Kemampuan yang harus dimiliki sebelum membuka franchise
Elshinta
Selasa, 31 Juli 2018 - 15:15 WIB | Penulis : Syahid | Editor : Administrator
Kemampuan yang harus dimiliki sebelum membuka franchise
franchise. Sumber foto: https://bit.ly/2OuXlg8

Elshinta.com Memiliki sebuah bisnis yang sukses dengan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta rupiah merupakan impian banyak orang. Menjadi pengusaha adalah salah satu cara terbaik untuk mencapai penghasilan sebesar itu. Persoalannya adalah, bisnis apa yang menghasilkan omset sebesar itu? Berapa modal yang dibutuhkan? Pasti besar, iya kan?

Pertanyaan-pertanyaan itu mungkin muncul di benak kita, bukan? Misalnya kita memiliki sebuah warung makan ayam penyet dengan penghasilan jutaan perbulan. Bagaimana caranya agar bisa meningkatkan omset tersebut berkali-kali lipat? Ya, kita harus bisa membuat beberapa warung ayam penyet tersebut. Mungkin dua warung, tiga warung atau beberapa warung sekaligus?

Nah, untuk melakukannya, ada dua hal yang bisa Anda lakukan. Pertama dengan membuat cabang sendiri dan yang kedua dengan membuka franchise. Membuat cabang berarti Anda menyiapkan modal, peralatan, karyawan dan tempat yang baru, sama seperti Anda membangun bisnis pertama kali. Ini artinya, Anda harus menyiapkan semuanya lagi di tempat yang baru.

Selain itu, Anda juga bisa membuka kerjasama dengan pihak lain untuk menjalin kemitraan atau yang sering disebut sebagai franchise atau waralaba. Dengan menjalankan sistem ini, usaha yang Anda jalani punya peluang besar untuk melakukan ekspansi secara lebih cepat dengan modal orang lain. Namun, ada beberapa syarat yang wajib Anda miliki terlebih dahulu bila ingin membuka franchise.

Mampu menyuplai bahan baku yang berkualitas dan berkesinambungan

Sebagai franchisor Anda nantinya akan bertanggung jawab terhadap suplai bahan baku, maupun peralatan dan perlengkapan usaha. Misalnya Anda membuka kemitraan untuk bisnis aneka minuman kopi, maka Anda harus bisa memastikan ketersediaan bubuk powder kopi setiap saat. Dalam dunia bisnis, dikenal sebuah istilah supply chain, yaitu suatu sistem organisasi yang menyalurkan barang produksi hingga ke para pelanggannya. Di dalam franchise, bahan baku biasanya didatangkan dari supplier kemudian ke franchisor lalu didistribusikan ke franchisee nya.

Memiliki kemampuan membuat dan mengembangkan brand

Pada dasarnya, franchising adalah pemberian hak kepada individu atau perusahaan (franchisee) dari franchisor (pewaralaba) berupa hak penggunaan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu dan meliputi area tertentu. Untuk dapat mengundang orang agar tertarik menjadi mitra Anda, maka Anda harus memiliki brand atau merek yang kuat. Dengan ikut dalam sistem franchise, seseorang berharap agar bisa langsung menjalani usaha tanpa perlu membangun brand dari nol karena brand nya sudah kuat.

Baca jugaPeluang usaha notebook custom yang tak butuh modal besar

Memiliki kemampuan monitoring dan controling

Dalam prosesnya, Anda sebagai franchisor akan selalu berhubungan dengan franchisee, entah untuk kerjamsama baru, suplai bahan baku, sampai pembagian keuntungan. Anda harus bisa memastikan agar proses kerjasama yang terjalin berjalan sesuai dengan prosedur, transparan dan akuntabel dengan melalukan monitoring dan controlling yang tepat. Perlu diingat bahwa Anda melakukan dua hal ini tanpa merusak hubungan kerjasama yang efektif.

Memiliki kemampuan menjadi seorang trainer

Agar memastikan produk yang dijual oleh para franchisee sesuai dengan yang Anda harapkan, maka Anda perlu membuat standar operasional prosedur (SOP) serta memberikan pelatihan kepada mereka. Pelatihan beruapa pembuatan produk yang sesuai dengan SOP, pelatihan dari segi manajerial maupun pelayanan kepada konsumen. Anda butuh kemampuan ini untuk menyampaikannya secara tepat.

Mampu melihat potensi pasar sebuah lokasi

Salah satu hal yang disyaratkan kepada franchisee sebelum bekerjasama adalah mereka mengajukan bakal lokasi yang akan mereka tempati. Sebagai pewaralaba, Anda sudah harus dapat menghitung potensi bisnis yang bisa dihasilkan dari lokasi tersebut. Anda juga harus memastikan agar lokasi franchise yang satu dengan yang lainnya berada dalam jarak yang aman, yang tidak menimbulkan persaingan berarti.

 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Anggota DPR ingin BSN beri kemudahan bagi pelaku industri usaha kecil
Senin, 29 Juni 2020 - 09:31 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Siti Mukaromah menginginkan agar Badan Standarisasi Nasional (BSN) dapat be...
Tips bertahan di tengah pandemi bagi UMKM
Senin, 15 Juni 2020 - 11:32 WIB
Pandemi corona membawa dampak besar di berbagai sektor, termasuk ekonomi. Namun, dampak ini juga dap...
Dear UKM! Ini lima strategi bertahan di tengah pandemi COVID-19
Selasa, 28 April 2020 - 18:11 WIB
Tidak dapat dipungkiri, wabah COVID-19 memberikan dampak yang cukup besar bagi perekonomian Indonesi...
Catat, Kemenkop UKM rilis e-form untuk pendataan UMKM terdampak corona
Selasa, 14 April 2020 - 19:11 WIB
Kementerian Koperasi dan UKM merilis e-form untuk kepentingan pendataan pelaku koperasi dan UMKM yan...
Cegah penyebaran COVID-19, ini prosedur yang bisa diterapkan pelaku UKM
Senin, 23 Maret 2020 - 09:30 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengimbau dan mengajak seluruh pelaku UKM untuk turut menerap...
Dongkrak jumlah penerap SNI, BSN gandeng industri bina UKM
Selasa, 10 Maret 2020 - 18:27 WIB
Dalam 5 tahun terakhir, Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah melakukan pembinaan penerapan Stand...
Jika bisnis gagal, bertahan atau harus beralih bisnis? Ungkap jawabannya disini…
Selasa, 18 Februari 2020 - 10:06 WIB
Jika bisnis Anda gagal, segeralah lakukan evaluasi. Sebab dari sinilah Anda dapat menentukan: Anda b...
UKM kuliner! mana yang utama nih, produk atau kemasan?
Senin, 17 Februari 2020 - 13:50 WIB
Produk Anda akan disukai pertama-tama karena bagus, dalam arti berkualitas dan enak. Itu poin utaman...
Cara menetapkan kesepakatan dasar dengan mitra bisnis
Rabu, 12 Februari 2020 - 12:14 WIB
Bagaimana mengelola dan menetapkan kesepakatan dasar untuk bermitra khususnya dalam kaitan permodala...
Harga bahan baku tidak stabil, ini cara aman menyiasati modal bisnis
Selasa, 11 Februari 2020 - 14:21 WIB
Risiko fluktuasi harga adalah hal yang alamiah untuk semua bahan baku pada semua jenis bisnis. Sanga...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV