Perjuangan Sosial Demokrat di Eropa: Antara Kegagalan dan Keberhasilan
Elshinta
Rabu, 12 Juni 2019 - 07:44 WIB | Penulis : Mitra Elshinta Feeder
Perjuangan Sosial Demokrat di Eropa: Antara Kegagalan dan Keberhasilan
DW.com - Perjuangan Sosial Demokrat di Eropa: Antara Kegagalan dan Keberhasilan

Krisis yang melanda banyak partai kiri tradisional di Eropa mulai terasa dengan lajunya globalisasi pasca era perang dingin. Di banyak negara-negara Eropa Barat, Sosial Demokrat makin terdesak. Namun belakangan terlihat tren kebangkitan baru. Globalisasi menuntut kubu politik kiri di Eropa untuk berbenah. Inilah perkembangannya di beberapa negara.

Denmark

Denmark adalah contoh terbaru kesuksesan Sosial Demokrat di Eropa. Partai Socialdemokraterne muncul sebagai fraksi terkuat pada pemilihan umum 5 Juni lalu. Pemimpin Sosial Demokrat Denmark, Mette Frederiksen (foto artikel, poster) akan menjadi Perdana Menteri baru dengan memimpin pemerintahan minoritas. Kunci keberhasilan di Denmark adalah ketika Sosial Demokrat bersikap keras garis keras dalam politik imigrasi, tetapi menjanjikan politik sosial kesejahteraan klasik kubu politik kiri. Dengan cara itu, mereka berhasil meredam keberhasilan populis sayap kanan.

Prancis

Sosial Demokrat Prancis, PS, adalah contoh paling mencolok tentang kejatuhan kubu politik ini di Eropa Barat. PS yang masih memegang mayoritas absolut di Majelis Nasional tahun 2012 ketika tokohnya Francois Hollande menjadi presiden, dalam beberapa tahun saja anjlok menjadi partai pinggiran. Pada pemilihan Presiden tahun 2017, kandidat hanya mampu menjaring 6 persen suara. PS telah kehilangan kepercayaan pemilih karena pertarungan internal dan garis politik yang tidak jelas.

Belanda

Nasib Partai Buruh Belanda PvdA tidak jauh beda dengan rekan-rekannya di Prancis. Pada pemilu terakhir tahun 2017, PvDA terjun bebas dan hanya mencapai 5,7%, turun 19 persen dibanding pemilu sebelumnya. Namun dalam pemilu Parlemen Eropa akhir Mei, PvdA secara mengejutkan tampil sebagai fraksi terkuat dan mengumpulkan 19 persen suara. Terutama karena kandidatnya Frans Timmermans didaulat sebagai kandidat utama kubu Sosialis Eropa.

Swedia

Swedia umumnya dianggap sebagai model negara sosial di Eropa. Tidak ada negara Eropa lain di mana kubu Sosial Demokrat menimba keberhasilan begitu lama. Sveriges socialdemokratiska arbetareparti, SAP, telah memenangkan suara terbanyak dalam setiap pemilihan umum sejak 1917, meskipun kandidatnya tidak selalu menjadi perdana menteri.

Dalam pemilihan terakhir tahun 2018, perolehan suara SAP turun menjadi 28%, hasil terburuk dalam 110 tahun sejarahnya. Seperti di banyak negara Eropa lain, SAP ditantang oleh populis sayap kanan - dalam hal ini oleh Sverigedemokraterna atau Demokrat Swedia. Meskipun demikian, SAP masih dapat menegaskan dirinya sebagai kekuatan politik terbesar di Swedia.

Austria

Masa-masa jaya Sozialdemokratische Partei Österreichs, SPÖ, ada di masa lalu. Sejak 1945, SPÖ sudah menempatkan 15 kandidatnya sebagai Kanselir Austria di tampuk kekuasaan. Sampai tahun 1990, SPÖ mendulang lebih dari 40% suara dalam pemilihan parlemen Austria.

Situasi politik Austria beberapa tahun belakangan ditandai dengan koalisi besar antara SPÖ dan Partai Rakyat Austria ÖVP yang konservatif. Namun situasi ini memicu kebangkitan partai ultra kanan FPÖ, yang akhirnya masuk dalam koalisi pemerintahan dengan ÖVP. Namun setelah dilanda skandal video "Ibizagate" baru-baru ini, yang melibatkan pemimpin FPÖ, Hans-Christian Strache, ÖVP dan SPÖ pecah kongsi dan pemerintahan koalisi akhirnya bubar. Pemilihan umum Austria yang baru dijadwalkan untuk bulan September. Masih harus ditunggu, apakah Sosial Demokrat SPÖ yang sekarang beroposisi mampu memanfaatkan krisis pemerintahan ini untuk kembali ke tampuk kekuasaan.

Spanyol dan Portugal

Harapan baru untuk Sosial Demokrat Eropa tampaknya muncul dari Semenanjung Iberia. Setelah mengalami tahun-tahun yang sulit, Partido Social Democrata (PSD) akhirnya kembali berkuasa di Portugal. Antonio Costa memimpin pemerintahan dengan sangat sukses sejak 2015, meskipun partainya tidak memiliki mayoritas di parlemen. Dalam Pemilu Eropa baru-baru ini, PSD juga muncul sebagai partai terkuat.

Di Spanyol, Partai Buruh Partido Socialista Obrero Espanol, PSOE, berhasil memenangkan pemilu parlemen bulan April. Dipimpin Perdana Menteri Pedro Sanchez, PSOE juga muncul sebagai fraksi terkuat dalam pemilu Eropa akhir Mei lalu. (hp/vlz)

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Elshinta.com. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.
Baca Juga
 
Larangan Penyembelihan Tanpa Pembiusan, Ancaman Bagi Kebebasan Beragama di Eropa
Jumat, 10 Juli 2020 - 10:12 WIB
Hari Rabu (8/7) para hakim Mahkamah Eropa di Luxembourg membahas salah satu elemen utama identitas E...
Setengah Tahun Virus Corona, Apa yang Sejauh Ini Diketahui
Jumat, 10 Juli 2020 - 10:12 WIB
Setengah tahun lalu, di paruhan kedua bulan Januari, pemerintah Cina untuk pertama kalinya mengumumk...
Wabah Sampar yang Terlupakan tapi Belum Musnah
Jumat, 10 Juli 2020 - 10:12 WIB
Cina melaporkan satu kasus penyakit sampar pada seorang pemburu di kawasan Mongolia Dalam di provins...
Australia Tawarkan Perpanjangan Visa dan Perlindungan Bagi Warga Hong Kong
Jumat, 10 Juli 2020 - 10:12 WIB
Perdana Menteri Australia Scott Morrison pada hari Kamis (09/07) mengatakan pemerintahnya akan mempe...
Dewan Keamanan PBB Tolak Rancangan Rusia Untuk Bantuan Kemanusiaan Suriah
Jumat, 10 Juli 2020 - 10:12 WIB
Anggota Dewan Keamanan PBB pada hari Rabu (9/7) menolak rancangan resolusi Rusia soal koridor bantua...
John Bolton: Trump Gagal ‘Menghargai‘ Sepenuhnya Kepresidenan AS
Jumat, 10 Juli 2020 - 10:12 WIB
Empat bulan sebelum pemilihan presiden AS, sejumlah survei menunjukkan Donald Trump sedang mengalami...
Bisakah India Ciptakan Vaksin yang Siap Pakai Bulan Agustus?
Jumat, 10 Juli 2020 - 10:12 WIB
Pekan lalu, Direktur Dewan Penelitian Medis India (ICMR), Balram Bhargava, memerintahkan 12 rumah sa...
Boeing 747 Pensiun? Selamat Tinggal Jumbo Jet Pertama di Dunia
Kamis, 09 Juli 2020 - 08:49 WIB
Boeing akan mengakhiri produksi pesawat dua tingkat 747 setelah 50 tahun beroperasi. Lebih dari 1.50...
Vaksin HIV/AIDS yang Efektif Melindungi Tidak Akan Ada?
Kamis, 09 Juli 2020 - 08:48 WIB
Mengapa hingga kini vaksin HIV belum ditemukan? Padahal para ahli sudah menemukan virus penyebab men...
AS Secara Resmi Umumkan Keluar dari WHO di Tengah Pandemi
Kamis, 09 Juli 2020 - 08:48 WIB
Amerika Serikat (AS) secara resmi memberi tahu Sekretaris Jenderal PBB tentang penarikan negaranya d...
Live Streaming Radio Network
Live Streaming ElshintaTV