Keuntungan memulai usaha di usia muda
Elshinta
Jumat, 03 Agustus 2018 - 09:09 WIB | Penulis : Syahid | Editor : Administrator
Keuntungan memulai usaha di usia muda
Sumber foto: http://bit.ly/2Kn2EuR

Elshinta.com -  Masa depan harus dipersiapkan sejak sedini mungkin. Karena itulah kita belajar ilmu pengetahuan di bangku sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Semuanya semata-mata karena kita mengharapkan penghidupan yang lebih baik di masa depan. Banyak jalan untuk mencapai kesuksesan, salah satunya dengan menjadi seorang wirausahawan.

Namun, wirausahawan tampaknya belum menjadi cita-cita oleh sebagian besar anak-anak Indonesia. Saat ditanya apa cita-cita mereka, pasti menjawab dengan mengatakan ingin menjadi polisi, tentara, guru dan pekerjaan-pekerjaan yang mereka sudah kenal. Selain itu, motivasi seseorang ingin menjadi wirausaha lebih sering karena bosan menjadi karyawan, dipecat, atau karena terpaksa menjadi karyawan.

Sebenarnya, kesadaran terhadap pentingnya kewirausahaan harus ditanamkan sejak kecil. Meskipun seseorang sudah nyaman sebagai karyawan, ia pun sebenarnya harus memahami dunia kewirausahaan sebagai bekal sewaktu pensiun atau ketika sewaktu-waktu keluar dari perusahaan. Beruntunglah bagi Anda yang sudah menjadi wirausahawan sejak usia muda karena ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh. Berikut keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memulai usaha sejak usia muda.

Beban hidup masih rendah

Anak muda masih relatif lebih mudah beban kehidupannya. Ia belum memikirkan bagaimana caranya agar bisa menafkahi anak dan isteri seperti orang tuanya. Karena itu, kesempatan untuk mengeksplorasi dan mencoba-coba bidang usaha masih cukup mudah untuk dilakukan. Hal tersebut, akan berbeda ceritanya bila memulai usaha ketika sudah punya isteri atau suami.

Katakanlah Anda sekarang berumur 20 tahun, dan orang tua pun belum membebani Anda untuk segera mencari uang. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha dengan modal yang Anda sisihkan dari uang jajan. Bila cukup pandai mengatur keuangan, Anda pasti bisa melakukannya.

Punya jaringan pertemanan yang luas

Usia muda adalah usia ketika Anda sedang senang-senangnya untuk menjalin pertemanan, baik itu di sekolah, lingkungan rumah, atau lingkungan komunitas. Kesempatan ini membuat Anda memiliki jaringan pertemanan yang luas, yang sewaktu-waktu bisa Anda gunakan untuk membangun bisnis. Salah satu cara terbaik untuk memasarkan produk, apapun itu, adalah dengan pemasaran mulut ke mulut.

Bila Anda memiliki jaringan pertemanan yang luas, tentu hal tersebut akan sangat membantu. Beda halnya ketika sudah dewasa, atau sudah berumah tangga. Teman sekolah sudah jauh, sahabat lama pun sesekali datang. Lingkaran pertemanannya sebatas lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kerja.

Baca jugaBagaimana menciptakan strategi pemasaran yang tepat untuk generasi millenial

Penguasaan terhadap teknologi yang lebih baik

Bisnis apapun, saat ini menuntut penguasaan teknologi, baik untuk sektor produksi, maupun untuk sektor pemasarannya. Sebagai anak muda, apalagi yang lahir ketika teknologi sudah berkembang atau yang sering disebut sebagai generasi millennial, Anda punya kesempatan yang jauh lebih baik untuk belajar dan mengusainya.

Pengusaan terhadap teknologi tersebut dapat Anda pergunakan seluas-luasnya untuk kepentingan bisnis Anda. Anda masih cukup banyak waktu untuk mempelajari bagaimana social media marketing itu agar berjalan efektif, membuat website untuk toko online, membangun list email dan sebagainya. Materi pembelajarannya pun bisa Anda dapatkan secara gratis dan lengkap di internet. Semuanya tergantung pada kemauan Anda sendiri.

Menghabiskan jatah gagal

Kegagalan mungkin sudah menjadi teman dekat pengusaha. Ada banyak sekali pengusaha yang harus berganti-ganti usaha, mengalami kerugian beberapa kali sampai akhirnya menemukan usaha yang pas dengannya, usaha yang kemudian akan menjadi besar. Ketika Anda gagal dalam berbisnis, bukan berarti Anda tidak bisa berbisnis. Itu hanya karena Anda punya daftar kegagalan yang harus dilewati.

Bila Anda memulai usaha sejak muda, Anda masih punya cukup waktu untuk menghabiskan jatah kegagalan tersebut. Mulai usaha, kemudian gagal, mulai lagi dan gagal lagi. Teruskan saja, karena pasti ada satu titik di mana Anda akhirnya menemukan usaha yang benar-benar Anda inginkan.

Mendapatkan kesuksesan lebih dulu

Dengan menjadi wirausahawan sejak dini membuka kesempatan untuk Anda untuk meraih kesuksesan lebih dulu. Menjadi wirausahawan selain siap mendapatkan kegagalan, juga siap berpeluang untuk menghasilkan uang yang jauh lebih besar daripada hanya sebagai karyawan.

Rata-rata, seorang fresh graduate akan mendapatkan gaji setara UMR lalu butuh satu dua tahun untuk meningkat gajinya. Setelah itu, berharap agar dapat kenaikan gaji dan bonus setiap tahunnya, sementara kebutuhan juga semakin bertambah.

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Anggota DPR ingin BSN beri kemudahan bagi pelaku industri usaha kecil
Senin, 29 Juni 2020 - 09:31 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Siti Mukaromah menginginkan agar Badan Standarisasi Nasional (BSN) dapat be...
Tips bertahan di tengah pandemi bagi UMKM
Senin, 15 Juni 2020 - 11:32 WIB
Pandemi corona membawa dampak besar di berbagai sektor, termasuk ekonomi. Namun, dampak ini juga dap...
Dear UKM! Ini lima strategi bertahan di tengah pandemi COVID-19
Selasa, 28 April 2020 - 18:11 WIB
Tidak dapat dipungkiri, wabah COVID-19 memberikan dampak yang cukup besar bagi perekonomian Indonesi...
Catat, Kemenkop UKM rilis e-form untuk pendataan UMKM terdampak corona
Selasa, 14 April 2020 - 19:11 WIB
Kementerian Koperasi dan UKM merilis e-form untuk kepentingan pendataan pelaku koperasi dan UMKM yan...
Cegah penyebaran COVID-19, ini prosedur yang bisa diterapkan pelaku UKM
Senin, 23 Maret 2020 - 09:30 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengimbau dan mengajak seluruh pelaku UKM untuk turut menerap...
Dongkrak jumlah penerap SNI, BSN gandeng industri bina UKM
Selasa, 10 Maret 2020 - 18:27 WIB
Dalam 5 tahun terakhir, Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah melakukan pembinaan penerapan Stand...
Jika bisnis gagal, bertahan atau harus beralih bisnis? Ungkap jawabannya disini…
Selasa, 18 Februari 2020 - 10:06 WIB
Jika bisnis Anda gagal, segeralah lakukan evaluasi. Sebab dari sinilah Anda dapat menentukan: Anda b...
UKM kuliner! mana yang utama nih, produk atau kemasan?
Senin, 17 Februari 2020 - 13:50 WIB
Produk Anda akan disukai pertama-tama karena bagus, dalam arti berkualitas dan enak. Itu poin utaman...
Cara menetapkan kesepakatan dasar dengan mitra bisnis
Rabu, 12 Februari 2020 - 12:14 WIB
Bagaimana mengelola dan menetapkan kesepakatan dasar untuk bermitra khususnya dalam kaitan permodala...
Harga bahan baku tidak stabil, ini cara aman menyiasati modal bisnis
Selasa, 11 Februari 2020 - 14:21 WIB
Risiko fluktuasi harga adalah hal yang alamiah untuk semua bahan baku pada semua jenis bisnis. Sanga...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV