dikunjungi saat solo traveling. Biar makin aman dan nyaman, pilih juga penginapan dengan fasilitas lengkap, syukur-syukur jika tarifnya terjangkau. Hotel di Cirebon banyak pula yang menawarkan tarif terjangkau untuk backpacker. Jika mau yang fasilitasnya sudah pasti terjamin, booking hotel melalui aplikasi Airy.​

Selain harganya murah, hotel Airy dilengkapi jaminan fasilitas, lho. Proses bookingnya pun cepat dan mudah. Liburan sendirian jadi lebih praktis dan makin menyenangkan. Sudah siap memulai solo traveling? Segera persiapkan perjalanan Anda sekarang juga!

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
12 Juli 1975, Monas resmi dibuka untuk umum 
Minggu, 12 Juli 2020 - 08:30 WIB
Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan ...
Sumbar tetap gelar Peduli Wisata Award Sumbar 2020
Sabtu, 11 Juli 2020 - 13:57 WIB
Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tetap akan memberikan penghargaan Peduli Wisata Award (PWA) Sumat...
Sumbar susun trik agar wisatawan tinggal lebih lama
Sabtu, 11 Juli 2020 - 13:18 WIB
Dinas Pariwisata Sumatera Barat menyusun trik untuk menahan wisatawan agar mau tinggal lebih lama di...
 DPRD Kabupaten Bandung fokus dalam pengembangan wisata
Kamis, 09 Juli 2020 - 20:56 WIB
Di kawasan hutan belantara tepatnya kawasan destinasi Nyampay, reses Ketua DPRD Kabupaten Bandung H...
Akses wisatawan ke Kepulauan Seribu akan diperketat
Rabu, 08 Juli 2020 - 20:35 WIB
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu terus memperketat pengawasan wilayah, terutama akses ...
Jateng kucurkan Rp14 miliar untuk perbaiki jalur evakuasi Merapi
Rabu, 08 Juli 2020 - 19:35 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengucurkan dana bantuan Rp14 miliar untuk memperbaiki jalur evakuas...
Kemenparekraf sosialisasi protokol kesehatan demi tingkatkan kepercayaan wisatawan
Selasa, 07 Juli 2020 - 09:48 WIB
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Bapar...
Sudah punya rencana untuk travelling di `new normal`? Ini pesan untuk traveller
Senin, 06 Juli 2020 - 10:10 WIB
Pada masa adaptasi kebiasaan baru untuk masyarakat yang produktif dan aman COVID-19, beragam sektor ...
Luhut telepon Menlu Singapura terkait pariwisata Lagoi di Bintan
Kamis, 02 Juli 2020 - 20:55 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menelepon Menteri Luar Negeri ...
Pemprov NTT: Wisata Pulau Komodo dan Pulau Padar bersifat eksklusif
Selasa, 30 Juni 2020 - 15:13 WIB
Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Wayan Darmaw...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV