DPR targetkan lima RUU rampung
Kamis, 16 Mei 2019 - 07:39 WIB | Penulis : Angga Kusuma | Editor : Dewi Rusiana
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memimpin rapat konsultasi pimpinan DPR dengan para ketua pansus dan panja RUU dan ketua-ketua Komisi di ruang rapat pimpinan DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (15/5). Sumber foto: https://bit.ly/2LLZOWb

Elshinta.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan bahwa lembaganya menargetkan lima rancangan undang-undang (RUU) selesai hingga Masa Sidang V DPR RI yang akan berakhir pada tanggal 25 Juli 2019.

"Berdasarkan hasil rapat koordinasi antara pimpinan DPR, pimpinan komisi DPR, pimpinan Pansus DPR RI, dan Pimpinan Legislasi DPR RI, kami optimistis lima RUU tersebut bisa diselesaikan pada masa sidang ini," kata Bamsoet, dalam keterangan tertulis, di Jakarta.

Lima RUU tersebut yaitu RUU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), RUU Jabatan Hakim, RUU Pemasyarakatan, RUU Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan serta RUU Ekonomi Kreatif.

Menurut Bamsoet, dalam rapat konsultasi pimpinan DPR dengan para ketua pansus dan panja RUU dan ketua-ketua komisi di ruang rapat pimpinan DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada masa sidang berikutnya yang akan dimulai bulan Agustus hingga September 2019, diharapkan ada empat RUU yang bisa diselesaikan, yaitu RUU Mahkamah Konstitusi, RUU Sistem Budi Daya Pertanian Berkelanjutan, RUU Perkoperasian serta RUU Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Dia sangat berharap RUU KUHP bisa diselesaikan pada masa sidang ini, sehingga bisa menjadi kado terindah saat HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus mendatang. "DPR dan Pemerintah memandang penting menyelesaikan RUU KUHP, karena sampai saat ini kita masih menggunakan KUHP peninggalan Belanda," ujarnya, dikutip Antara.

Dia menilai, apabila DPR dan Pemerintah dapat menyelesaikan pembahasan RUU KUHP tersebut akan menjadi peninggalan sekaligus hadiah terindah dalam rangka peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2019.

Bamsoet mengingatkan kembali tanggung jawab penyelesaian RUU tidak hanya di DPR RI, namun Pemerintah memiliki tanggung jawab yang sama. "Sebab, sebuah RUU tidak dapat diselesaikan tanpa adanya pembahasan serta keputusan bersama antara DPR RI dan Pemerintah," katanya lagi.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Minggu, 26 Mei 2019 - 21:41 WIB
Elshinta.com - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Jambi mengingatkan para p...
Minggu, 26 Mei 2019 - 21:31 WIB
Elshinta.com - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta melarang pengemudi bus pariw...
Minggu, 26 Mei 2019 - 21:27 WIB
Elshinta.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tegaskan pesawat Boeing 737 MAX 8 masih di...
Minggu, 26 Mei 2019 - 20:41 WIB
Elshinta.com - Jajaran Polres Cianjur, Jawa Barat, mengimbau pemudik dengan tujuan Cianjur Sela...
Minggu, 26 Mei 2019 - 20:21 WIB
Elshinta.com - Polres Sukoharjo memprediksi empat titik rawan macet sepanjang arus mudik dan ba...
Minggu, 26 Mei 2019 - 20:17 WIB
Elshinta.com - Menjelang Operasi Ketupat 2019 dan musim mudik Lebaran 2019, Kakorlantas Po...
Minggu, 26 Mei 2019 - 19:22 WIB
Elshinta.com - Sebanyak empat mobil yang terparkir di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan ...
Minggu, 26 Mei 2019 - 19:13 WIB
Elshinta.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang menyediakan total tiket mu...
Minggu, 26 Mei 2019 - 18:26 WIB
Elshinta.com - Sejumlah personel Polres Cirebon Kota yang bertugas di Jalan Tentara Pelajar, Ko...
Minggu, 26 Mei 2019 - 18:18 WIB
Elshinta.com - Polisi menangkap seorang pengendara motor kedapatan membawa narkoba jenis s...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)
ElshintaBandung