Keyakinan dan semangat juang, kunci kemenangan Spurs atas Ajax
Elshinta
Kamis, 09 Mei 2019 - 06:27 WIB |
Keyakinan dan semangat juang, kunci kemenangan Spurs atas Ajax
Pemain Tottenham Hotspur merayakan gol ke gawang Ajax Amsterdam pada pertandingan semifinal Liga Champions di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Kamis (9/5). Sumber foto: https://bit.ly/305xaSZ

Elshinta.com - Pemain gelandang Tottenham Hotspur, Christian Eriksen mengatakan bahwa mereka lebih mengandalkan keyakinan serta semangat juang dibanding taktik untuk bangkit dari ketinggalan agregat 0-3 dan membalikkan keadaan saat menyingkirkan Ajax Amsterdam di semifinal kedua Liga Champions, Kamis dinihari WIB.

Pada pertemuan pertama, Hotspurs yang bermain di hadapan pendukung sendiri menyerah 0-1 dan seperti sudah tidak punya harapan saat ketinggalan 0-2 dan memperbesar ketinggalan dengan agregat 0-3 saat bertandang ke markas Ajax.

Tapi di luar perkiraan, Hotspur berhasil bangkit dari ketinggalan 0-2 berbalik menang 3-2 berkat hatrik pemain asal Brazil, Lucas Moura. Dengan kemenangan tersebut, Hotspurs pun berhasil menyamakan skor dengan agregat 3-3, tapi berhak lolos ke final berkat keunggulan produktivitas gol tandang. "Itu adalah penampilan non-taktis, dan dari sebuah pertarungan, lebih kepada keyakinan diri dan begitulah kami memenangi pertandingan," kata Eriksen kepada BT Sport seperti dikutip Antara dari Reuters.

"Itu adalah pertandingan yang d iluar perkiraan. Kami benar-benar ketinggalan jauh, kami mencoba bangkit dan kami hanya beruntung. Saya merasa kasihan pada Ajax, mereka memainkan permainan yang sangat bagus melawan kami," kata Eriksen, pemain asal Denmark itu.

"Pada akhirnya kami hanya beruntung karena berhasil mencetak gol. Ini melegakan, karena kami telah berjuang dan saya pikir ini adalah impian bagi semua orang untuk berada di final Liga Champions," katanya.

Eriksen juga mengakui bahwa tidak ada perubahan taktis yang signifikan di babak pertama karena Spurs mencoba memberikan perlawanan pada babak kedua. "Kami hampir tidak berani melihat muka kami sendiri di kaca jika kami  kebobolan tiga gol sehingga ketinggalan menjadi 0-4, kami harus bangkit dan melawan, tidak ada pilihan lain," kata Eriksen.

Sementara itu pemain belakang Spurs, Danny Rose mengakui bahwa mendapat inspirasi dari kebangkitan Liverpool, klub senegara yang akan mereka hadapi di partai puncak pada 1 Juni mendatang di Madrid. "Kami melihat Liverpool tadi malam. Pertandingan itu menunjukkan bahwa semua belum selesai sebelum pertandingan benar-benar belum berakhir," katanya.

"Sang pelatih memberikan contoh penampilan Liverpool di hotel sebelum pertandingan. Pelatih tidak keberatan kami kalah, tetapi kami harus kalah dengan cara yang benar," kata Rose.

Tottenham terlihat sudah kehilangan harapan ketika kapten Ajax, Matthis de Ligt mencetak gol pembuka tuan rumah ketika pertandingan baru berjalan lima menit dan Hakim Ziyech memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-35, sehingga Ajax pun unggul agregat 3-0.

Berselang 24 jam setelah kebangkitan Liverpool yang secara dramatis berhasil membalikkan keadaan untuk menyingkirkan Barcelona dengan agregat 4-3 setelah pada pertemuan pertama kalah 0-3, Tottenham pun melakukan hal serupa untuk mencapai final Liga Champions untuk pertama kali.

Suasana pesta yang mewarnai Johan Cruyff Arena pun mendadak menjadi hening berbalik menjadi suram setelah Moura, pemain asal Brazil tersebut mencetak gol ketiga untuk memastikan langkah Spur ke final.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
UEFA konfirmasi arena leg kedua 16 besar Liga Champions
Jumat, 10 Juli 2020 - 06:22 WIB
UEFA pada Jumat (10/7) dini hari WIB mengumumkan bahwa empat pertandingan leg kedua babak 16 besar L...
UEFA resmi umumkan Liga Champions dilanjutkan Agustus
Kamis, 18 Juni 2020 - 08:10 WIB
Asosiasi Sepak Bola Eropa atau UEFA secara resmi mengumumkan bahwa sisa laga Liga Champions musim 20...
UEFA putuskan akhir Liga Champions pekan depan
Kamis, 11 Juni 2020 - 18:47 WIB
UEFA pekan depan berencana menentukan akhir musim kompetisi Liga Champions dan Liga Europa yang suda...
Pemerintah Inggris bela perizinan laga Liverpool vs Atletico Madrid
Selasa, 21 April 2020 - 12:53 WIB
Pemerintah Inggris membela perizinan kelangsungan pertandingan Liverpool vs Atletico Madrid dan fest...
PSG harus percaya diri jika tak ingin dilamun Signal Iduna Park
Selasa, 18 Februari 2020 - 18:45 WIB
Paris Saint-Germain harus punya kepercayaan diri yang besar jika tak ingin tenggelam dilamun atmosfe...
Neymar siap perkuat PSG hadapi Dortmund pada Liga Champions
Selasa, 18 Februari 2020 - 06:15 WIB
Neymar dimasukkan ke skuad Paris Saint-Germain untuk pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champion...
Menang 2-0, Juventus kirim Bayer Leverkusen ke Liga Eropa
Kamis, 12 Desember 2019 - 07:15 WIB
Juventus meraih kemenangan 2-0 atas tuan rumah, Bayer Leverkusen, sekaligus mengirim tim besutan Pet...
Menang 4-1, Manchester City kubur mimpi Dinamo Zagreb ke 16 besar
Kamis, 12 Desember 2019 - 06:44 WIB
Gabriel Jesus mencetak trigol untuk mengantarkan Manchester City melumat Dinamo Zagreb 4-1 dalam lag...
Tanpa Messi, Ansu Fati bawa Barcelona kubur mimpi Inter ke fase gugur
Rabu, 11 Desember 2019 - 11:37 WIB
Bintang remaja Barcelona, Ansu Fati mengubur mimpi Inter Milan lolos ke fase gugur Liga Champions se...
Grup F Liga Champions: Dortmund lolos ke 16 besar dampingi Barcelona
Rabu, 11 Desember 2019 - 08:16 WIB
Barcelona dan bintang remajanya Ansu Fati turut berperan membantu Borussia Dortmund lolos ke babak 1...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV