BMKG deteksi titik panas di Riau
Elshinta
Rabu, 13 Februari 2019 - 14:37 WIB |
BMKG deteksi titik panas di Riau
Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2PdQ1cg

Elshinta.com -Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mendeteksi sebanyak 49 titik panas sebagai indikasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan(Karhutla) di Provinsi Riau.

Seluruh titik panas yang terdeteksi melalui pencitraan Satelit Terra dan Aqua, Rabu (13/2), tercatat melonjak tajam dalam 24 jam terakhir setelah pada Selasa (12/2) hanya terdeteksi 11 titik panas. "Dari 49 titik panas, 34 diantaranya terdeteksi di Kabupaten Bengkalis," kata Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Bibin di Pekanbaru.

Dia merincikan ,34 titik panas sebagai indikasi terjadinya Karhutla dengan tingkat kepercayaan diatas 50 persen tersebut seluruhnya terdeteksi di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Dalam dua pekan terakhir, Pulau Rupat yang berada di bibir Selat Malaka itu terus membara dan hingga kini masih dalam upaya penanggulangan.

Selain Bengkalis, titik panas juga terdeteksi di Kota Dumai sebanyak sembilan titik, tepatnya di Kecamatan Dumai Barat. Titik panas lainnya turut terdeteksi di Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak empat titik. Titik panas lainnya turut terdeteksi di Kabupaten Indragiri Hilir sebanyak dua titik. "Secara geografis keempat wilayah yang terdeteksi titik panas itu berada di pesisir Provinsi Riau," ujarnya, seperti dikutip Antara.

Bibin menyatakan, dari 49 titik panas tersebut, 40 diantaranya dipastikan sebagai titik api atau indikasi kuat terjadinya Karhutla dengan tingkat kepercayaan diatas 70 persen. "Titik-titik api berada di Bengkalis 31 titik, Dumai, tujuh titik dan Meranti dua titik," katanya.

Dalam dua pekan terakhir, BMKG terus mendeteksi kemunculan titik-titik api. Mayoritas titik api menyebar di wilayah pesisir, yang saat ini mengalami musim kering dengan intensitas hujan minim.

Hingga awal pekan ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mencatat luas lahan sepanjang awal 2019 ini mencapai 267,5 hektare.

Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, mengatakan, kebakaran lahan yang mayoritas terjadi di lahan gambut tersebut terjadi di enam kabupaten di Provinsi Riau. "Kebakaran terluas terjadi di Kabupaten Bengkalis dengan total 131 hektare," kata Edwar.

Kebakaran lahan di Bengkalis terjadi di sejumlah daerah seperti Kecamatan Pinggir, Pulau Bengkalis dan terakhir di Pulau Rupat.

Wilayah pesisir Riau itu sepanjang awal 2019 ini memang mengalami musim kering dengan cuaca cukup panas sehingga rentan terjadi kebakaran.

Selain di Bengkalis, kebakaran juga melanda Kabupaten Rokan Hilir dengan luas mencapai 87 hektare. Di Kota Dumai, kebakaran juga masih berlangsung hingga awal pekan ini tepatnya di Kecamatan Sungai Sembilan.

Kota Dumai yang secara geografis berdekatan dengan Bengkalis dan Rokan Hilir mengalami kebakaran di sejumlah titik dengan luas 17,5 hektare. Selanjutnya kebakaran lahan juga terpantau di wilayah peisir Riau lainnya, tepatnya di Kabupaten Kepulauan Meranti dengan luas dua hektare.

Edwar mengatakan secara umum Provinsi Riau dalam kategori aman dari bencana Karhutla. Namun, dia memberikan pengecualian di wilayah tengah, pesisir timur dan sebagian wilayah Barat Riau. "Wilayah itu dalam kategori mudah hingga sangat cepat terbakar," ujarnya. 

Dengan kondisi kebakaran lahan di awal 2019, Edwar mengatakan akan mempertimbangkan menetapkan status siaga Karhutla di 2019.

Namun, dia mengatakan harus berkoordinasi dengan berbagai pihak terlebih dahulu, seperti BMKG dan Pemerintah Provinsi Riau terkait penetapan status tersebut.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Pemerintah akan santuni keluarga siswa SMPN 1 Turi yang meninggal
Sabtu, 22 Februari 2020 - 17:41 WIB
Kementerian Sosial akan menyantuni keluarga siswa SMPN 1 Turi yang meninggal dunia akibat kecelakaan...
Polda DIY periksa enam orang terkait insiden ratusan siswa hanyut
Sabtu, 22 Februari 2020 - 17:15 WIB
Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta memeriksa enam orang yang dianggap terlibat dalam kegiatan sus...
Basarnas: Korban meninggal hanyut di Sungai Sempor menjadi 8 orang
Sabtu, 22 Februari 2020 - 14:55 WIB
Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta menyatakan jumlah korban yang ditemuk...
Ganjar sampaikan duka untuk ratusan pelajar SMPN 1 Turi
Sabtu, 22 Februari 2020 - 09:52 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan duka cita yang mendalam atas peristiwa nahas yang m...
Polda DIY akan periksa insiden ratusan siswa SMPN 1 Turi hanyut
Sabtu, 22 Februari 2020 - 09:29 WIB
Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan pemeriksaan atas insiden hanyut ratusan siswa-s...
Ratusan siswa SMPN 1 Turi terseret banjir Sungai Sempor
Jumat, 21 Februari 2020 - 18:07 WIB
Ratusan siswa SMPN 1 Turi, Kabupaten Sleman terseret arus banjir di Sungai Sempor, Padukuhan Dukuh, ...
Puluhan rumah warga Gunungsitoli rusak akibat puting beliung
Rabu, 19 Februari 2020 - 14:15 WIB
Puluhan rumah warga di Kota Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara rusak akibat terjangan puting beli...
Panglima TNI katakan evakuasi korban Heli Mi-17 butuh profesional dan skill
Rabu, 19 Februari 2020 - 12:13 WIB
Pelaksanaan evakuasi korban Heli Mi-17 di pegunungan Bintang tidak mudah karena berada pada ketinggi...
Letusan senjata api terdengar dalam kericuhan di Jalan Pemuda
Selasa, 18 Februari 2020 - 21:12 WIB
Sejumlah saksi mata mendengar suara letusan senjata api dalam kericuhan yang melibatkan sejumlah mas...
Diduga serangan jantung, polisi bawa seorang ibu ke rumah sakit
Selasa, 18 Februari 2020 - 19:23 WIB
Tidak hanya menjalankan tugas fungsi sebagai polisi lalu lintas yang mengatur kelancaran di jalan ra...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV
InfodariAnda (IdA)