Luas kebakaran hutan dan lahan di Riau 1.761 hektare
Elshinta
Selasa, 12 Maret 2019 - 09:44 WIB |
Luas kebakaran hutan dan lahan di Riau 1.761 hektare
Sumber Foto: https://bit.ly/2VSaLG8

Elshinta.com -Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau sejak Januari tahun ini luasnya sudah lebih dari 1.761 hektare dan banyak terjadi di daerah pesisir.

“Luas lahan yang terbakar dari 1 Januari sampai dengan hari ini sejumlah kurang lebih 1.761,41 hektare,” kata Wakil Komandan Satuan Tugas (Satgas) Siaga Darurat Karhutla Riau, Edwar Sanger  di Pekanbaru, Selasa (12/3), dikutip Antara.

Hingga awal Maret ini, areal lahan gambut yang terbakar bertambah banyak karena terjadi kebakaran Desa Harapan dan Gayung Kiri Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti seluas sekitar 29 hektare. Kemudian di Desa Kemang Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan seluas sekira satu hektare, di Parit Undal dan Parit Muksin Desa Segamai Kecamatan Teluk Meranti juga Kabupaten Pelalawan seluas dua hektare.

Kemudian di Jalan Simpang Saleh Desa Teluk Lecah Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis seluas 10 hektare, dan di Jalan Satria Ujung, Jalan Satria, Jalan Mekar dan Jalan Karya Ujung Desa Ulu Pulau Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis meluas jadi dua hektare.

Berdasarkan data Satgas, hanya dua dari 12 kabupaten/kota di Riau yang pada tahun ini tidak dilanda karhutla, yakni Rokan Hulu dan Kuantan Singingi. Daerah paling rendah luas Karhutla sejauh ini ada di Kabupaten Indragiri Hulu yakni 1,5 hektare sedangkan daerah paling luas dilanda karhutla adalah Kabupaten Bengkalis yang mencapai 955,5 Ha.

Daerah-daerah pesisir tercatat paling banyak dilanda kebakaran. Selain Bengkalis ada juga Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mencapai 254,5 Ha, Kepulauan Meranti 216.4 Ha, dan Kota Dumai 133 Ha. Kemudian Kabupaten Siak seluas 70,75 Ha, Kota Pekanbaru 21,76 Ha, Kampar 19,5 Ha, Indragiri Hilir 48 Ha, dan Pelalawan 40,5 Ha.

Edwar mengatakan Karhutla di sejumlah daerah sudah mulai bisa dikendalikan. Beberapa daerah mulai turun hujan meski sifatnya lokal, seperti di Kota Pekanbaru. Hingga Senin sore (11/3) kualitas udara juga relatif baik dari pencemaran jerebu akibat Karhutla.

Karhutla yang sudah berlangsung lebih dari sebulan masih terjadi di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis. Sebanyak 100 personel Yon Armed Kostrad yang diperbantukan dari Jakarta hingga Senin kemarin (11/3) masih membantu proses pemadaman di Jl. Sekda Kelurahan Pergam, Kecamatan Rupat. Kebakaran lahan gambut di tempat itu diduga berawal dari lahan kelapa sawit milik mantan pejabat Bengkalis.

Di Rupat juga muncul titik api baru muncul di Desa Teluk Lecah yang cepat menyebar hingga seluas sekira 10 Ha. Tim pemadam gabungan kesulitan untuk menjangkau lokasi karena minim akses jalan, namun beruntung di lokasi sempat turun hujan sehingga kini kondisi kebakaran tinggal menyisakan sedikit bara dan asap.

Terkait penegakan hukum, Edwar mengatakan Satgas Penegakan Hukum menangani enam kasus dugaan pembakaran lahan antara lain di Kota Dumai ada empat kasus, dan Bengkalis serta Meranti masing-masing satu kasus. Penanganan kasus dilakukan oleh jajaran Polda Riau.

Polisi sudah menetapkan enam orang tersangka dan lima orang sudah ditahan, antara lain di Bengkalis satu tersangka, dan sisanya merupakan tersangka di Dumai. Kemudian ada satu tersangka sudah proses penyidikan tahan II dan diserahkan ke Kejaksaan yakni untuk kasus kebakaran lahan di Meranti.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Gempa bermagnitudo 5,1 guncang Rote Ndao
Minggu, 18 Agustus 2019 - 14:45 WIB
Elshinta.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa berkekuatan ma...
Puluhan rumah di Aceh Selatan diterjang banjir bandang
Sabtu, 17 Agustus 2019 - 19:12 WIB
Elshinta.com - Puluhan rumah di dua desa masing-masing Desa Jambo Dalam dan Desa Kapai Seusak, Keca...
Korban banjir bandang di Kulawi butuh makanan dan pakaian
Kamis, 15 Agustus 2019 - 11:39 WIB
Elshinta.com - Para korban bencana alam banjir dan longsor di Kulawi, Kabupaten Sigi, Provinsi Sula...
Krisis air bersih landa 6 kecamatan di Lebak
Kamis, 15 Agustus 2019 - 08:08 WIB
Elshinta.com - Krisis air bersih akibat kemarau panjang melanda enam kecamatan di Kabupaten Lebak,...
Rabu pagi, awan panas guguran Gunung Merapi meluncur 950 meter
Rabu, 14 Agustus 2019 - 08:47 WIB
Elshinta.com - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menginfo...
Panglima TNI tinjau lokasi karhutla di Riau
Selasa, 13 Agustus 2019 - 21:28 WIB
Elshinta.com - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Menteri Lingkungan Hidup da...
Desa terdampak kekeringan di Banyuwas terus bertambah
Minggu, 11 Agustus 2019 - 20:27 WIB
Elshinta.com - Jumlah desa yang mengalami kekeringan dan krisis air bersih di wilayah Kabupaten...
Bupati Pemalang imbau warga lereng Gunung Slamet agar tak panik dan tetap waspada
Minggu, 11 Agustus 2019 - 18:59 WIB
Elshinta.com - Bupati Pemalang, Junaedi mengimbau kepada warga Kabupaten Pemalang, agar meningk...
Aktivitas Gunung Slamet terus meningkat, dominasi gempa tremor dengan peningkatan amplitudo
Minggu, 11 Agustus 2019 - 14:45 WIB
Elshinta.com - Hari ketiga menyandang status waspada, aktivitas Gunung Slamet masih terus menga...
Status Waspada, pintu pendakian Gunung Slamet ditutup, pendaki dievakuasi
Sabtu, 10 Agustus 2019 - 19:40 WIB
Elshinta.com - Seluruh pintu pendakian di lingkar Gunung Slamet ditutup setelah status Gun...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)
Elshinta
Elshinta Semarang